Lanjutan Proses Rekrutasi Sinar Mas (PT. Indah Kiat Alam Sutera)

December 17, 2019
Hai hai...pada pos sebelumnya aku bilang akan lanjut cerita proses rekrutasi Sinar Mas (PT. Indah Kiat Alam Sutera). Tapi mohon maaf sekali aku baru bisa cerita sekarang..Huahaha..maklum ya. Sejak masuk Sinar Mas, waktu luangku kupakai untuk hal lain...jadi ga sempet deh buat nulis blog dan berakhir blog ini sempat terlantar. Hihihi...

Proses Rekrutasi Sinar Mas


Baca juga: Psikotest dan Interview User di PT. Indah Kiat Alam Sutera

Oke, jadi kelanjutan proses rekrutasi Sinar Mas ini adalah aku dikirimkan email oleh HR Sinar Mas untuk melakukan medical check up di Eka Hospital yang beralamat di Central Business District Lot. IX BSD City, Jl. Boulevard BSD Tim., Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15321
Aku menerima email tentang surat pengantar medical check up (MCU) di Eka Hospital ini tanggal 18 Juli 2018. Sedangkan proses sebelumnya itu aku lakukan di tanggal 9 Juli 2018. Lewat 7 hari kerja sampai diumumkan ke tahap selanjutnya. Hmm..cepat juga ya!

Email itu berisi surat pengantar MCU yang wajib dibawa ke RS supaya bisa dilakukan MCU dan informasi bahwa MCU dapat dilakukan di hari Senin hingga Sabtu (ga bisa hari Minggu). Terus berhubung aku sedang datang bulan, jadi aku ga bisa langsung MCU.

BTW buat yang baru pertama kali MCU seperti aku, jujur saja aku kebingungan harus gimana. Apalagi di email ga cukup menerangkan dengan jelas hal teknis terkait MCU ini. Cuma dikasih surat pengantar, jadwal, dan info kalo jangan MCU saat sedang datang bulan. Jadilah aku kebingungan dan di tengah kebingungan itu aku sengajain datang saja di hari Sabtu sore ke Eka Hospital dan eng ing eng...MCU itu cuma bisa dilakukan dari jam 7 pagi dan tutup jam 2 siang. Tapi dari petugas resepsionis sih bilangnya yang mau MCU itu harus dateng pagi which is jam 7 pagi. Jadilah aku datang dengan sia-sia karena gagal MCU. Wkwkwk. Tapi at least aku jadi tahu kalau MCU itu ya harus dilakukan pagi hari dan sebaiknya berpuasa. Tidak makan apapun dan boleh cuma minum air putih.

Kali kedua ke Eka Hospital aku naik busway dari Halte Grogol ke Halte BSD Serpong subuh-subuh. Kalau ga salah jam 5an pagi deh aku jalan. Gila kan?! Masih gelap dan aku bela-belain dah supaya bisa MCU di Eka Hospital. Sesampainya di BSD, aku jalan kaki saja dari halte ke Eka Hospital. Cukup jauh tapi masih bisa ditempuh oleh kaki. Apalagi aku tiba kepagian, jadi memang sengaja supaya bisa jam 7 sampai di rumah sakit.

Setibanya di Eka Hospital, kuberikan surat pengantar MCU kepada petugas resepsionis dan dia memberikanku berkas dokumen yang harus kuisi sembari aku menunggu dipanggil oleh suster yang akan melakukan MCU.



MCU-nya ngapain saja sih???


Sumber: www.freepik.com

Pertama akan diminta untuk memberikan sampel urin. Jadi aku diberikan tabung kecil gitu untuk diisikan urinku. Karena ini pertama kalinya, agak gimana gitu ya ngisiin tabung kecil dengan urin sendiri >.<
Oke setelah memberikan sampel urin, lanjut dengan pengambilan darah. Siap-siap dah bertemu dengan jarum suntik...dan FYI, pengambilan darah ini memberikanku luka memar selama hampir 2 minggu. Entah kenapa bisa begitu...mungkin susternya salah posisi saat menancapkan jarum ke tanganku.

Setelah itu aku disuruh menunggu dan dokumen yang diberikan oleh petugas aku isi dengan lengkap. Saat dipanggil, aku ditimbang dan ditanyai tinggi badannya. Selanjutnya dokter memeriksa perutku. Ditanya ada bagian yang sakit atau tidak saat beliau mengetuk-ngetukkan jarinya pada perutku. Oia, dokter juga melakukan tes mata padaku.

Setelah semuanya itu, MCU pun selesai dan hasil MCU akan dikirimkan ke PT. Indah Kiat langsung. Hasilnya sendiri baru akan keluar sekitar 3-5 hari kerja. Jadi bersabar saja dah ya.. Nah setelah hasilnya keluar akan ada pemberitahuan email tentang tanggal masuk kerja. Berhubung saat proses interview itu aku belum deal tanggal masuk kerja, jadinya diberitahunya setelah MCU ini deh...

Begitulah lanjutan proses rekrutasi Sinar Mas. Biasanya sih kalau sudah masuk proses MCU, berarti sudah keterima kerja di Sinar Mas. So, good luck buat kalian yang menjadi kandidat di Sinar Mas yaw!!!

8 comments:

  1. Hi, salam kenal. Ada batasan mata minus tidak untuk lolos tes? Kamu sendiri mata normal atau minus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga
      Mataku minus cukup tinggi ๐Ÿ˜–๐Ÿ˜–๐Ÿ˜–
      Mungkin ada batasan tapi tergantung posisi yg ditempatin
      Kamu daftar di posisi apa?

      Delete
    2. Aku bagian specialist, ngecekin dokumen vendor2 gitu. Minusku tinggi soalnya. Sekarang pakai kacamata minus 5. Kamu minus berapa?

      Delete
    3. di Indah Kiat atau di mana nih?
      Oh minusku lebih tinggi dari kamu kok HAHAHA
      dicoba aja dluuu huehehehe

      Delete
  2. Saya barusan MCU masuk APP sinarmas, proses hny 2 jam, bagi yang matanya minus sewaktu tes boleh pake kacamata dan harus datang pagi jam 7, prosesnya ambil darah, urine, radiologi, timbang bobot dan tinggi badan, EKG, tes baca mata, periksa dokter umum, trus selesai, selanjutnya tinggal tunggu dihubungi HRD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Muhafi ๐Ÿ™‹๐Ÿป‍♀️ Kakak masuk APP Sinarmas mana? Yang di Jakarta kah?
      Betul prosesnya begitu...

      Tinggal menunggu dipanggil untuk hari pertama kerja ya kak hehe
      Selamat!! ^^

      Delete
    2. berapa lama untuk dihubungi hrdnya lagi mas?

      Delete
    3. Harusnya setelah MCU ini sih tidak begitu lama akan dihubungi kembali kak. Apalagi kalau posisi yang kakak tempati itu dibutuhkan cepat. Pengalamanku sih begitu ya kak.

      Delete

Powered by Blogger.