Psikotest dan Interview User di PT. Indah Kiat Alam Sutera

August 19, 2018
Gimana sih rasanya ikut psikotest dan interview user di PT. Indah Kiat Alam Sutera alias Sinar Mas?? Aku mau berbagi sedikit nih soal pengalamanku ikut psikotest dan interview user di PT. Indah Kiat Alam Sutera. Mari disimak ye... ^^

Menjelang Agustus 2018, aku memang sudah mulai mencari-cari lowongan pekerjaan karena kontrak kerjaku dengan PT. Ganesha Tekno Indonusa (GTI) akan segera berakhir. Ya meski owner dari GTI sebenarnya ingin memperpanjang kontrak kerjaku, tapi aku agak insecure juga dong kalau-kalau perpanjangan kontraknya hanya sampai akhir tahun saja. Jadi aku sudah tanya-tanya relasiku mana tahu mereka punya informasi lowongan pekerjaan.

Saat itu si O memberitahuku bahwa Sinar Mas sedang buka lowongan pekerjaan untuk posisi purchasing. Karena aku memang lagi butuh pekerjaan baru, aku pun mendaftarkan diri melalui si O. Bahkan yang kirim CV bukan aku dong. Tapi si O kirim CV-ku ke Sinar Mas melalui istri temannya yang memang bekerja di sana.

Singkat cerita aku pun dihubungi oleh HR Sinar Mas untuk mengundangku psikotest dan interview user di Wisma Indah Kiat, Alam Sutera, Tangerang pada tanggal 6 Juli 2018 jam 9 WIB. Setelah dihubungi via telepon, pihak HR Sinar Mas mengirimiku e-mail sebagai bukti bahwa aku diundang psikotest dan interview user dengan jadwal yang tertera di dalam e-mail tersebut. Dalam e-mail tersebut juga terlampir Biodata Form untukku isi dan dikirim kembali ke e-mail tersebut.

Aku pun ijin kepada kantorku saat itu untuk dapat mengikuti psikotest dan interview user di Wisma Indah Kiat, Tangerang. Aku sih ijinnya akan masuk siang karena pikirku untuk psikotest dan interview user tak akan memakan waktu lama. Jadi siang-siang aku masih bisa kembali ke kantor untuk bekerja. At least aku ga ijin cuti sehari gitu...

Jumat, 9 Juli 2018 pukul 6.30 WIB aku berangkat ke Alam Sutera. Menurut Google sih perjalananku dari kos hingga Wisma Indah Kiat memakan waktu 2 jam. Jadi kalau berangkat 6.30 WIB datangnya ga mepet-mepet amat gitu. Dari kosku, aku naik angkot M11 hingga pasar. Dari situ aku berjalan kaki menuju Stasiun Palmerah. Jujur saja ini pertama kalinya aku ke Stasiun Palmerah. Jadi aku benar-benar buta deh arah-arah ke sana. Uda mana aku agak-agak disorientasi lokasi, Google Maps menjadi satu-satunya penyelamatku selain mulutku untuk bertanya jalan. Meski sudah pakai Google Maps, tapi tetap saja aku agak sedikit tersesat karena aku bingung pintu masuk stasiunnya di mana. Jadi sempat salah arah sedikit deh. Beruntung ga nyasar banget gitu, jadi ga makan waktu lama buatku bisa naik KRL menuju Stasiun Serpong.

KRL pagi menuju Serpong memang sepi. Sesuai ekspektasiku karena biasanya yang penuh sesak itu yang arah ke Stasiun Tanah Abang. Setibanya di Stasiun Serpong, aku memesan ojek daring untuk mengantarku ke Wisma Indah Kiat. Pukul 8 kurang sedikit aku sudah sampai di Wisma Indah Kiat. Gile uda kaya karyawaannya saja. Soalnya karyawan situ masuk jam 8 pagi. Jadi mendekati pukul 8 sudah banyak karyawan yang lalu lalang untuk masuk ke dalam gedung.

Berhubung jadwalku jam 9, mau tak mau ya aku menunggu di lobi. Oh ya, sebelumnya aku menuliskan identitasku di buku tamu dan menitipkan KTP-ku untuk ditukar dengan kartu pengunjung. Ternyata bukan aku saja yang diundang untuk psikotest dan interview. Ada tiga orang lagi dengan tujuan yang sama denganku. Setelah pukul 9, bu Christy datang menjemput kami untuk mengarahkan kami ke dalam ruangan psikotest ataupun interview. Aku bingung kenapa aku dipisahkan dari rombongan. Jadi aku masuk ke ruangan di Divisi HR untuk mengikuti psikotest, sedangkan tiga orang lainnya naik ke lantai dua untuk mengikuti interview user.

Pukul 10.00 WIB aku sudah selesai mengerjakan psikotest. Psikotestnya ada dua macam saja sih. Tidak banyak seperti psikotest untuk masuk Paragon. Intinya sih tes tentang kepribadian dan gambar abstrak. Setelah itu aku menunggu untuk interview user deh. Namun sayang aku ga bisa langsung interview, melainkan baru bisa pukul 13.00 WIB. Kandas deh ijin masuk siangku. Kalau jam 13.00 baru interview, itu berarti aku akan selesai sore hari. Balik ke kantor lagi dari sana sih jadi percuma karena cuma kerja beberapa jam saja. Jadi hari itu aku cuti seharian. >.<

Akhirnya aku pun nunggu lagi deh di lobi sampai jam makan siang. Huft. Eh ga lama orang yang habis interview user turun ke lobi. Satu orang saja yang baru selesai, namanya Stella. Dia ini fresh graduate dari Universitas yang ada di Alam Sutera. Dia baru selesai interview tapi belum melakukan psikotest. Katanya sih dia disuruh nunggu sampai dipanggil psikotest. Jadi aku dan Stella ngobrol-ngobrol deh sembari nungguin tes selanjutnya. Sekitar jam 11an orang satunya lagi turun ke lobi, namanya Dhita. Dia juga fresh graduate dari Universitas di China.

Jam makan siang, kami bertiga makan siang bareng di kantin Karyawan yang berada di Lantai 5 Gedung A. Awalnya kami mau mengajak orang satunya lagi yang ikut tes juga, tapi dia entah pergi ke mana. Jadi kami hanya bertiga saja deh. Mendekati jam 12 WIB kami sudah kembali ke lobi. Kalau Dhita sih pulang karena urusan dia di Wisma Indah Kiat sudah selesai. Tapi setelah Stella mendapat kepastian tidak mengikuti psikotest hari itu, ia pun pulang. Tinggal aku sendiri deh menunggu di lobi hingga dipanggil untuk interview user. Jujur saja aku bosan menunggu. Hahaha.

Akhirnya pukul 13.00 WIB aku dipanggil oleh Bu Christy. Dari divisi HR, aku dijemput oleh Adit dari Divisi Purchasing untuk mengantarku interview user di lantai 4, tempat divisi purchasing berada. Berhubung tak ada lift, kami berdua naik tangga hingga lantai 4. Lumayan nih olahraga singkat sebelum interview. Jantungnya sudah berdebar-debar duluan karena capai naik tangga. Hehe.

Sesampainya di lantai 4, aku diantar ke ruangan pak Suwandi, user yang akan menginterogasi eh mewawancaraiku. Ternyata bukan pak Suwandi saja yang mewawancaraiku. Ada pak Begin juga di sana. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seputar identitas diri, alasanku keluar dari perusahaan yang lama, alasanku masuk ke Sinar Mas, pengetahuanku seputar purchasing, dan aku juga disuruh berbahasa Inggris dengan cara memperkenalkan diriku. Aku ga kaget sih saat disuruh berbahasa Inggris karena sebelumnya aku sudah baca pos di blog orang yang juga pernah mengikuti interview di Sinar Mas. Saat itu dia juga ditanyai bisa berbahasa Inggris atau tidak dan disuruh mempraktekkan bahasa Inggrisnya. So I prepare about this. Hehe

Selesai wawancara, aku pun diantar kembali oleh Adit ke lobi. Selama turun tangga ke lantai satu, aku tanya-tanya sama si Adit tentang lama ia bekerja di sana. Ternyata ia sudah dua tahun bekerja di sana. Sejujurnya aku ingin tanya tentang lingkungan kerja dan workload di sana sih. Tapi ga jadi...
Sekitar pukul 14.00 WIB aku pun jalan pulang ke kos. Kali ini aku naik angkot menuju Stasiun Rawa Buntu. Dari Stasiun Rawa Buntu, aku turun di Stasiun Palmerah dan lanjut naik angkot M11 sampai kosku. Perjalananku kira-kira satu jam lebih saat itu.

Yak begitulah pengalamanku psikotest dan interview user di Sinar Mas (PT. Indah Kiat). Oh ya, aku diberi minum satu botol Pristine ukuran 400 ml oleh bu Christy saat mengikuti psikotest dan satu botol lagi oleh Pak Suwandi dan Pak Begin saat interview user. Baik juga nih Sinar Mas masih kasih minum buat calon pekerja di sana. Meski aku bosan disuruh nunggu lama, tapi tak apa deh karena sudah baik diberi air minum. Hehe. Selain itu kesan yang kudapatkan terhadap orang-orang di sana juga ramah. Nanti aku ceritain lagi lanjutan proses rekrutasiku di Sinar Mas ya....

8 comments:

  1. Trims bisa tau pengalamanmu mencari pekerjaan.

    ReplyDelete
  2. btw di terima ga akhirnya? saya baru az melamar soalnya, dan apakah wajib ya bahasa ingris nya, karena saya ga begitu bisa sih.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. puji Tuhan diterima. Tergantung melamar untuk posisi apa. Kalau aku kan purchasing di HQ, jadi harus bisa Bahasa Inggris karena kadang berhubungan dengan vendor dari luar negeri which is pakai Bahasa Inggris.

      Delete
  3. Setelah proses interview user tahap apa lagi & prosesny brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga salah sih selanjutnya itu medical check up. Nanti dikirimin email gitu disuruh medical check up di Eka Hospital di BSD. Abis itu diumumin deh bisa mulai masuk kerja kapan. Prosesnya sih cukup cepat..Soalnya dari pihak Sinarmasnya memang lagi butuh cepat dapet purchasing baru saat itu.

      Delete
  4. Saya mau nanya pada saat test psikotes itu langsung interview yah? Saya sebelumnya melamar di PT indah kiat pulp&paper tangerang mill untuk bagian QC dan puji tuhan saya dpt panggilan disitu untuk hari jumat 09 agustus 2019 Kalo untuk bagian interview dibagian qc bakalan ama orang luar juga engga yah?. Biar saya mempersiapkan diri . Terima kasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo
      maaf lambat menjawab
      saat aku masuk sih iya ya..jadi abis psikotes, langsung lanjut interview dengan user. Kalau untuk bagian QC maaf saya kurang tahu juga ya. Persiapin diri aja buat lancar ngomong Bahasa Inggris karena di sana banyak expat ^^
      Semangat ya!!! Semoga bisa diterima

      Delete

Powered by Blogger.