Series Review: Kingdom (2019)

September 06, 2021

Gw sebenarnya sudah tertarik nonton ini sejak lama. Tapi baru gw maraton nonton di bulan Agustus ini. Sekalian biar uda kelar dulu dua season. Jadi gw ga kelamaan nunggu tiap episodenya tayang. Jujur gw cukup cepat nyelesein series ini. Eitsss, sebelum gw ngobrol ga jelas kepanjangan, cek dulu yuk detail soal drakor satu ini.

Sumber: asianwiki

Kingdom

Sutradara

:

Kim Sung-Hoon

Penulis

:

Kim Eun-Hee (webcomic & screenplay), Yang Kyung-Il (cartoon)

Network

:

Netflix

Based on

:

Burning Hell Shinui Nara oleh Kim Eun-Hee

Jenis Film

:

Political, thriller, drama

Total Episode S1

:

6 episode

Total Episode S2

:

6 episode

Tanggal Rilis

:

25 Januari 2019

Cast Kingdom

Sumber: asianwiki

Dan masih ada beberapa cast tambahan lainnya yang dapat dilihat dengan lengkap pada situs asianwiki.

Sinopsis Kingdom

Sepuluh hari telah berlalu sejak Raja jatuh sakit. Ratu Jo (Kim Hye Jun) dan ayahnya, Jo Hak Joo (Ryoo Seung Ryong) yang seorang Kepala Dewan Negara (Chief State Councilor) melarang siapapun juga untuk melihat Raja. Bahkan sang putra mahkota sendiri, Lee Chang (Ju Ji Hoon), juga tidak diijinkan untuk bertemu dengan Raja. Sementara itu, Kepala Dewan Negara Jo Hak Joo mengambil alih pemerintahan Joseon dan ia memerintah dengan tangan besi. Rumor pun menyebar bahwa Raja telah wafat.

Putra Mahkota Lee Chang menyadari sesuatu yang mencurigakan dan diam-diam masuk ke dalam istana Raja. Dia melihat bayangan monster melalui pintu dan mencium bau busuknya. Namun sayang, keberadaannya diketahui pengawal dan dia pun dikawal keluar dari istana. Pengawalnya, Moo Young (Kim Sang Ho) mencuri jurnal medis untuk Raja. Jurnal tersebut nyaris kosong, tapi tertulis nama tabib Lee Seung Hui (Kwon Bum Taek) sebagai tabib yang mengobati Raja. Untuk mencari tahu apa yang terjadi pada Raja, Putra Mahkota Lee Chang dan Moo Young pergi ke klinik Jiyulheon di Dongnae yang jauh untuk bertemu dengan tabib Lee Seung Hui.

Ketika mereka tiba, mereka menemukan klinik sudah hancur dan banyak mayat ditemukan di bawah bangunan. Merasa terjadi pembunuhan masal, Putra Mahkota pun menitahkan untuk membawa mayat-mayat tersebut ke balai kota sebagai bukti adanya pembunuhan dan meminta untuk mencari siapa pelakunya. Putra Mahkota Lee Chang dan Moo Young kemudian tahu bahwa staf medis dari klinik tersebut masih hidup, yaitu Seo Bi (Bae Doo Na) dan mereka pun mencari Seo Bi untuk menanyakan keberadaan dari tabib Lee Seung Hui.

Saat mereka akhirnya menemukan Seo Bi, mereka pun diberitahu bahwa mayat yang mereka lihat di klinik tidak mati, melainkan mayat tersebut akan bangkit segera untuk membunuh siapa saja yang berada di dekatnya.

Review Kingdom

Jarang-jarang nih ada drama Korea yang episodenya cuma 6 episode saja satu season-nya. Cukup singkat kan. Apalagi durasinya sekitar 45 menitan deh. Saat nonton ini, gw merasa ga cukup cuma satu episode aja. Pengen langsung dilanjut aja terusss. Hahaha. 

Jujur sebenarnya gw ga nonton episode 1 dan 2 dari Kingdom season 1 ini karena Mr. Q sudah keduluan nonton dan ga mau diputer ulang. Jadi gw diceritain aja kisahnya sama doi secara garis besar. Meski ga nonton secara full, gw sebenarnya sudah nonton sekilas-sekilas juga sih. Apa yang Mr. Q ceritain pun sudah ada sedikit gambaran di kepala karena gw udah melihat adegannya. Paling yang agak bingung pas nonton di episode tiga itu, pengenalan tokohnya. Ini siapa, itu siapa. Tapi ga makan waktu lama kok buat mengenal para tokohnya. Ga sesulit pas nonton drakor Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo yang tokohnya lebih banyak. Terutama tokoh pangeran yang ada sampe delapan deh. Gw lupa. 😅

Adegannya tentu seru dan memacu adrenalin. Terutama saat para mayat hidup bangkit dan siap menerkam orang-orang. Efek dan make-up yang dipakai bagus. Zombie-nya cukup menyeramkan dan ga abal-abal kaya efek yang ada di sinetron pada saluran TV ikan terbang. 😅 Eh tapi ada sih sebenarnya beberapa yang kelihatan fake. Contohnya saja kepala manusia yang terpenggal. Masih kelihatan fake-nya.

Awalnya, Song Joong Ki sebenarnya yang diberikan tawaran untuk memerankan tokoh Putra Mahkota. Tapi gw bersyukur Ju Ji Hoon yang mengambil peranan Putra Mahkota ini karena menurut gw dari segi paras tuh lebih cocok diperankan oleh Ju Ji Hoon dengan paras yang lebih tegas dan ga ada kesan imut-imutnya gitu. Kenapa gw bilang gini? Soalnya gw sudah pernah lihat Joong Ki memerankan scholar di Sungkyunkwan Scandal. Nah di situ tuh kesannya cantik dan imut gitu. Meski memang bisa aja sih ber-acting tegas dan penuh karisma. Tapi gw merasa Ju Ji Hoon lebih cocok di sini. Maaf ini hanya pendapat pribadi. Jangan ngamuk yang para fans Song Joong Ki. 🙏🙏🙏 

FYI, Ju Ji Hoon sendiri sudah pernah juga memerankan Putra Mahkota loh. Sebelumnya di drama Princess Hours dan gw sungguh suka banget sama doi di situ. Karakternya tegas dan cool-cool gitu dah. Eh kenapa gw malah review aktornya ya bukan series-nya. Hahaha maafkan gw yang keluar topik. 😝

Balik lagi ke review Kingdom, intrik peperangan politik di sini seru juga diikuti. Rasanya pengen banget gw bejek-bejek itu Jo Hak Joo dan clan-nya. Terlalu berkuasa banget. Gw sampe kasian lihat nasib Putra Mahkota Lee Chang. Meski begitu, Lee Chang bisa membuktikan kepada rakyat bahwa dirinya bukan pemimpin yang meninggalkan rakyat saat menghadapi masa kesulitan. Dia mau membantu rakyatnya dan mengatasi masalah bersama-sama. Bukan malah melarikan diri untuk menyelamatkan diri sendiri apalagi memanfaatkan penderitaan rakyat untuk mendapatkan kekuasaan. Suka deh sama karakternya Putra Mahkota Lee Chang di sini.

Misteri yang dihadirkan juga cukup bikin penasaran. Kenapa mayat-mayat bisa bangkit kembali, asal muasal pandemi mayat hidup, cara mengatasi para mayat hidup, dan intrik-intrik politik keji yang dipakai Jo Hak Joo maupun Ratu untuk mendapatkan kekuasaan, semuanya dibuka satu per satu pelan-pelan. Sampai akhirnya ketemu titik terang. Nah makanya nih gw nonton ini cukup cepat karena penasaraaaannnn.

Ada beberapa adegan yang menurut gw hiperbola, ya namanya juga drama ya, drama Korea tuh tipikalnya suka mendramatisir. Maaf ini pendapat gw pribadi sih. Salah satu adegan yang menurut gw lebay tuh saat dikejar-kejar mayat hidup dan salah satu orang tergigit. Nah karena tahu sudah tergigit dan orang tersebut sebentar lagi akan berubah jadi mayat hidup, dia pun melilitkan rantai untuk menyambungkan dua pintu besi yang sudah rusak (ga bisa ditutup gitu) dan menancapkan pedang ke perutnya jadi pengunci rantai gitu. Istilahnya dia jadi kaya palang penutup pintu dan dirinya rela digigit oleh para mayat hidup yang mengejar. Aksinya cukup heroic dan di situ gw suka sih dengan aksinya. Tapi efek dramanya, teman-teman yang lain terdiam dan salah satu dari yang masih hidup maju mendekatinya dan menggorok lehernya agar segera mati. Darah pun bermuncratan dan agak lebay sih di sini adegannya.

Terus ada juga nih adegan lebay saat Putra Mahkota memukul lapisan es di atas danau menggunakan tinju tangannya. Awalnya ditembak gitu pakai senapan. Tapi lapisan es ga berhasil retak. Terus amunisinya abis, dipukul-pukul pakai senapannya. Masih ga retak, akhirnya dipukul pake tinju tangan. Dalam hati gw berkata, "Ya pukulnya pake senapan toh ya. Masa tinju lebih kuat daripada pake senapan yang dari besi??? Tangan berdarah, lapisan es juga kaga hancur." Secara logika, harusnya sih ga usah pake kepalan tinju buat mukulnya.

Lalu ada juga nih yang aneh. Kembali ke adegan heroic palang pintu tadi. Jadi pintu itu tuh kaya akses keluar masuk ke kota gitu. Saat para mayat hidup sudah ga ngerubungin pintu tadi, Putra Mahkota dan kawan-kawan berniat pergi keluar kota lewat pintu itu malam-malam. Tentu sebelumnya sudah memancing para mayat hidup ke sisi yang lain supaya pintu tadi bisa dipakai untuk keluar. Setelah Putra Mahkota dan kawan-kawan keluar, mayat si heroic tadi pun dibaringkan ke sisi pintu dan ditutupin penutup sebagai tanda penghormatan gitu. Terus habis pergi keluar, masa pintunya ga ditutup lagi? Nanti mayat hidupnya bisa masuk ke kota dong?

Oia, buat yang ga suka gore, sebaiknya sih ga nonton ini. Tentunya jangan juga nonton ini bareng sama anak kecil. Adegannya berdarah-darah dan kejam. 🩸🩸🩸🧟‍♂️🧟‍♀️

FYI, sedikit spoiler, ending season duanya masih agak menggantung dan di situ akhirnya gw melihat si cantik Gianna Jun yang memerankan Ashin, karakter wanita misterius yang ditemui Putra Mahkota dan rekan-rekannya di daerah Utara. Katanya sih lanjutan dari series Kingdom ini adalah Kingdom: Ashin of the North yang sudah tayang tanggal 23 Juli kemarin. Saat me-review ini, gw belum nonton filmnya tapi akan segera ditonton. Hehehe. Awalnya gw kira Ashin akan muncul di season dua dan main bareng sama Putra Mahkota. Eh taunya cuma muncul sebentar di episode akhirnya. Ckck.

Rating dari IMDb untuk series ini bagus loh, yaitu 8,4. Jarang-jarang kan tuh dapet 8 dari IMDb. Gw sendiri pun kasih rating 8 untuk series ini. Seru, ga terlalu bertele-tele, dan setiap karakternya diperankan dengan baik. Bisa membuat gw emosi juga saat nontonnya. Hehehe.

⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐(8/10)

10 comments:

  1. Ciii, aku juga setuju kalau Ji Hoon yang memerankan putra mahkota karena kalau Joongki yang meranin sepertinya kurang cocok walaupun aktingnya sama-sama bagus tapi imagenya beda banget satu dan yang lain hahaha.
    Terus nanti ada Kingdom 3, Ciii. Mungkin Ashin akan muncul di sana tapi aku kurang tahu juga karena belum nonton Ashin 🤣
    Kingdom sendiri menurutku salah satu drakor yang fresh banget dan bikin nggak bisa berhenti nonton saking seru + penasaran 😂. Akupun selalu nggak sabar nunggu seasons berikutnya karena ceritanya memang menarik dan thrillingnya tuh dapet 👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaaannn… secara kesan tuh Joong Ki kurang cocok. Soalnya mukanya cantik kan haha sedangkan Putra Mahkota di si itu butuh tampilan yang keras karena hidupnya aja uda keras gitu. Berjuang sendirian haha

      Iyaa akan ada Kingdom 3. Pasti sih, wong ending season 2 nya masih gantung kaannn… Nonton dulu tapi yang Ashin Li biar lebih paham misteri soal si mayat hidup hehe

      Delete
  2. HUWAAAAA MBAAAAKKK AKU SAMA MAMA TUH SUKA BANGET SAMA DRAMA INIIII ❤️❤️❤️
    eh, tapi ngerasa nggak sih kok di season 2 itu full semua episode nya ulangan dari season 1 ya? iya ga sih?
    padahal aku udah kepo banget kelanjutannya gmn huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu yaaa ❤️❤️❤️

      Masa sih? Engga juga ah kak. Musti tunggu Kingdom 3 nih biar ga gantung heheh

      Delete
  3. belum nonton ini mbak dan aku list dulu ahh kalau gitu
    menarik juga nih, apalagi jumlah episodnya nggak banyak, nahh yang kayak begini aku demen, ga banyak episod dan ga bertele-tele juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo kak Ainun untuk masukin ke listnya hehehe
      Film yang mayan buat pacu adrenalin juga nih. Terutama pas kejar-kejaran sama mayat hidup eheheh

      Delete
  4. Mbak, aku belum nonton serial Kingdom ini, tapi kalo lihat review nya sepertinya seru ya.

    Jadi intrik politik menuju tahta kerajaan yang jadi intinya ya, jadi ada putra mahkota kerajaan yang cari tahu apa sebenarnya yang terjadi, akhirnya malah dikejar-kejar zombie.

    Cuma sayangnya 6 episode doang ya, harusnya drama bagus seperti ini minimal 60 episode, bagusnya malah 600 episode biar diputar-putar dulu kayak sinetron ikan terbang.😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibilang begitu mas Agus. Perebutan tahta kerajaan gitu.

      Wadooow kalo kebanyakan malah nanti ngebosenin mas. Ceritanya jadi bertele-tele wkwkwk 🤣🤣

      Delete
  5. Filmnya aku udah nonton, tapi drakornya malah beluuuum hahahah. Ntr deh, pasti bakal aku tonton sih, cuma belum tau moodnya kapan :D. Aku tuh gitu mba, nonton drakor itu hrs moodnya dulu. Lagi mood yg lucu, romance ,thriller ato horror :p.

    Suamiku malah yg udh nonton. Tapi aku ga mau bareng nonton , soalnya dia kalo udh nonton, bisa dihajar Ampe tamat wkwkwkwk. Ga kuat mataku hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton ini kalo lagi pengen pacu adrenalin kak. Soalnya agak tegang gitu ya ngeliat adegan dikejar-kejar zombie hehee Terus greget gitu sama intrik politiknya. Gemeees dah pokoe.

      Wadoowww. Kalo digeber maraton sampe abis cape juga sih kak. Ini aku nontonnya paling kalo lagi seru, sehari 2 episode aja hahah

      Delete

Powered by Blogger.