Wednesday, March 11, 2020

Photo Hunting di Pulo Geulis

Photo Hunting di Pulo Geulis
Photo Hunting di Pulo Geulis - Serunya melakukan street photography bersama komunitas foto GII Jakarta. What?! Fotografi???? Emangnya aku bisa foto???? Ehem, sebelum aku menyombongkan diri yang sebenernya ga bisa disombongin juga sihh... Aku mau ceritain serunya photo hungting di Pulo Geulis.
Jadi gini....
Beberapa minggu aku melihat warta gereja kalau komunitas foto GII mau ngadain acara dengan tema "Komposisi" dengan lokasi di Pulo Geulis, Bogor. Awalnya sih aku biasa saja. Tapi karena berminggu-minggu melihat warta tersebut, akhirnya aku pun tergelitik untuk ikutan. Mumpung nih biar kamera bulukku yang ga pernah dipakai itu bisa dikeluarkan dan berfungsi kembali. Kalau ditanya bisa fotografi atau engga sih jujur saja ga bisa. 😄😄😄 Aku cuma baca-baca teknik foto dari web gitu dan coba-coba aja sendiri. Hasilnya? Ya kalian bisa nilai sendiri deh. Hahaha. 😎

Sabtu, 29 Februari 2020. Di hari terakhir bulan Februari, aku mengikuti acara komunitas fotografi GII. Janjian awal di GII Puri jam 6 pagi. Jujur yak, di akhir pekan bangun pagi bukanlah suatu hal yang mengenakan. Beberapa hari sebelum hari H, hatiku sempat goyah. Duh...ikut ga ya??? Kan aku ga kenal siapapun di komunitas itu. Aku ini kan orang baru. Belum lagi pasti di komunitas itu orang-orangnya jago foto. Aku ini cuma remah-remah biskuit yang menuh-menuhin acara doang. dan pikiran-pikiran negatif lainnya yang terus terngiang di otakku. Tapi ada juga nih pikiran positif yang menyemangatiku.  Heiii..kapan lagi akhir pekanmu berisi dengan kegiatan yang menambah ilmu. Liat tuh kameramu cuma mati teronggok di dalam laci. Ga sayang apa beli mahal-mahal pakai tabunganmu yang seimprit itu cuma buat dibikin berdebu saja?! Sudah ikut saja! Apa susahnya bangun pagi? Lagian di sana kamu juga bakal diajarin kok teknik fotografi. Justru kalau banyak yang jago kan setidaknya kamu bisa kecipratan ilmunya!! Begitulah perang dalam pikiranku berkecamuk dan pada akhirnya, pikiran positifku yang menang. Yeaaay!!! 🎉🎉🎉

Jam 6 pagi anggota-anggota yang berangkat dari GII Puri pun berkumpul. Ada sekitar 5 orang yang berangkat dari Puri. Yang lainnya langsung nyusul ke meeting point di rest area. Oia yang ikut ga cuma dari GII Puri saja, tapi juga dari GII Semanggi dan GII BSD. Total ada sekitar 20an orang yang ikut acara pada hari itu.

Sesampainya di Pulo Geulis, ko HN menginstruksikan kami untuk hunting foto secara bebas. Boleh sendiri-sendiri, boleh bersama teman. Yang penting bisa dapet foto dengan tema Komposisi. Deg. Mampus aku, aku ga paham soal "komposisi" dalam fotografi. Langsung saja aku tanya ke mbah Google apa itu komposisi dalam fotografi. Cepat saja aku skimming dan kutangkap tekniknya sebisaku. Sebenarnya ko HN ini pun kasih info kalau ada yang mau tanya-tanya boleh langsung saja. Tapi dasar emang aku lebih milih tersesat daripada bertanya, jadilah aku ga berani nanya. Aku contek-contek saja cara bidik objek dari teman-teman di dekatku. Memang ya kalau yang jago foto, bidikannya tuh baguuussss bangeeet. Aku yang ga pernah foto-foto di jalan alias street photography begini agak kesulitan juga menangkap objek yang kalau dilihat oleh mata tuh biasa ajaa... Tapi kalau dibidik dengan tepat, foto yang dihasilkan sungguh memukau.

Bayangkan saja ceu! Saat melakukan hunting foto itu, yang sudah biasa seperti ko HN dan ko AP mah santai saja foto tukang jualan duren yang sedang asik ngiketin duren-duren yang mau dijualnya. Mereka bisa dengan sigap cari sudut foto supaya hasil bidikannya mantaappp. Sedangkan aku...mau foto orang saja ga beraniii. Ga enak gitu mak motret orang sembarangan. Takut orang yang kupotretnya merasa risih dan kalau apes, aku akan dimarahin sama orang tersebut. Tapi setelah kucermati cara ko HN dan ko AP foto, mereka bisa santai saja dan ngajak ngobrol objek yang hendak difotonya. Lagian pula orang Indonesia itu terkenal ramah-ramah. Benar saja, para orang yang dijadikan objek foto itu ga ada yang marah dan asik saja gitu jadi objek buat difoto.

Namun, aku sendiri ga banyak foto orang. SULIT!!! Mereka kan bergerak. Terus aku pun masih ga bisa mengabadikan momen aktivitas manusia dengan baik. Alhasil aku cuma foto-foto objek lain seperti kucing liar yang sedang berpacaran. Foto tanaman-tanaman penduduk di Pulo Geulis. Foto mural yang bagus-bagus di Pulo Geulis. Foto sungai dan jembatan. Tapi ada juga sih foto manusia yang diam-diam kufoto. Hihihi. Kalau terang-terangan foto aku masih kikuk.

Kucing Pacaran
Mendekati jam 11 siang, ko HN pun mengajak rombongan untuk pergi ke pengrajin barongsai. Ko HN bercerita kalau pengrajin ini bisa mengekspor hasil barongsai dan liong buatannya sampai ke Eropa. Luar biasa ja!! Di tempat itu, aku bisa melihat banyak rangka-rangka barongsai dari rotan dan kain dengan cetakan sisik Liong yang sedang dikeringkan. Tentunya bau cak semprot menjadi hal yang lumrah di sini. Untuk bulu dari barongsainya menggunakan bulu kambing loh guys. Jadi hasilnya baguuusss.

Pengrajin Barongsai
Tak seberapa lama di sana, akhirnya kami kembali ke mobil dan siap kulineran di Surya Kencana. Tentunya Soto Mie Agih menjadi incaran para perut kelaparan ini. Jam 2 siang akhirnya aku pun tiba di rumah dan mulai ngubek-ngubek hasil jepretan tadi pagi. Ko HN bilang kalau kami harus print hasil foto kami ukuran 8R dan dibawa pada sesi kumpul berikutnya. WOW. Foto yang mana ya yang harus kucetak. Kira-kira ada saran dari beberapa foto ini mana yang baiknya kucetak?

Kaktus
Tukang Pisang
Kucing Sangar

10 comments:

  1. Kunjungan perdana ke blog ini. Menarik hunting foto aktivitas sehari-hari di sana, sampai kehidupan kucing liarnya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah makasih kak udah mampir ke blogku 🙋
      Ehehe iya nih kak. Maklum, foto kehidupan manusia itu lebih suliitt kak buatkuu hehe jadinya foto kehidupan kucing aje

      Delete
  2. Mbak Frisca ini sepertinya berbakat foto objek mati lho. Foto kaktusnya bagus banget. Ada efek-efek bokeh nya gitu. Untuk foto kucingnya, untung dia pas lagi pacaran gak pas lagi kawin. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh jadi malu..idung mengembang...😊😊😊
      Sejujurnya awal jepret itu hasilku jeleekkk..terus anggota yang lain ikutan foto kaktus kan. Ku perhatiin aja cara mereka potretnya dan hasil bidikan mereka gimana. Terus kuikutin deh dan hasilnya begituuu ehehe di luar dugaan bisa secantik itu hasilnyaaa. Padahal itu taneman kaktus di pekarangan rumah orang gitu loh hehehe

      nah iya! Untung si kucing bukan lagi kawin yak eheheh

      Delete
  3. Bakat yang lahir dari sering selfie ya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha jadi maluu
      thanks for reading ya!! ^^

      Delete
  4. Wow, Pik. Menarik banget loh ikutan photo hunting. Aku beberapa kali mau ikutan hunting tapi ngerasa minder karena ngerasa aku masih amatir dibanding sama peserta yang lain. Akhirnya gak pernah ikut sampai sekarang. X'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mei menarik loh ternyataa! Nah mustinya Sabtu besok itu aku ketemuan lagi buat bahas hasil foto-fotonya. Berhubung lagi Corona begini, jadi di-cancel. Hiks.

      Nanti kalo ada photo hunting lagi, ikutan aja Mei!!! Atau mau ikutan komunitas di grejaku juga boleh kok! Welcome untuk umum uga ehehe Soalnya kemaren itu ada juga anggota yang baru pertama kali ikut dan dari umum karena diajak sama temennya yang anggota GII ehehe

      Delete
    2. Wow seriusan? Mau dong ikutaan sekali2 kalo nanti coronanya udah berlalu :D

      Delete
    3. Iya boleh2 aja daa ga dilaraang
      Nanti kalau diadain lg kuinfoin yooww

      Delete