Monday, April 30, 2018

Movie Review: Avengers: Infinity War (2018)

Sumber: www.imdb.com

Tinggal di kota Jakarta so pasti peminat Avengers: Infinity War ini banyak sekaleeh! Mau dapetin tiketnya saja sulit dan harus booking jauh-jauh hari. Begitulah yang aku lakukan DEMI nonton film satu ini. Bukan aku sih yang booking tapi si Kibo. Hehehe. Aku penikmatnya saja. Aku nonton di bioskop Cinemaxx yang ada di Plaza Semanggi. Sedikit review untuk bioskopnya, pelayanannya jauh ketimbang bioskop-bioskop besar lain di Indonesia. Masa ya sudah booking tiket dengan biaya jasa booking Rp 5.000/ tiket, untuk ambil tiketnya saja harus antri panjang?! Beda banget sama XXI dan CGV yang memang punya slot untuk pengambilan tiket online. Huh. Jadi menyesal nonton di sana. Terus awalnya kasir untuk beli tiket dibuka hanya satu dari tiga. Sedangkan dua kasirnya lagi dipakai untuk pembelian snack. Ya memang sih penjualan snack itu lebih menguntungkan daripada tiket bioskop. Tapi ga begini juga kali. Baru deh setelah antrian sangat mengular, dibuka satu kasir khusus untuk pengambilan tiket online. Weleh-weleh.
Daripada berkesal-kesal ria, aku mulai saja deh review untuk film Avengers: Infinity War ini!

Avengers: Infinity War
Sutradara : Anthony Russo, Joe Russo
Film Series : The Avengers film series
Produksi : Marvel Studios
Jenis Film : ActionAdventure, Fantasy
Censor Rating : PG-13
Durasi : 149 menit

Sinopsis:
Thanos (Josh Brolin) bangkit bersama para anggota Black Order untuk mecari Infinity Stones yang dapat memberikan kekuatan maha dahsyat kepadanya untuk menguasai dunia. Para Avengers lalu bersatu untuk membendung ancaman baru yang diciptakan Thanos. Mereka harus bersedia mengorbankan segalanya dalam upaya untuk mengalahkan Thanos yang kuat sebelum ia berhasil menghancurkan alam semesta.

[Review]
Menurutku film ini keren! Ceritanya benar-benar bisa menyatukan seluruh hero Marvel dalam satu film. Pasti butuh effort yang luar biasa untuk menyatukan semua hero kan??? Alur cerita juga jelas dan enak untuk diikuti. Tidak dipaksakan gitu, ngalir secara alami. Acting dari para pemainnya juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagus-bagus. Disarankan sih untuk menonton terlebih dahulu film-film Marvel sebelumnya. Untuk aku yang sampai hari ini belum nonton Thor: Ragnarok dan Captain America: Civil War pasti jadi sedikit bingung dan bertanya-tanya. Misalnya saja latar belakang Thor yang bermata satu dan kehilangan palu. Selain itu juga kenapa tim Captain America berada di Skotlandia dan perjanjian apa yang dilakukan Rhodes. Aku tidak mengerti bagian tersebut. Aku juga tak tahu penampilan Steve Roger yang baru itu memang saat di Infinity War saja atau sudah dari Captain America: Civil War ya? Tangan Bucky yang putus juga aku tak tahu alasannya. Hahaha. Tapi tak apa, aku masih bisa menikmati filmnya kok. Action-nya dapet banget. Hero-nya keren-keren dan kita bisa tahu kekuatan dari masing-masingnya. Terus komedi yang diberikan juga tidak berlebihan. Aku berikan tepuk tangan deh untuk cerita yang sudah mengalir bagus ini!

Meski begitu, aku sedikit sebal juga sih sama filmnya. Habis Dr. Strange dengan mudahnya memberikan time stone pada Thanos demi menyelamatkan Iron Man. Ah~ Kenapa dia ga pakai saja kekuatan batunya buat putar balik waktu????
Terus si Quill dengan bodohnya malah mengacaukan strategi yang sudah hampir berhasil. Dia ga sadar apa seberapa kuat si Thanos?! Huhuhu.
Aku juga agak bingung sih, si Tony Stark sama Peter Parker kok bisa bernafas ya di Titan? Padahal mereka tidak menggunakan masker luar angkasa gitu. Memangnya di Titan ada oksigen ya? Hmmm...entahlah.
Satu lagi! Kenapa Thor malah menikam jantung Thanos bukan putusin tangannyaa.... Aaaaaaa... Tapi kalau ga begitu, Thanos jadi ga terlihat kuat, not like almighty Thanos. Hahaha. Dan tentunya ga bikin penonton penasaran buat nonton film lanjutannya di tahun depan dong??

Terus karena hero yang ada di film ini ramai sekali. Jadi ada beberapa aktor dan aktris yang script-nya benar-benar seimprit. Ya aku bisa maklum sih, durasinya nanti berapa lama kalau yang ngomong banyak. Hihi. Namun semua adegannya sudah sip lah menurutku. Dan menurutku juga ada beberapa adegan yang membuat penontonnya berteori tentang lanjutan film Marvel ke depannya. 


Rating dari IMDb adalah 9.1 dari 10. Wah bagus banget ya! Tapi kalau dibanding dengan Avengers: Age of Ultron sih, yang ini jauuuhh kerennya! Di sini bisa berasa banget deh super hero yang ada itu tetap tidak sekuat itu. Jadi ada sisi human-nya gitu. Meski ending-nya menyakitkan hati, tapi film ini benar-benar layak untuk diikuti.
Rating dari aku 8 dari 10 deh. Soalnya aku merasa Thanos terlalu mudah mendapatkan batu-batu infinity tersebut. Kaya ga butuh banyak effort gitu. Trus juga karena kekecewaanku terhadap adegan-adegan yang sudah kusebutkan di atas. Hahaha. Ini benar-benar hanya opiniku ya.

(8/10)

Terakhir, seperti biasa untuk film Marvel pasti ada post credit. Jangan lupa ya untuk menonton cuplikan adegan setelah kredit. Adegannya benar-benar sampai kredit selesai. Jadi tunggu yang sabar ya. Hihihi. Buat yang penasaran sama post credit-nya, bisa baca di bagian Ringkasan di paragraf paling akhir. Selamat menonton!!

[Ringkasan] Spoiler Allert
Aku mau meringkas cerita dari film Avengers: Infinity War ini juga yah. Biar aku tak lupa sama cerita di film ini. Hihihi.
Buat yang ga mau kena spoiler, jangan baca bagian ini!!!
Film bermula dari adegan Thanos di Asgard untuk mendapatkan Space Stone yang dipegang oleh Loki (Tom Hiddleston). Para Asgardian sudah terkalahkan dan Thor (Chris Hemsworth) pun tak sanggup melawan Mighty Thanos. Loki yang dihadapkan pada pilihan dibunuhnya Thor oleh Thanos atau memberikan Space Stone pada Thanos, akhirnya memilih untuk memberikan batu tersebut karena tak sanggup melihat Thor disiksa Thanos yang saat itu sudah memiliki satu batu. Setelah berhasil mendapatkan space stone, Thanos pun meninggalkan Asgard dengan terlebih dahulu menghancurkan Asgard.
Oh ya, sebelumnya ada Hulk/Bruce Baner (Mark Ruffalo) yang bertarung dengan Thanos. Namun kekuatan Hulk ternyata masih tak sanggup untuk mengalahkan Thanos. Selain itu, ada satu adegan penting lagi, yaitu ditikamnya Heimdall (Idris Elba) yang menandakan bahwa The Gatekeeper tersebut sudah tiada. Sebelumnya, dengan sisa kekuatan Black Magic-nya, Heimdall ini berhasil mengirimkan Hulk ke Bumi untuk memperingatkan warga Bumi bahwa Thanos segera datang untuk mendapatkan dua batu yang ada di Bumi. Hulk jatuh di tempat Dr. Strange (Benedict Cumberbatch) dan Wong (Benedict Wong). Dr. Strange yang sudah bersumpah menjaga Time Stone ini pun pergi menemui Tony Stark/Iron Man (Robert Downey Jr.) untuk bekerja sama.

Sumber: www.imdb.com

Benar saja, tak lama dari pertemuan antara Dr. Strange dan Mr. Stark, lokasi mereka pun diserang oleh dua anggota Black Order. Melihat kedatangan space ship, Peter Parker/Spider-Man (Tom Holland) yang sedang karyawisata pun pergi ke lokasi space ship tersebut. Terjadilah pertarungan sengit antara anggota Black Order dengan Iron-Man, Dr. Strange, Wong, Bruce Banner, dan Spider-Man. Tentunya Black Order tersebut mengincar Dr. Strange yang memiliki time stone. Sampai akhirnya Dr. Strange pun berhasil dibawa oleh space ship tersebut menuju Titan, lokasi pertemuan dengan Thanos untuk memberikan infinity stones yang sudah didapatkan. Tentunya Iron Man dan Spider-Man berhasil ikut dalam space ship tersebut untuk menyelamatkan Dr. Strange yang telah tertangkap. Oh ya, saat pertarungan tersebut, Hulk tak mau keluar. Alasannya sendiri aku tak tahu. Yang jelas Bruce jadi beban dan harus dipindahkan demi keamanannya.
Di sisi lain, Vision (Paul Bettany) yang memiliki mind stone sebagai penyokong hidupnya tinggal bersama Wanda Maximoff./Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) di Skotlandia. Mereka yang sedang dirudung asmara namun harus berpisah tiba-tiba mendapat serangan dari anggota Black Order yang mengincar mind stone di kepala Vision. Melihat Vision tertikam, Wanda pun tak tinggal diam dan melakukan serangan balasan. Di saat-saat genting karena hampir kalah dari komplotan Black Order, datang Steve Rogers/Captain America (Chris Evans), Natasha Romanoff/Black Widow (Scarlett Johansson), dan James Rhodes/War Machine (Don Cheadle) yang menolong keduanya. Karena kalah jumlah, akhirnya komplotan Black Order pun pergi.
Setelah serangan tersebut, akhirnya Captain America dan kawan-kawan memutuskan untuk kembali pulang dan berusaha untuk melepaskan mind stone dari kepala Vision namun tetap membuat Vision hidup tanpa mind stone di kepalanya. Satu lokasi yang Captain America tahu mampu melakukannya adalah Wakanda, tempat raja T'Challa/Black Panther (Chadwick Boseman) berada. Saat operasi berlangsung, Wakanda pun diserang oleh Black Order army. Avengers yang dipimpin oleh Captain America pun berusaha menahan serangan tersebut saat Vision sedang dioperasi.
Kembali ke luar angkasa, space ship Guardian of Galaxy menuju Asgard karena mendapat sinyal bahwa Asgard dalam bahaya. Mereka pun ke sana untuk menolong orang-orang Asgard. Setelah sampai, mereka menemukan bahwa Asgard telah hancur dan kapal mereka tertabrak oleh Thor yang ternyata berhasil selamat. Thor pun menceritakan maksud Thanos menghancurkan Asgard. Dari situ Gamora (Zoe Saldana) pun mulai khawatir Thanos akan mendapatkan semua batu infitinty tersebut dan meminta Quill (Chris Pratt) membunuhnya apabila Thanos berhasil menculiknya.

Sumber: www.imdb.com

Dari situ tim Guardian of Galaxy pun terpecah. Thor bersama Rocket dan Groot pergi ke Nidavellir untuk meminta Eitri (Peter Dinklage) membuatkan senjata baru untuk Thor. Sesampai di Nidavellir, ternyata planet tersebut pun sudah dihancurkan Thanos. Beruntung Eitri masih hidup dan Thor memintanya untuk membuatkan kapak baru. Karena planet tersebut sudah hancur, Thor pun harus berusaha menghidupkan kembali bintang yang berfungsi untuk memanaskan besi bahan baku kapak. Usaha tersebut pun berhasil dan kapak baru Thor, Stombreaker, berhasil dibuat. Setelah itu, dengan kekuatan Stombreaker, mereka pergi ke Bumi untuk melawan Thanos.
Tim Guardian of Galaxy yang lain pergi ke tempat The Collector untuk menghalangi Thanos mendapatkan reality stone. Di sini Thanos menciptakan ilusi dengan menggunakan reality stone yang sudah didapatkannya untuk mengelabui Gamora. Gamora pun akhirnya berhasil dibawa Thanos kembali ke tempatnya, setelah sebelumnya Quill berusaha membunuh Gamora yang ternyata digagalkan oleh Thanos dengan reality stone-nya.
Di tempat Thanos, Gamora dihadapkan dengan Nebula yang disiksa agar Gamora mau memberitahu letak soul stone berada. Karena tak tega, akhirnya Gamora pun memberitahukan letak soul stone berada, yaitu di Vormir. Di Vormir, sudah ada Red Skull (Ross Marquand) yang menjaga soul stone. Dia pun memberitahu Thanos cara mendapatkan soul stone, yaitu dengan mengorbankan jiwa orang yang dia cintai - soul for soul. Di sini Gamora tertawa karena ia akhirnya dapat melihat ironi Thanos yang tak bisa mendapatkan soul stone karena tak ada yang Thanos cintai. Namun Gamora salah, ternyata selama ini Thanos begitu mencitai Gamora, putri angkat Thanos, sehingga Thanos akhirnya pun mengorbankan Gamora untuk mendapatkan soul stone. Pada bagian ini diceritakan juga masa lalu Thanos saat Gamora masih kecil.
Di Titan, Dr. Strange, Iron Man, dan Spider-Man sedang merencanakan strategi untuk membunuh Thanos di sana. Di sana, mereka bertemu dengan tim Guardian of Galaxy yang sudah dikalahkan Thanos di tempat The Collector. Dengan kekuatan magic Dr. Strange, ia meramalkan bahwa hanya ada satu kemungkinan untuk mengalahkan Thanos. Setibanya Thanos di Titan, pertarungan pun dimulai. Singkat cerita, Thanos yang hampir bisa dikalahkan akhirnya bisa kembali bangkit dan berhasil mendapatkan time stone dari Dr. Strange. Setelah itu, ia pun pergi ke bumi untuk mendapatkan batu terakhir, yaitu mind stone.
Di Wakanda, akhirnya pertarungan sengit pun terjadi. Vision sudah meminta Wanda untuk menghancurkan mind stone di kepalanya karena sudah terdesak. Akhirnya mind stone tersebut berhasil dihancurkan oleh kekuatan Wanda. Namun Thanos yang sudah memiki time stone, memutar kembali waktu dan berhasil mendapatkan mind stone. Lengkaplah sudah keenam batu tersebut. Thor dengan kapak barunya pun berusaha membunuh Thanos. Namun ia membidik jantung Thanos dan membuat Thanos tetap selamat dan menjentikkan jarinya yang berarti setengah populasi dunia mati.
Di sini nih diperlihatkan adegan-adegan hero yang mati karena kekuatan Thanos. Banyak banget loh yang mati. Huhuhu. Sedih.

Untuk adegan post credit, diceritakan Nick Furry dan Maria Hill sedang berpatroli dan mengalami keanehan karena ada mobil melintas dan ternyata tak ada orang yang mengemudikannya. Juga terlihat helikopter yang terbang tanpa awak. Di sana diperlihatkan pula adegan Maria Hill yang ternyata mulai menghilang. Terakhir Nick berusaha mengirimkan red signal sebelum akhirnya dia pun menghilang. Sinyal tersebut menampilkan logo Captain Marvel yang menandakan film Marvel setelahnya akan menampilkan Captain Marvel.

4 comments:

  1. review yang bagus juga kaak :) btw itu parker bisa napas ke luar angkasa karna 'baju baru'nya sudah dirancang Tony buat kondisi itu, jadinya Tony pun juga bisa dibilang udah ngedesain bajunya buat di luar angkasa juga. ya walaupun nggatau pastinya sih ada oksigen ato engga di bajunya, percaya aja deh kalo yang buat itu Tony (yg jago ngutak atik teknologi :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kalo masih pake topengnya sih aku percaya saja emang ada oksigennya. Cuma kan pas uda di Titan, mereka lepas topengnya kan. Terutama si Ironman karena topengnya kan ancur. Terus mereka tetap masih bisa bernafas dengan baik yang menandakan di Titan ada oksigen. Hahahah~

      Delete
    2. oh maksudnya pas lepas topeng wkwk iya bisa dibilang ada oksigennya kali kak :D

      Delete
    3. iyaa wkwkw pas bagian itu aku jadi bertanya-tanya hahaha
      tapi yaudadah percaya sajo

      Delete