Friday, July 27, 2018

Tips Tetap Sehat di Tengah Padatnya Aktivitas

Punya segudang aktivitas tentu mengharuskan kita memiliki tubuh yang sehat untuk dapat melakukan seluruh aktivitas tersebut. Sebagai seorang pekerja di kota Jakarta yang aduhai polusinya, tentu aku pun harus menjaga kesehatanku. Kalau sampai terserang sakit, wah yang ada aktivitasku jadi terganggu. Nah biar tubuhku ini tetap sehat, aku punya cara tersendiri nih. Mau tau? Yuk disimak.
1. Berolahraga

Doc. Pribadi

Jujur berat badanku naik semenjak aku lulus kuliah. Ya gimana tidak, olahraga saja sudah jarang. Tidak seperti saat aku masih kuliah yang sehari-harinya berjalan kaki ke sana ke mari. Nah biar perutku tak tambah buncit, aku pun mulai membiasakan diri untuk tetap berolahraga. Ga perlu pergi ke tempat gym kok. Cukup olahraga selama 7 menit di rumah setiap harinya. Olahraga apaan tuh cuma 7 menit?
Eiittss, biarpun cuma 7 menit tapi efeknya luar biasa loh. Aku tetap berkeringat dan membuat daya tahan tubuhku bagus. Kalau aku mulai malas berolahraga, wah penyakit mulai melirik dan singgah di tubuhku. Makanya guys harus rajin olahraga! Selain biar tetap sehat, minimal berat badan ga bertambah. Hihihi.
Untuk berolahraga, aku menggunakan aplikasi yang bisa kalian unduh di play store maupun app store. Aplikasinya ada banyak macamnya. Kalau aku sendiri pakai aplikasi Seven. Dengan aplikasi itu, aku terbantu untuk tetap berolahraga dengan hanya 7 menit sehari dan aku tak perlu capai-capai pergi ke luar rumah. Hihihi. Praktis kan?

2. Makan Makanan Bergizi

Nasi Hainam Campur, Doc. Pribadi
Selain berolahraga, penting banget nih untuk menjaga pola makan. Kalau setiap hari makan gorengan, yang ada kolesterol kita tinggi guys! Maka dari itu, kita juga harus menjaga pola makan kita guys! Emang sudah hukumnya makanan yang enak banget itu biasanya tidak sehat. Jadi mau tak mau kita harus membatasinya. Aku sendiri membiasakan diri untuk banyak makan sayuran dan mengurangi makan gorengan. Sesekali makan gorengan atau mie instant tak apa deh. Asal tidak setiap hari. Hihihi. Bahkan kalau mau lebih sehat lagi, kita masak makanan kita sendiri. Selain lebih higienis, juga lebih hemat di kantong. Namun sayangnya aku tak bisa masak guys. Apalagi sebagai anak kosan aku tak punya cukup waktu untuk pergi belanja bahan makanan dan memasaknya. Jadi mau tak mau aku makan di luar setiap harinya. Buat kalian yang bernasib sama sepertiku, tipsku sih pilih tempat makan yang higienis dan sehat. Misalnya saja tempat makan vegetarian atau tempat makan yang memberi label tak menggunakan msg.

3. Makan Buah-Buahan

Selain menjaga pola makan, kita juga harus rajin makan buah. Tentu kalian sudah tahu dong manfaat buah-buahan itu apa saja. Kalau aku sendiri suka makan apel, jeruk, dan minum air lemon dicampur madu. Dengan buah-buahan itu, dijamin deh aku tidak sakit. Kalau aku mulai terserang flu, biasanya aku akan langsung minum air perasan lemon dicampur dengan madu. Tentu kalian tahu dong lemon itu kaya akan Vitamin C. Nah vitamin C ini penting buat menjaga daya tahan tubuh, sebagai antioksidan, dan membantu tubuh memproduksi kolagen (protein untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, memperlambat proses penuaan, mampu menjaga keremajaan, dan mencerahkan kulit). Wah mantap banget kan tuh?! Selain tubuh sehat, kulit pun jadi tidak cepat tua! Namun terkadang aku suka malas nih meras lemon dan mencampurnya dengan madu. Untung saja ada NATSBEE Honey Lemon, minuman madu lemon yang kaya akan Vitamin C. Tinggal mengeluarkan kocek sebesar Rp 5.900, aku sudah bisa minum madu lemon dengan mudah. Jadi tidak sulit lagi nih untuk bersihkan hari aktifmu! Minumnya selagi dingin saat lagi stress dan panas, dijamin bikin hati dan pikiran adem lagi.


4. Tidur Cukup

Sumber: Pickit Free Images
Kalau nomor satu hingga tiga sudah dilakukan, nomor empat juga tak boleh lupa dilakukan. Tidur cukup itu menurutku adalah 7 hingga 8 jam sehari. Ini sangat berdampak banget buatku loh. Kalau aku sampai kurang tidur, pasti esok harinya aku pilek. Mau aku sudah rajin olahraga juga tetap saja tidur cukup itu penting buatku. Apalagi katanya kalau tidur cukup itu bisa membantu kita menurunkan berat badan. Buat cewe-cewe pasti mau dong turun berat badan dengan tidur doang? Aku sih mau. Tapi emangnya beneran? Ya sadar tidak sadar kalau kita begadang, pasti mulut juga ingin ikutan kerja. Hayo ngaku siapa yang kalau begadang pasti makan mie instant atau ngemil camilan bermicin??? Nah ini nih yang bikin kita makin gemuk. Makanya aku tuh selalu berusaha agar tidur cukup delapa jam sehari. Selain menjauhiku dari kebiasaan ngemil tengah malam, juga membantu aku tidak mudah kena pilek. Hihihi.

Nah itu deh keempat tips dariku untuk menjaga tubuh tetap sehat di tengah padatnya aktivitas. Ingat ya guys untuk menjauhi gaya hidup tidak sehat. Kalau sudah jatuh sakit, pasti aktivitas kita jadi terganggu dong!

4 comments:

  1. Kak..yang olahraga 7 menit itu butuh alat2 ga kak? Kadang ada yg butuh tangga atau bangku buat dip, di rumah adanya bangku plastik doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga butuh alat yang aneh-aneh kok
      cukup sama peralatan yang ada di rumah
      nah iya buat tricep dip atau step-up into chair gitu butuh bangku...bangku plastik bisa kok dipake. Hehehe

      btw makasih ya sudah mampir ke blogku ^^

      Delete
  2. Kak di endorse brp sama NATSBEE?? Hahahah

    ReplyDelete