Anakan Portulaca Hana Misteria

April 27, 2021

Ada yang kepo ga sama Portulaca Hana Misteria gw?? Boro-boro kepo, tau aja kaga malah ya? 😅 Buat yang belom tau, bisa cek tulisan gw tentang Hana Misteria di Journal Week 1. Update terakhir tentang Hana Misteria itu di week 5 which is di bulan Desember 2020. Gw uda males update lagi karena cape juga nulisin jurnal tentang tanaman di blog. Ah elo alesan aja emang males anaknya, segala bilang cape. 🙊

Selain karena males, gw juga sedih aja ceritain hal menyedihkan. Kenapa sedih? Soalnya si Hana Misteria mengalami kebotakan di samping batang-batangnya yang terus memanjang. Sebetulnya gw sudah membuat anakan dari Hana Misteria dengan melakukan stek batang. Mayan anaknya ada 2 pot berdiameter 15 cm. Tapi kalo dibilang cantik ga. Masih jauh dari kata cantik ceu. Berbunga sih, cuma jelek aja dipandang. Huft.

Tuh liat, bentukannya makin ga cantik kan? Padahal pas pertama beli dan hingga umurnya di week 5 dalam rawatan gw, dia masih tumbuh cantik. Memang sih daunnya ada aja yang rontok tiap hari. Sampai akhirnya dia jadi botak dan tumbuh makin panjang tapi daunnya ga ada. Jadi ga cantik deh. Huhuhu Kayanya topnya tuh si Hana Misteria berbunga 11 bunga deh. Apa 13 ya? Hmm lupa.

Sebenernya kan dari tanggal 27 November 2019 itu sudah ada Hana Misteria Junior yang gw rumahkan di pot coklat. Terus gw ide aja stek batang kan buat nemenin Hana Misteria Junior di pot coklat. Gw mulai stek itu di tanggal 24 Desember 2019. Cara steknya dengan potong batang yang mau distek terus dicelupin dalam sebotol air. Tunggu sampai berakar dan pindahkan ke media tanam.

Gw baru mulai pindahin ke media tanam di tanggal 7 Januari 2021. Lama juga kan ya numbuh akarnya. Nah dari sini uda ada 2 pot anakan Portulaca Hana Misteria. Anak 1 di pot coklat, rumahnya Hana Misteria Junior. Anak 2 di pot putih.

Bisa diliat kan saudara-saudari kalau anakan Portulaca Hana Misteria ga tumbuh dengan cantik. Bisa tumbuh aja syukur dah. Apalagi bisa berbunga. Urusan cantik belakang. Begitu pikir gw. Sampai akhirnya makin ke sini makin ga pernah berbunga lagi. Gw jadi merasa sedih dan hopeless. Jadi males aja rawat dia. 😅 Statusnya kaya sudah hidup segan mati tak mau gitu. Tapi aku selalu bisikin sih ke anakan Portulaca Hana Misteria supaya tumbuh sehat dan cantik. 😆

Selain masalah di anakan Portulaca Hana Misteria, masalah juga di induknya. Makin ke sini tumbuh makin semrawut dan bunganya sedikit. Jadi gw berupaya pindahin ke media tanam baru karena gw pikir media tanamnya sudah jenuh. Terus gw pangkas-pangkas biar nutrisinya ga terbagi banyak dan hasil pangkasannya gw langsung tancep aja ke tanah mana tau tumbuh. Berharap kalo dipangkas bisa kaya si tanaman mint yang jadi tumbuh lebat daunnya. Nah pas habis dipindahin ke pot baru, besokannya daun-daunnya rontok hebat dong!!! 😱😱😱 Sumpah gw stress banget pas liat. (┬┬﹏┬┬) Kondisi anakan Portulaca Hana Misteria (si anak 3) juga pada layu tuh. Terpaksa gw potong-potong aja yang uda pada layu itu.

Tanggal 18 April 2021 aku pindahin ke media tanam dan pot baru. Terus tanggal 19 Aprilnya ditemukan daun-daunnya berjatuhan banyaaaaak. Foto terakhir di tanggal 24 April terlihat botaknya kan? Untuk anakan (foto sebelah kanan) banyak yang layu dan cuma survive beberapa batang saja. Tapi aku cukup senang karena masih ada bunga yang mekar di tanggal 24 April itu setelah beberapa hari kondisinya cukup mengenaskan.

Kalau kalian jadi aku, apakah kalian akan tetap mempertahankan Portulaca Hana Misteria???

18 comments:

  1. halo kak apa kabar? Portulaca Hana Misteria ini sutra bombay ya, aku baru ngeh nama latinnya wehehehe. kok bisa mati gitu ya? aku belum pernah sih bikin steak sutra bombay, beli aja langsung yang banyak ke tukang tanaman , karena selain harga murah kalau ditanam di tanam kan cantik kalo banyak. tapi, emang sih sutra bombay ini butuh penerangan full, gak suka yang lembab. apa mungkin pas steak itu dia tempatnya teduh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Eka. Kabar baik. Kakak uda semakin sehat juga kan??

      Ada yang bilang sutra bombai ada yang bilang krokot. Tapi ini sebenernya yang variegata karena warna daunnya bisa jadi merah pink gitu kalo kejemur matahari. Mati sih belum kak. Tapi botak hahaha
      Ini aku letakinnya di outdoor dan dikasih atap karena biar pas ujan ga kelebihan air tapi ya gitu dah daunnya rontok muluuk. Stress kali ya.
      Steknya justru harus di tempat teduh ga kena sinar matahari langsung. Soalnya nanti gosong kak kalo kena matahari langsung hehe

      Delete
    2. Berkat support semua aku makin baik, hehe

      Duh aku gak begitu kenal family nya si sutra Bombay ternyata. Krokot sih aku pernah dengar tapi gak beneran ngeh yang mana, hehehe . Gimana sekarang kabarnya di anakan? Tumbuh berkembanglah?

      Delete
    3. beberapa batang ada yang uda mati hahaha tapi ada yang tetap bertahan. Kondisinya sih masih mirip-mirip lah kaya di foto hahaha Buat induknya juga berbunga paling satu. Uda ga banyak kaya dulu huhu

      Delete
    4. wah ada yang survive ternyata, semoga yang survive bisa tumbuh terus yaaa. aku pengen liat mereka berbunga, pasti cantik , secantik yang punya nyah, eeeaaaa :)

      Delete
    5. amiiiiiin. Ah kak Eka bisa aja niiih hahaah 🥰

      Delete
  2. Ciii, journal terakhir yang Cici buat tuh bulan Desember? Oemji kok nggak berasa ya udah selama itu?! 😂 Perasaan baru bulan lalu baca journal si Hana Misteria ini 😂
    Btw, batangnya lucu ya warnanya pink gitu kayak bunganya😆, tapi sedih banget lihat dia layu hiks. I feel you, Ci!! Aku juga kalau lihat tanaman layu tuh jadi sedih banget deh 😭
    Kalau aku jadi Cici, aku akan tetap usahain rawat sampai dia benar-benar nggak bisa ketolong lagi. Cici udah coba baca-baca di Google alasan dia kenapa bisa layu, belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terakhir itu di bulan Desember hahaha Terus uda mager ga mau update lagiii Padahal stok fotonya ada hahaha

      Iya sedih banget pas liat anak 3 pada layu. Ya emang sih stek batang langsung tancep ke media tanam tuh ga begitu direkomendasikan. Sedikit yang bisa survive. huhuh

      Nah cari di google tuh susah karena tanaman ini ga banyak yang rawat jadi artikelnya dikit. Aku uda tanya langsung juga ke yang jual tanaman ini tapi dia aja heran kenapa jadi begini. Hahaha Terus malah suggest tanam tanaman lain aja hahaha 😅

      Delete
  3. pertahanin mbak, tetep telaten buat dirawat.
    dan baideweiiii, mba frisca termasuk jago nih urusan tanam menanam, kalau dirumah, palingan bapak dan ibu aku aja
    aku sampai lupa cara stek gimana, astagahhh lama banget aku ga pernah utak atik tanaman soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini masih aku pertahanin kak. Tapi kalo batangnya uda layu, aku potong dan kujadiin kompos aja huhuhu
      Segini belum jago kak Ainun. Soalnya ga sukses ini rawat Hana Misterianya huhuhu Tumbuhnya jadi jelek begini ga cantik huhuhu

      Delete
  4. bukankah ini krokot yak? iya lah selama ini aku ga tau nama ilmiahnya hwahaaaa...yach sayang atu fris kok dibiarkan idup segan mati tak mau karena kebotakan...

    aku ada nih krokot baik yang tumpuk maupun yang kelopaknya seperti ini...warna pink fanta...warna warni puoa...bagus...di depan rumah ga pake pot memanjang gitu deh...dia kuncup dan mekar di jam yang sama...indah banget nih bunga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga tau kak Mbul haha ada yang bilang sutra bombai ada yang bilang krokot. Memang masih satu rumpun sih memang.

      Sedih nih kak si Hana mengalami kebotakan hebaaatt 😭😭😭
      Iya betul kalo tumbuh sehat, dia akan mekar di pagi hari dan kuncup di sore hari. Yang ini juga begitu. Dulu pas masih rimbun daunnya dan banyak bunganya, mekar di jam 9 pagi on top nya. Terus kuncup di sekitaran jam 5 sore. Cantiiik dan senengnya dia tuh tiap hari berbunga. Nah sejak mengalami kebotakan begini, mulai dah bunga cuma 1, kadang ga berbunga sama sekali. Sediiih bangeettt huhuhu

      Delete
  5. Iyahh pertahanin.. hehe. Btw itu bunganya bagus banget mba walaupun dibilang botak.. emng seharusnya daunnya banyak ya? Tapi kaya gtu masih bagus banget kok... estetik2 gimana gtu. Atau karena kameranya yg bagus. Hehhe 😁

    Mba awalnya aku pikir bunga ini bunga yg biasa ada di taman2 itu yg daunnya lancip tapi bunganya banyak dan warna-warni. Duh lupa namanya apa.. pokoknya modelnya rerumputan dan batangnya juga panjang2.. bunganya sering mekar pas pagi hari itu..

    Tapi setelah diperhatikan lagi ternyata bukan ya...

    Aku lagi nanem bunga lavendar dirumah... masih kecil sih.. nggak sabar pengen dia cepat besar.. hihih. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya daunnya rimbun Bayu. Di seluruh batangnya tuh ada daun harusnya. Nah yang aku tuh cuma di bagian pucuk-pucuk aja ada daunnya. Soalnya rontok mulu jadi botak dah huhuhu sediiiiihhh. Coba aja Bayu liat di journal aku di week 3 ato yang week 5 juga masih ok sih. Nah itu tuh tampilan yang pas masih botak dikit hahaha Cantik kan bentuknya, lain banget sama sekarang.

      Maksudmu tanaman bunga kertas alias bugenvil?

      Wah aku juga pengen tanem lavender!! Katanya ga susah rawatnya. Nah update post tentang itu juga ya Bayu. Pengen tauuuu hehehe

      Delete
    2. Ouhh iya yahh mba.. agak beda.. aku nggk terlalu merhatiin tadi. Hehe. Apa mungkin kekurangan pupuk mba?

      Bunga Maryam tadi aku tanya teman... hehe

      Bayu punya dikasih tetangga 2 batang, udah gede segede betis anak 5 tahun 🤣*ngebayanginnya gimana coba 🤣*... ntar kalau udah gede dan rimbun, tak kirim ke Mba Fris deh... heheh

      Delete
    3. Aku duga tanamannya stress. Soalnya kemaren ke tukang tanaman tuh ada dia jual dan punya dia masih bagus. Cuma ga berbunga. Yang aku kan berbunga hampir tiap hari meski paling cuma 1 ato 2 dan daun yang rontok2 hahaa

      wah baru denger soal bunga maryam, aku googling mala ga nemu hahaha

      wadow wadooow makasih banyak loh Bayu mao bagi-bagi lavendernya hehe Ini edisi barter lagi apa hihi kamu mau tanaman mint ga?? Tanaman mintku soalnya beranak pinak terus nih aku stek terooos hehe

      Delete
  6. Dipertahankan mbak. Selalu salut sama yang telaten merawat tanaman begini. Cakep deh tanamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak phebie
      iya nih dipertahanin. Kemaren aku juga beli vitani ntr mao dikasih ke tanamannya biar ga stres

      Delete

Powered by Blogger.