Bintik-Bintik Merah di Tangan - Biang Keringat/Alergi?

May 06, 2020
Bintik-Bintik Merah di Tangan
Bintik-bintik merah di tangan entah mengapa jadi langganan nyangkut di tubuhku. Kali ini terjadi tanggal 19 April 2020 malam. Awalnya sih bermula dari jari-jari dan tangan yang muncul bentol-bentol kecil. Makin lama semakin menyebar ke seluruh tangan. Ngeri! 

Aku cari tahu kenapa tanganku bisa begini. Gatal-gatalnya itu loh yang ga tahan. Mama bilang mungkin itu karena paparan debu yang banyak jadi bikin kulitku gatal-gatal. Teman-temanku bilang bisa jadi karena hand sanitizer dan debu. Memang sih sejak tanggal 16 April 2020 itu aku bermain dengan debu nan tebal. Lebih tepatnya aku beresin lemari pajangan toko yang sudah sangat lama tidak dirapikan. Tentu debu yang ada ga usah ditanya..sangat banyak dan tebal!! Apalagi cuaca panas di kota Karawang membuat aku berkeringat. Bisa jadi ini biang keringat. Tapi kalau aku lihat gambar biang keringat tuh ga begini bentuknya. Soalnya ini tuh kaya bentol-bentol menyebar gituu membuat kulit bruntus kalau diusap dan SANGAT gatal!

Bintik-Bintik Merah di Tangan
Tanggal 23 April 2020 itu kondisi yang paling parah. Merah-merahnya begitu banyak dan terlihat. Super gatel! Sering banget aku pakein bedak herocyn supaya adem dan mengurangi rasa gatal. Soalnya kan nanti kulitku luka kalau kebanyakan digaruk. Tapi kalau ga digaruk ya gatel...gimana sih ya...Ga tahan!!

Yang aku lakukan untuk menyembuhkannya bukan pergi ke dokter. HAHAHA. Aku selalu mandi menggunakan sabun vitamin E merk Nouvelle Silhoutte. Waktu aku kecil dulu, aku sering kena biang keringat. Mama memandikanku dengan sabun Nouvelle Silhoutte berwarna merah ini. Selain harum, sabun ini ampuh menyembuhkan biang keringat membandelku. Jadi aku coba pakai sabun ini lagi. Mana tau kan sembuh kaya dahulu kala menyembuhkan biang keringatku.

Sabun Nouvelle Silhoutte Vitamin E
Selain pakai sabun NS, aku juga selalu rajin pakai bedak Herocyn. Bedak ini ampuh juga nih mengatasi biang keringat. Berangsur-angsur akhirnya gatal-gatalku membaik dan bentol-bentolnya mengering.

Bintik-Bintik Merah di Tangan
Nah setelah dua hari rutin mandi pakai sabun NS dan bedakan pakai Herocyn. Akhirnya gatal di tangan hilang. Aku juga sudah tidak bermain dengan debu nan tebal lagi. Jadi kondisi bintik-bintik merah di tangan yang super gatal itu sudah kering. Saat tulisan ini dibuat pun bintik-bintik merah di jari-jari sudah bersih. Tapi kalau di area tangan dekat siku masih terlihat sedikit nih bekas bintik-bintiknya. Jadi berwarna kecoklatan pudar gitu loh kaya bekas gigitan nyamuk. Semoga saja ke depannya pulih kembali jadi kulitku mulus lagi!

Oia, selama aku mengalami bintik-bintik merah di tangan ini aku juga puasa ga makan telur dan seafood. Soalnya kedua jenis makanan itu kupercayai bisa membuat gatal-gatalnya lama sembuh. Jadi puasa dulu sementara deh.

Begitulah pengalamanku menghadapi bintik-bintik merah di tangan nan super gatal itu. Aku pun bingung itu biang keringat atau kulitku sensitif jadi alergi debu. Tapi yang jelas sekarang sudah sembuh! Yeay!

No comments:

Powered by Blogger.