Series Review: Reply 1988 - Eungdabhara 1988 (2015)

May 19, 2020
Reply 1988 - Eungdabhara 1988, drama Korea satu ini sukses membuat aku nangis, tertawa terbahak-bahak, terharu, dan lain sebagainya. Cerita kehidupan bertetangga orang Korea jaman 1988 cukup seru untuk aku ikutin. Nonton ini juga karena direkomendasikan Aul, sohib yang suka nonto drakor. Bahkan series ini pun aku dapatin file-nya dari doi. Hehe....Makasih ya Ul buat rekomendasinya ^^

Reply 1988 - Eungdabhara 1988

 

Sutradara

:

Shin Won Ho

Penulis

:

Lee Woo Jung

TV

:

tvN

Jenis Film

:

Drama

Total Episode

:

20 episode

Tanggal Rilis

:

6 November 2015 – 16 Januari 2016


Cast Reply 1988

Sumber: asianwiki

Sinopsis Reply 1988

Di tahun 1988, Duk Sun (Hyeri), Jung Hwan (Ryoo Joon Yeol), Sun Woo (Ko Gyung Pyo), dan Dong Ryong (Lee Dong Hwi) adalah murid SMA, sedangkan Taek (Park Bo Gum) adalah pemain baduk. Kelima orang ini sudah berteman sejak kecil. Mereka tumbuh besar bersama dan hidup bertetangga. Keluarga mereka juga sangat dekat satu dengan yang lainnya. Mereka selalu berkumpul bersama di kamar Taek dan menghabiskan waktu bersama.

Keluarga Duk Sun adalah keluarga miskin dan tinggal di rumah semi-basement. Ayah Duk Sun, Sung Dong Il, kehilangan uang karena menjamin utang orang lain. Meskipun begitu, Duk Sun memiliki karakter yang ceria dan senang menyanyi juga menari. Duk Sun selalu bertengkar dengan kakak perempuannya, Bo Ra (Ryoo Hye Young).

Keluarga Jung Hwan adalah keluarga kaya dan Jung Hwan sangat senang bermain bola.

Sun Woo adalah murid teladan di sekolah, juga merupakan anak laki-laki dan kakak yang baik di rumah. Ibu Sun Woo telah membesarkan Sun Woo dan adiknya seorang diri setelah ayahnya meninggal.

Dong Ryong senang menari dan bermain dengan keempat temannya. Dia menyerah untuk pergi kuliah karena nilai akademiknya yang buruk.

Taek adalah pemain baduk terkenal bahkan dikenal sebagai God. Sejak dia keluar dari sekolah, Duk Sun, Jung Hwan, Sun Woo, dan Dong Ryong adalah teman-teman Taek satu-satunya.

Baca juga: Series Review Fall for Innocent (2015)


Review Reply 1988

Ceritanya ringan. Cocok untuk ditonton oleh keluarga bahkan bersama anak-anak. Cerita yang disuguhkan pun tentang kekeluargaan dan pertemanan di satu komplek. Ada juga sedikit cerita cinta antar teman. Kisah kehidupan suami istri, kehidupan seorang janda, serta kehidupan seorang duda. Paket LENGKAP dah. Ya kisah-kisah ringan yang bisa kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sukakkkk sama ceritanya.

Memang sih sedikit lambat alurnya di awal. Apalagi buat yang baru pertama nonton pasti awalnya bingung dan lupa dengan nama-nama tokohnya. Aku aja sampai pause filmnya gitu biar bisa ngenalin satu-satu karakternya. HAHA. Tapi lama-lama juga hafal kok. Apalagi si ganteng Taek. Ah, momen kemunculannya slalu aku nantikan. Tapi aku sempet patah hati pas lihat adegan Taek merokok untuk melepas stress. Ugh! Kenapa kamu harus merokok oppa?! Maklum aku ga suka orang merokok. HAHA jadi subjektif.

Pembuatan latar belakang ceritanya dapet banget sih buat aku. Barang-barang jaman dulu. Camilan di kala itu. Baju-baju dan model rambut para karakternya juga dapet ya kesan vintage-nya buatku. Aku ga habis pikir gimana para kru mengatur supaya terlihat sedang olimpic di tahun 1988. Soalnya kala itu Korea mengadakan olimpic gitu kan. Terus pastilah ada atribut-atribut  olimpic di kala itu. Pasti repot deh buat nyiapin semua propertinya.

Buat yang butuh tontonan ringan namun bermakna, WAJIB banget deh nonton Reply 1988. Banyak aku mendapatkan makna-makna di dalamnya. Contohnya aja kelakuan Sun Woo yang begitu sayang dengan ibunya. Ia selalu menghabiskan bekal makanan buatan ibunya meski rasanya tuh keasinan! Lalu Sun Woo juga selalu cerita apapun ke ibunya. Aktifitasnya di sekolah dan lain sebagainya. Sedangkan di satu sisi Jung Hwan itu anak yang cuek dan ga pernah cerita sama ibunya. Sampai-sampai ibunya Jung Hwan jadi iri sama ibunya Sun Woo karena Sun Woo begitu dekat dengan ibunya. Tidak seperti Jung Hwan dengan ibunya.

Penonton jadinya bisa menilai dari kacamata masing-masing gitu. Perbandingan antar keluarga hasilnya gimana. Ya pokoknya bagus dan menarik untuk diikutin deh!

Rating di IMDb adalah 8,9 dari 10. WOW bagus banget ya. Berarti mantap kan series satu ini! Kalau aku pribadi sih akan kasih bintang 9 dari 10! Ceritanya menarik, pesan moralnya banyak, akhir ceritanya pun aaah bikin terenyuuuh.

⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐ (9/10)

4 comments:

  1. Salah satu series yang paling saya suka juga ini, mba :D hehe. Menonton ini rasanya hangat, karena isinya fokus ke keluarga, persahabatan, dan kehidupan bertetangga meski sebenarnya di Korea sudah jarang sekali ada kehidupan demikian kecuali di side country :>

    Series Reply semuanya bagus, tapi memang yang 1988 ini yang paling mengena untuk kisah kekeluargaannya. Kalau dua series lainnya lebih kental ke kisah percintaan dan persahabatannya saja :D hehe. Eniho, tulisan review mba bagus, mudah dipahami soalnya <3 thanks for the review, mba ~ :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya. Sekarang Korea lebih individualis gitu yaa? Sama sih di sini juga. Kalau di suburban tuh konsep gotong royongnya masih kental. Kalau di perkotaan ga begitu.

      WAH uda nonton semua Reply ya? Aku baru yang 1988 ini aja nih. Haha. Mau nonton yang seri lainnya tapi lagi kepincut Crash Landing on You dulu nih. HAHAHA

      btw makasih yaa atas pujiannya. Aku jadi tersandung eh tersanjung >.<

      Delete
  2. park bo gum nya unyuuuhh pisan di sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya iiihh
      selalu suka dan nunggu-nunggu kemunculannya HAHAHA

      Delete

Powered by Blogger.