Wednesday, July 4, 2018

Series Review: Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo (2016)

Sebenernya udah dari lama aku pengen nonton ini karena temen-temen banyak ngerekomendasiin drama ini. Sempet nonton episode satunya tapi kepotong sama K-Drama yang lain. Tapi akhirnya aku kelar juga nonton drama yang satu ini.
Sumber: dramafever.com
Sutradara : Oh Hyun-Jong
Penulis : Yang Hee-Seung
TV : MBC
Genre : School Life, Drama, Slice of Life
Episode : 16
Tanggal Rilis : 16 November 2016 - 11 Januari 2017
Cast :
Sumber: asianwiki.com
Rangkuman (spoiler alert)
Kim Bok-Joo (Lee Sung-Kyung) adalah seorang ace di sekolah atlit angkat beban. Sejak kecil ia sudah menyukai olahraga angkat beban tersebut karena sang ayah, Kim Chang-Gul (Ahn Kil-Kang), juga mantan atlit angkat beban yang sekarang mengelola chicken restaurant kecil bersama Kim Dae-Ho (Kang Ki-Young), adiknya. Apalagi sejak kecil ibunya sudah tiada. Jadi ayahnya membesarkannya sendirian dan membuatnya menyukai olahraga angkat beban. Selain itu Bok-Joo ini juga punya bakat dalam hal kekuatannya yang luar biasa, sehingga ia pun mampu mendapat medali emas di perlombaan angkat beban yang ia ikuti.


Kim Bok-Joo memiliki kepribadian yang ceria dan kuat. Dia dan kedua teman baiknya, Lee Sun-Ok (Lee Joo-Young) dan Jung Nan-Hee (Cho Hye-Jung), tidak populer di kalangan laki-laki dan juga tidak mempunyai pacar. Mereka bersama tim angkat beban pun tidak memiliki hubungan baik dengan tim rhythmic gymnastic karena punya kebiasaan yang jauh berbeda yang membuat kedua tim saling ejek (tim angkat beban makannya banyak, sedangkan tim gimnastik harus diet).

Di sisi lain Jung Joon-Hyung (Nam Joo-Hyuk) adalah atlit renang yang didiskualifikasi karena melakukan false start akibat trauma yang dimilikinya. Ayahnya sudah meninggal sewaktu kecil dan ibunya menikah kembali dan tinggal di Kanada meninggalkan dirinya. Oleh sebab itu ia diasuh dan dibesarkan oleh paman dan bibinya.

Suatu hari di sekolah, Kim Bok-Joo dan Jung Joon-Hyung bertabrakan saat Joon-Hyung sedang mengendarai sepeda. Joon-Hyung merasa mengenali wajah Bok-Joo, namun ia pun lalu. Ternyata sapu tangan peninggalan ibunya jatuh dan diambil oleh Bok-Joo. Karena sapu tangan itu sangat berharga baginya, Joon-Hyung berusaha mencari-cari sapu tangan tersebut sampai akhirnya ia tahu bahwa sapu tangan itu disimpan oleh Bok-Joo. Sayangnya Bok-Joo tak mau mengembalikan sapu tangan itu karena Bok-Joo mengira Joon-Hyung sudah mencuri kaus kesayangannya yang selalu ia kenakan apabila sedang bertanding.

Tak lama Bok-Joo akhirnya sadar bahwa bukan Joon-Hyunglah yang mencuri kaus kesayangannya. Merasa bersalah ia pun mencuci dan menyetrika sapu tangan itu sebelum ia mengembalikannya pada Joon-Hyung. Setelahnya Bok-Joo pun pergi ke area kolam renang untuk menemui Joon-Hyung. Saat dikembalikan, Joon-Hyung sangat marah karena Bok-Joo sudah mencuci sapu tangan ibunya tersebut. Akibat itu Bok-Joo terdorong dan jatuh ke dalam kolam renang. Bok-Joo minta tolong karena ia tak bisa berenang. Mau tak mau Joon-Hyung pun menolongnya. Pada saat itu, mereka berdua sadar bahwa mereka saling kenal. Joon-Hyung dan Bok-Joo adalah teman satu SD dan Bok-Joo pernah menyelamatkan Joon-Hyung saat Joon-Hyung jatuh dari lantai satu.


Mulai dari situ Joon-Hyung yang usil sering mengusik Bok-Joo dan teman-temannya. Apalagi Joon-Hyung tanpa sengaja mengetahui rahasia yang dimiliki Bok-Joo. Semakin jahil lah Joon-Hyung pada Bok-Joo. Daannn kisah cinta romantis antara atlit angkat beban dan perenang pun dimulai.

Ulasan
Kalau kalian mau nonton drama ringan dengan konflik sehari-hari, drama satu ini cocok banget masuk ke dalam daftar drama yang wajib kalian tonton. Konflik-konflik yang disuguhkan tidak rumit dan benar-benar seputar kehidupan anak sekolah sehari-hari. Ya tentunya bukan anak sekolah akademik gitu karena Bok-Joo dan Joon-Hyung kan anak sekolah atlit gitu. Aku nonton ini juga karena pengen lihat wajah ganteng Nam Joo-Hyuk. #plak. Maklum sebelumnya aku suka banget sama dia di drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Tentunya setelah Lee Joon-Gi ya. Hihihi (๑˃̵ᴗ˂̵)ﻭ

Yang bikin aku suka lagi tuh karakter cewenya bukan karakter cewe menye-menye yang bodoh karena cinta buta gitu loh. Terus bukan karakter yang nguber-nguber cowonya gitu. Meski memang ada bagian dia berusaha dekat dengan cowo pujaannya tapi usahanya bukan yang bodoh gitu. Joo-Hyuk juga sukses banget meranin Joon-Hyung dengan karakter yang tengil tapi care. Aaahhh pas nonton adegan-adegan tengil dan care-nya hati ini rasanya meleleh. ٩(♡ε♡ )۶

Permasalahan-permasalahan dari karakter cowo dan cewenya juga oke pemaparannya. Setiap permasalahan yang dihadapi diceritakan juga penyelesaiannya seperti apa. Namun sayangnya untuk permasalahan yang dimiliki oleh tokoh-tokoh sampingan, seperti permasalahan Lee Sun-Ok dan Song Shi-Ho (Kyung Soo-Jin) kurang begitu dipaparkan dengan baik penyelesaiannya. Mungkin karena durasi juga kali ya. Tapi bikin aku ga puas aja dengan penyelesaiannya yang terkesan dianggap lalu dan udah aja gitu. Padahal masalah-masalah dari mereka itu cukup menarik untuk dieksplor lebih lagi.

Kemudian untuk episode-episode akhir juga aku merasa penulis sudah mulai kehilangan ide mau dibawa ke mana cerita Bok-Jo dan Joon-Hyung ini. Aku padahal pengen banget ngelihat Bok-Jo dan Joon-Hyung sama-sama berjuang untuk perlombaannya di sekolah nasional. Tapi cuma sekilas aja gitu adegannya. Tahu-tahu sudah dua tahun berlalu dan Bok-Joo serta Joon-Hyung pun akhirnya wisuda. Hmmm.

Satu lagi, aku juga ga begitu suka alur cerita cinta antara pelatih Choi Sung-Eun (Jang Young-Nam) dengan Prof. Yoon Duk-Man (Choi Moo-Sung). Lagi-lagi diakhiri dengan terburu-buru. Padahal awalnya sudah bagus tuh. Cinta bertepuk sebelah tangan sampai akhirnya sang pujaan luluh juga dan jadian.

Tapi secara keseluruhan aku suka dengan konflik-konflik yang disuguhkan. Kerasa banget keluarga dan persahabatannya. Komedi yang diberikan juga oke lah tidak berlebihan. Cukup.

Rating yang kuberikan buat drama satu ini adalah 7 dari 10. Kalau dari Asianwiki memberikan rating 92 dengan 13.978 respondennya. Waaah cukup bagus ya.
(7/10)

2 comments:

  1. udah download series ini tapi belum dilihat :"D bagus ya ternyata kak walaupun ada beberapa alur yang ngga dapet porsi cukup buat dieksplorasi. jadi makin pengen nonton XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaahh uda download langsung ditonton saja!!!! hehehe ini santai banget filmnyaaa...
      iyaa bagus ga begitu ngebosenin kok. hehehe apalagi ngeliat muka ademnya Nam Joo-Hyuk... waaah >.<

      Delete