Jalan-Jalan ke Jepang: Universal Studio Japan

Universal Studio Japan

Meski virus Corona membuat kita ga bisa pergi jalan-jalan. Tapi kalau ngomongin soal jalan-jalan ke Jepang tentu jangan sampai melewatkan bermain di Universal Studio Japan (USJ)! Puji Tuhan, per 19 November 2019 kemarin aku bisa kembali datang ke Jepang dan bisa datang lagi ke USJ. Untung saja virus Corona belum muncul kala itu. Menginjakkan kaki ke negeri sakura merupakan hal yang sangat aku impikan sejak di bangku SMA. Apalagi bermain di taman bermain Universal Studio Japan!!! Ugh ga puas deh kalau cuma sekali! Ya ini beneran ga puas. Kali pertama aku main di USJ itu pergi sama papa mama dan maklum ya pergi sama orang tua, jadi ga bisa bermain lama-lama di sini. Bahkan aku sempat melewatkan atraksi Harry Potter and the Forbidden Journey masa?! Bodoh banget kan!!!! Oke sebelum aku cerita ngarol ngidul, aku mau ceritain nih tips-tipsnya kalau mau ke Universal Studio Japan.

Perlu Universal Express Pass???

USJ ini menawarkan dua jenis tiket, yaitu Studio Pass (tiket biasa buat masuk) dan Universal Express Pass (buat naik wahana secara eksklusif). Studio Pass ada yang buat satu harian dan ada yang baut dua harian. Tentu harga orang dewasa dan anak kecil akan berbeda. Tapi kalau Universal Express Pass ini ga memberlakukan harga yang berbeda untuk orang dewasa dan anak kecil. Harga untuk Universal Express Pass berbeda-beda tergantung dari jumlah atraksi yang mau dinaiki menggunakan Universal Express Pass. Detilnya bisa cek sendiri di situsnya ya. Oia, Universal Express Pass ini untuk mempercepat antrian gitu karena antriannya terpisah dengan tiket biasa. Universal Express sangat berguna buat kamu yang males antri dan ingin bisa menghemat waktu dari antrian atraksi. Oia, kalau beli ini, pikirin dulu ngincer atraksi apa. Soalnya meski kita beli, ga semua atraksi yang ada Universal Express-nya bisa kita mainin. Cuma atraksi tertentu sesuai paket Universal Express Pass yang kita beli saja.

Aku awalnya ragu untuk membeli Universal Express Pass. Waktu pertama kali aku ke USJ sih sudah tentu ya ga beli karena selain mahal, aku juga punya keyakinan kalau USJ ga seramai itu karena aku pergi bukan di hari libur. Nyatanya? Doeng...Penuh cuy! Satu wahana bisa antri lebih dari sejam. Huhuhu. Makanya di kali kedua aku ke USJ, aku sudah disarankan untuk membeli Universal Express Pass. Meski tetap ada keraguan, akhirnya aku beli juga di hari pertama aku berangkat ke Jepang which is satu hari sebelum aku datang ke USJ. HAHAHA. Pas sampai di USJ??? Ga terlalu ramai.....hmmm. Tapi gapapa, dengan pakai Universal Express, aku bisa menyelesaikan semua wahana dalam sekejap! Jadi bisa lebih cepat menikmati live show yang lain gitu.

Belinya di mana? Tenang, bisa beli di beberapa situs traveling cem Traveloka atau Klook. Buat harga tinggal bandingin saja mana yang paling murah. Yang jelas jangan beli on the spot karena biasanya sih kehabisan.

FYI, tiket masuk USJ ini berlakunya ga saklek di tanggal tertentu seperti beli tiket bioskop. Tapi bisa berlaku dalam jangka waktu tertentu. Kalau ga salah 14 hari apa 1 bulan gitu berlakunya. Jadi misal ga bisa dateng di tanggal 19 Nov, yauda tanggal 20 Nov juga bisa dateng. Ga perlu beli tiket lagi karena tiketnya masih berlaku alias ga hangus!

Cek Ramalan Cuaca

Berhubung tiketnya USJ ini bisa dipakai dalam rentang waktu tertentu, sebelum pergi kamu cek dulu ramalan cuaca hari itu. Kalau hujan atau cuaca buruk, lebih baik pilih di hari lain deh! Ga mau kan kamu batal main atraksi kesayangan kamu karena cuaca lagi hujan??? Ramalan cuaca Jepang hasilnya bagus kok. Biasanya selalu tepat. Jadi benar-benar pastikan cuaca sedang cerah saat kamu pergi.

Cek Jadwal Maintenance Atraksi

Ingat ya! Wahana di USJ itu butuh maintenance supaya tetap terawat dan aman dimainkan. Makanya sebelum pergi, pastiin juga jadwal atraksi yang mau kamu naikin itu bisa berjalan semua. Rugi banget kan kalau sampai Harry Potter and the Forbidden Journey ga bisa dimainkan! Sudah jauh-jauh dan mahal datang ke sana, eh ga bisa main. Hiks. Makanya benar-benar pastikan semua atraksi ga sedang dalam maintenance. Jadwalnya bisa kalian cek di sini.

Datang Lebih Pagi

Kalau kamu ga tinggal di hotel dekat Universal Studio Japan, lebih baik sih datang dari pagian saja ya. Jam bukanya biasanya sekitar jam 9 pagi. Waktu aku pergi sih jam 9an diusahakan sudah sampai USJ and you know what?! There's a lot of people in the train with same final destination with me. Keluar dari kereta tuh orang-orang berjalan dengan tempo cepat. Ya orang Jepang itu kalau jalan rata-rata cepet bener, ga kek orang Indonesia yang rata-rata jalannya pelan-pelan bikin aku gregetan. Meski jalan cepat, tapi bukan sampe dorong-dorongnya. Tetap tertib dan rapi. Terkontrol gitu.

Jangan Bawa Makanan atau Minuman

Sebaiknya sih kalian makan dulu paginya sebelum dateng ke USJ karena energi kalian akan terkuras untuk antri wahana. Selain itu, bisa jadi lebih hemat karena di dalem USJ makanannya cukup mahal. Nah karena mahal, jangan kalian bawa makanan ya ke dalam USJ supaya bisa makan siang pakai bekal yang kalian bawa. yang ada malah makanan kalian akan disita oleh petugas pas masuk ke dalam USJ.

Waktu aku antri, di depanku ada dua orang bule yang keciduk bawa cemilan coklat. Jadinya disita deh oleh petugas atau kalau gamau disita, ya diabisin dulu sebelum masuk ke dalem. Aku sendiri sih cuma bawa botol minum dan diperbolehkan oleh petugas. Botol minum ini kugunakan untuk isi ulang air dengan tap water yang tersedia di beberapa spot. Lumayan kan buat berhemat beli air minum.

Baca Peta USJ dan Pelajari Dulu Sebelumnya

Biar lebih efektif dan efisien, ada baiknya baca dulu peta USJ dan benar-benar dipelajari. Kalau bisa malah dihafalkan! HAHAHA. Jujur saja ya, USJ itu LUAS. Untung aku pergi bareng suami yang ga buta arah kaya aku dan sudah tiga kali datang ke USJ. Jadi dia itu uda kaya peta berjalannya aku. Hehehe. Ini penting banget nih supaya benar-benar memastikan semua wahana yang diinginkan bisa dimainkan.


USJ Map - Sumber: USJ

USJ sendiri terdiri dari 8 area, yaitu:
  • Universal wonderland
  • Hollywood
  • New York
  • Minion Park (ini yang belum lama dibuka)
  • San Francisco
  • Jurassic Park
  • Water World
  • Amity Village
  • The Wizarding World of Harry Potter (must go!!!)

Aku mau terangin highlight di masing-masing area ya. Cuma ini info terakhir November 2019 kemaren pas aku terakhir ke USJ. Bisa jadi ada perubahan. Tapi lumayan lah ya buat kalian yang mau pergi ke USJ jadi punya gambaran mau pergi ke atraksi mana.

Universal Wonderland

Area ini sih kebanyakan dikunjungi oleh anak-anak karena memang wahana yang ada di sini cukup friendly untuk anak-anak meski ada beberapa atraksi yang mengharuskan si anak memiliki tinggi minimal 92 cm. Tapi ada juga atraksi yang cuma bisa dinaikin sama anak umur 3-5 tahun atau anak umur 6 hingga 12 tahun. Buat penggemar Elmo, Snoopy, dan Hello Kitty wajib nih berkunjung ke Universal Wonderland.

Atraksi apa aja yang ada di Universal Wonderland?

Atraksi khusus anak umur 3-5 tahun itu ada Elmo's Little Drive (main mobil-mobilan) dan atraksi khusus umur 6 hingga 12 tahun adalah Sesame's Big Drive (mainan go-kart). Nah kalau yang punya requirement tinggi minimal 92 cm itu ada:

  • The Flying Snoopy (soar through the sky with Snoopy)
  • Snoopy's Great Race (roller coaster)
  • Elmo's Go-Go Skateboard (glide along with Elmo on a thrilling skateboard experience)
  • Moppy's Balloon Trip (float with Moppy on a journey through the sky)
  • Elmo's Bubble Bubble (water voyage)
Atraksi yang mengharuskan tinggi minimum 122 cm adalah:
  • Hello Kitty's Cupcake Dream
  • Big Bird's Big Top Circus (Merry-Go-Round)

Hollywood

Wilayah ini memiliki atraksi yang cukup menantang dan mengasikan. Kalau untuk anak kecil sih bisa juga bermain di area ini karena ada beberapa theater show yang sayang untuk dilewatkan. Cuma karena di Jepang, jadi show pakai bahasa Jepang dan ga ada sub English-nya. Jadi kurang paham sih cuma bisa ngebayangin dari gerakannya aja. Meski begitu cukup asik kok buat ditonton.

Buat main atraksi di Hollywood butuh tinggi minimal 102 cm. Atraksinya adalah:

Hollywood Dream - The Ride (musical coaster)

Asli ini seru banget! Nanti sebelum mulai, kita bisa pilih lagu yang nemenin perjalanan kita selama naik roller coaster. Aku naik ini pas pertama kali ke USJ dan puter lagu theme song-nya Detective Conan. Seru banget paraaaah!!! Kedua kali aku ga naik ini soalnya dingin banget bo cuacanya. Jadi ga berani naik roller coaster dulu. Atraksi ini bisa pakai Universal Express.

  • Hollywood Dream - The Ride - Backdrop. Kalau yang The Ride majunya ke depan. Nah ini lebih menantang lagi karena roller coaster bergerak ke belakang. Aseli aku ga berani coba naik ini. Takut! ๐Ÿ˜ฃ  FYI, antrian nomor 1 dan nomor 2 ini gabung. Jadi bisa pilih tuh mau yang maju ke depan apa ke belakang. Hihihi.
  • Space Fantasy - The Ride (an unpredictable, high-speed rush through space in pitch black!) Aku naik atraksi yang ini pas kunjungan kedua kali. Karena ga gitu baca peta, terus liat ada atraksi pas lagi di Holywood dan antriannya singkat, jadilah aku masuk ke atraksi ini. Terus parah banget laah dikocok-kocok di dalem. Muter-muter naik roller coaster-nya. Hmm bukan roller coaster juga sih. Jadi duduknya itu lingkaran gitu ntar di dalem diputar-putar dengan kecepatan tinggi dan gelap gulita. Seru sih! Tapi bikin jantung mau copot. Hahaha. Cukup sekali aja main ini. Jangan dua kali berturut-turut. Pantes aja antriannya ga begitu membludak. Ternyata begitu ekstrim ceu permainannya. Oia, meski begitu bisa pakai Universal Express untuk atraksi ini.

Theater Show yang ada di area Hollywood ini antara lain:

  • Sesame Street 4-D Movie Magic (from the depths of the ocean to the sky, it's a world in 4-D!)
  • Shrek's 4-D Adventure (embark on an adventure with Shrek in this original story). Gw nonton ini pas pertama kali ke USJ. Nanti kaya masuk satu gedung kaya mau nonton theater gitu tapi ini 4-D! Cuma ga menariknya adalah kursinya ga bergoyang-goyang. Jadi efek 4-D aja gitu nontonnya. Cukup menarik.
  • SING on Tour (karakter dari film SING). Ini theater yang baru dibuka nih. Nanti kita bisa nikmatin nonton karakter-karakter dari film SING secara live. Seru! Apalagi kalau nontonnya bareng anak kecil. Pasti si kecil suka deh sama yang ini. Berhubung masi baru, peminatnya banyaak loh! Tapi tenang, bisa pakai Universal Express biar ga antri lama.
  • Playing with Curious George (let your curiosity run wild as you play with Curious George!)
  • Universal Monsters Live Rick and Roll Show (rock and roll with monsters in this live show)

Kalau kalian mau nonton theater show, kalian harus pastikan dulu jam tayangnya. Jangan sampai kalian kelewatan dan pastikan juga untuk antri sebelum theater-nya mulai. Kalau kalian telat, ya terpaksa kalian ikut pertunjukan selanjutnya. Oia berhubung ini theater, jam tayangnya tuh ga sampai malem. Paling banter juga sampai jam 5 sore gitu.

New York

Buat pecinta Spiderman dan Terminator, wajib nih ke area ini!! Di sini sedikit sih atraksinya. Cuma ada satu, yaitu The Amazing Adventures of Spider-man - The Rider 4K3D. Minimum harus 102 cm ya tinggi kalian dan kita bisa juga pake Universal Express biar ga cape antri. Atraksi ini mengajak kita untuk naik mobil gitu dan nanti bisa merasakan atraksi Spider-man gitu. Seru deh! Aku naik ini bisa dua kali saking sukanya!

Nah sisanya ya theater show dan stage show gitu. Theater show-nya cuma ada Terminator 2:3-D. Mirip lah kaya nonton Shrek cuma di sini ada live action-nya. Saat aku nonton ini, aku agak pusing karena kacamatanya ga enak buatku. Jadi aku cuma nonton ini sekali doang pas pertama kali ke USJ. Oia, theater ini juga bisa pakai Universal Express.

Minion Park

Pecinta Minion pasti suka deh di sini. Penuh dengan patung Minion bahkan kalau beruntung bisa ketemu sama Minion live action-nya. Area ini belum lama dibuka tapi selalu ramai dikunjungi. Pas pertama kali ke USJ itu masih dalam tahap pembuatan gitu deh. Jadi ga bisa ke sini. Tapi akhirnya untuk yang kedua kalinya bisa deh main di Minion park. Atraksinya ada dua nih yang wajib kamu mainin:

  • Despicable Me Minion Mayhem (wajib banget dimainin). Minimum tingginya 102 cm. Bisa pakai Universal Express.
  • Freeze Ray Sliders. Minimum tinggi harus 92 cm.

San Francisco

Area ini untuk bersantai atau buat kalian yang cari spot-spot foto untuk Instagram feed gitu. Di area ini cuma ada show aja. Backdraft (bisa Universal Express) sama stage show Malevo de Argentina. Backdraft sendiri show yang ditonton sambil sesekali berjalan kaki dari ruangan ke ruangan. Kaya cara pembuatan film Backdraft gitu deh. Lumayan asik buat ngilangin rasa mual habis naik atraksi ekstrim. Hehe.

Jurassic Park

Ya sesuai namanya, kalian tahu lah ya isinya apa. Yup dinosaurus! Atraksi hits-nya ada dua:

  • The Flying Dinosaur (Universal Express). Minimum tinggi kita harus 132-197 cm. Kita kaya diajak terbang sama Pteranodon gitu. Eh bener ga ya nama dinosaurusnya. Hmm. ๐Ÿค”Yang jelas aku ga berani naik ini! Soalnya kakinya ga napak terus ya bayangin aja lah kalau kita dibawa terbang sama flying dinosaur gitu. Ya kaya gitu dah rasanya!
  • Jurassic Park - The Ride (Universal Express). Minimum tinggi 107 cm. Aku naik ini karena include dalam Universal Express Pass yang kubeli. Jadi kita kaya naik rakit berisi kursi-kursi dan dipandu oleh satu orang pemandu. Kita menyusuri sungai dan bisa lihat dinosaurus gitu di kiri dan kanan kita. Lumayan oke lah atraksinya.

Water World

Di sini cuma ada satu theater show. Berhubung ini theater, jadi harus pastiin jam mulainya ya. Show-nya sendiri sekitar 20 menit.

Amity Village

Sebelum masuk ke sini, di depannya sudah ada spot foto sama hiu gituuu. Bisa minta tolong difotoin sama petugas di sana sekalian kalau kalian mau, bisa juga beli foto hasil jepretan dari si petugas pakai kamera polaroid milik petugas. Aku sih cukup minta tolong fotoin pake kamera HP-ku saja biar gratis. Hehe.

Di Amity Village, kita bisa main Jaws. Kita bisa naik perahu gitu dan perahu kita diserang oleh man-eating shark! Buat main ini bisa pakai Universal Express Pass. Minimal tinggi anak 122 cm kalau mainnya tanpa pengawasan.

The Wizarding World of Harry Potter

Nah ini nih area kesukaan aku! Dunia dengan penuh magic. Atraksinya ada dua, yaitu:

  • Harry Potter and the Forbidden Journey
  • Flight of the Hippogriff

Dua-duanya bisa pakai Universal Express dan tinggi minimum 92 cm buat naik Hippogriff, sedangkan untuk poin 1 minimum 122 cm. FYI, kedua atraksi tersebut ga cocok dimainkan oleh anak kecil. Aku sendiri aja agak ngeri naiknya. Hahaha. Maklum aku penakut. Buat yang pertama kita kaya diajak naik sapu terbang bersama Harry dan kawan-kawan. Kalau yang kedua kita ngerasain terbang bersama Hippogriff. Hippogriff sih masih kalah ektremnya sama Hollywood Dream - The Ride. Jadi kalau mau cari yang menantang, naik ini dulu baru Hollywood Dream.

Mau cerita...pertama kali ke sini aku sekip masa buat naik kedua atraksi di sini. Bodoh banget kan?! Yang Hippogriff sih karena aku takut tapi yang Harry Potter and the Forbidden Journey itu karena aku ga tau! Ya itulah bodohnya aku karena ga baca peta dengan bener. Hahah. Jadi pas pertama kali ke area ini, aku tuh cuma nontonin atraksi-atraksi cem Wand Studies gitu dan minum Butter Beer. Plus nonton Triwizard Spirit Rally. Wah rugi deh! Makanya kedua kali ke Jepang aku mau ke USJ lagi supaya bisa ngerasain kedua atraksi di area ini!

Oia, kalian wajib beli Butter Beer! Asli enak banget!!! Kalau perlu belinya yang sama gelas Butter Beernya. Bisa dibawa pulang buat kenang-kenangan jadinya.

Beli Souvenir Eksklusif USJ

Buat kalian penggemar karakter yang ada di USJ cem Harry Potter, Minion, Spiderman, atau bahkan Attack on Titan (saat event cool Japan), kalian wajib banget beli merchandise exclusive yang cuma dijual di USJ. Merchandise ini bahkan kadang dijual menyesuaikan musim yang ada di Jepang. Kaya gelas butter beer Harry Potter itu ada yang eksklusif didesain saat musim dingin. Jadi di gelasnya ada corak salju-salju gitu. Atau untuk minion, dijual tomica (mainan mobilan mini) yang versi Natal. Banyak deh merchandise yang hanya dijual di USJ. Makanya kalian bakal nyesel deh kalau ga beli!! Dua tahun lalu (di tahun 2017) waktu aku pertama kali ke USJ, di sana sedang event cool Japan Attack on Titan. Nah di store-nya aku beli rope Attack on Titan which is very cool for me. Terus pas aku ke USJ kemaren, aku mau cari itu lagi kan karena ada yang nitip. Eh uda ga ada masa?! Sedih aku tuuh. Untung dulu aku uda beliii!

Rope yang Kubeli pas April 2017

BTW, kalo kalian sadar, di foto pertama aku juga mengenakan rope yang kubeli pas pertama kali ke USJ di tahun 2017. Terus petugas-petugas di USJ masih mengenali rope itu loh!! Jadi pas aku keliling-keliling di dalam USJ, petugas-petugasnya memberikan salam antar prajurit di Attack on Titan gitu!! Feels awesome gitu deh jadinya. ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

Gitu deh tips-tips untuk pergi ke Universal Studio Japan. Lebih baik prepare kan supaya bisa memanfaatkan semaksimal mungkin uang yang kita keluarkan untuk beli tiket masuk USJ.

18 comments:

  1. Salah satu tempat yang saya suka juga dan harus visit setiap kali ke Jepang :))) Universal dan Disneyland memang harus masuk list karena suasananya dan segala sesuatunya always menyenangkan di sana <3

    By the way, post kali ini penjelasannya detail sekali mba hehe. Pasti puas banget akhirnya bisa jalan-jalan ke sana lagi dan mencoba hampir semua permainan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes betol banget!!! Ga cukup sekali deh buat dateng ke USJ...eh tapi kalau Disneyland sih aku cukup sekali aja karena bukan penggemar Disney banget gituuu hehehe

      Iyaaa soalnya aku masih simpan referensinya yaitu brosur USJ yang kuambil saat masuk ke sana. Jadi informasinya bisa kutulis dengan lengkap deh hehehe

      Delete
  2. Ternyata di Jepang ada universal studio Japan ya mbak, Alhamdulillah mbak Friska sudah bisa kesana dua kali, kalo aku pernah sih sekali tapi lewatnya pakai google maps mbak, biar lebih irit.๐Ÿ˜

    Iya sih ,lebih baik datang dari pagi saja ya. Jam bukanya biasanya sekitar jam 9 pagi jadinya antriannya belum panjang.

    Aku pernah naik kereta gantung di Ancol, antriannya panjang sekali, ada kali satu setengah jam antrinya, kapok dah.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. Namanya ada Japan-nya jadi ada di Jepang. Hihihi ๐Ÿคญ
      Puji Tuhan mas bisa merasakan ke sana dua kali dan pas bener belum wabah corona huhuhu. Mampir beberapa kali mas biar mana tau bisa nyusun jadwal jalan-jalan ke Jepang terus terwujud. Amin.

      Sejujurnya, meski aku datang jam 9 pagi, antrian buat masuk sudah panjang mas. Tapi antri masuk USJ-nya cepaat sih. Jadi ga buang-buang waktu juga. Cuma memang antrian atraksinya juga lumayan lah ga lama. Apalagi kalau datang saat bukan musim liburan. Bisa lah antri cuma 15 menit. Hehehe.

      Wah aku malah belum pernah naik kereta gantung di Ancol. Seru ya mas??
      Di USJ kalau lagi ramai bisa 90 menit jg mas antriannya. Pas aku pertama kali ke USJ waktu antrinya bisa sekitar segitu ๐Ÿ˜ข

      Delete
    2. Seru dan agak ngeri juga sih, takut talinya putus gitu.๐Ÿ˜ฑ

      Cuma malas kesana lagi, harga tiketnya juga naik dari 50 ribu jadi 70 ribu.๐Ÿ˜‚

      Delete
    3. waaah agak kurang meyakinkan ya safety-nya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      naik harganya lumayan juga ya! 70rb itu berapa lama perjalanannya?

      Delete
    4. Tidak sih, keamanannya sepertinya bagus, cuma namanya orang baru pertama kali naik begituan.๐Ÿคฃ

      Kalo tidak salah sekitar 10-15 menit, ngga sesuai sama waktu ngantrinya.๐Ÿ˜‚

      Delete
    5. Ooooh kirain emg safetynya diragukan hahaha
      Tapi emg akan was2 sih yaa karena baru pertama hehe

      Eleeuuuh bentar bgt yaaaa haha

      Delete
  3. Waw.. keren sekali. Semoga bisa segera nyusul ke sana, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      Amiiiinn. Didoain juga supaya bisa ke Jepang pas lagi musim olimpiade dan nonton langsung olimpiade. Pasti seru deh!!!

      Delete
  4. kalau saya dapat kesempatan kesini pasti list pertama one piece ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. One piece tokyo tower yak??
      Iya itu wajib buat para fans one piece!!!

      Delete
  5. keren banget ternyata, mungkin karna aku gak terlalu suka keramaian jadi kurang bisa menikmati taman bermain kaya gitu, tapi Universal Studio its a must. semoga secepatnya bisa nyusul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes itu wajiib dikunjungiii!!! Akan ketagihan deh hahaha

      Amiiinnn
      Tentunya setelah wabah corona ini berlalu ya jalan2nya hehe

      Delete
  6. Cuma baru sampai sebatas mimpi doang buat aku bisa aku ke USJ ... huhuhu .. sedihnyaaa ...

    Keren-keren banget wahananya yaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp kok
      Semuanya jg dari mimpii
      Kuuda mimpi ingin ke jepang sejak SMA hahaha

      Iya keren!!!

      Delete
  7. kayaknya harus makin sabar menunggu untuk bisa traveling yah, wabah covid belum ada tanda2 mereda.
    Smg bisa segera teratasi dan dunia bisa berjalan normal kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lagi ga bisa traveling dulu...

      Amiiiin semoga bisa segera normal lagiii

      Delete

Follow Me

Labels

Instagram