Series Review: Mr. Hiiragi's Homeroom (2019)

October 22, 2020

Aku tertarik untuk nonton Mr. Hiiragi's Homeroom ini karena baca random review dari seorang blogger yang aku ga kenal karena aku pun cuma browsing dengan kata kunci "Rekomendasi Drama Jepang" terus aku mampirlah ke blog tersebut. Salah satu rekomendasinya Mr. Hiiragi's Homeroom ini.

Mr. Hiiragi's Homeroom - Sumber: Give It a Shot

Mr. Hiiragi's Homeroom - 3年A組-今から皆さんは、人質です-

Sutradara

:

Naoko Komuro, Yuma Suzuki, Itaru Mizuno

Penulis

:

Shogo Muto

TV

:

NTV

Jenis Film

:

Misteri, Sekolah

Total Episode

:

10 episodes

Tanggal Rilis

:

6 Januari – 10 Maret 2019

Cast

:

 

Sumber: asianwiki

Sinopsis Mr. Hiiragi's Homeroom

Ibuki Hiiragi (Masaki Suda) adalah seorang guru kesenian. Dia adalah wali kelas 3A dan mulai mengajar kelas SMA ini sejak dua tahun yang lalu. Sepuluh hari sebelum hari kelulusan, Ibuki Hiiragi berdiri di hadapan kedua puluh sembilan muridnya, termasuk Sakura Kayano (Mei Nagano), dan memberitahu mereka bahwa mulai saat itu, mereka menjadi sandera.

Review Mr. Hiiragi's Homeroom

Awal-awal nonton, sudah disuguhkan muka ganteng Masaki Suda dengan kacamata bulat dan kali ini ia berperan menjadi guru SMA. Seperti yang aku bilang pada pos sebelumnya, aku pertama kali kenal dia itu saat nonton Todome no Kisu dan dia berperan jadi seorang homeless.

Baca juga: Review Todome no Kisu

Adegan awal itu sudah menampilkan adegan bunuh diri dari Ibuki Hiiragi di tanggal 10 Maret... Hmm plotnya sepertinya akan alur mundur nih.

Tapi apakah ini ending dari Mr. Hiiragi's Homeroom? Hmm, membuat sedikit penasaran untuk terus melanjutkan nonton series satu ini.

Dari sisi cerita, setiap episodenya akan menguak setiap misteri. Tentu saja ya tiap kali satu episode selesai, aku langsung dibuat penasaran! ASELILAH BIKIN PENASARAN PISAN #ganyante

Lalu, lagi-lagi aku selalu merasa banyak adegan "lebay" tiap nonton dorama Jepang. Apa karena tipikal dorama Jepang begini ya?? Lebay di sini misalnya ada adegan Hiiragi-sensei yang ngomong dengan intonasi tinggi kepada salah satu muridnya dan muka mereka hadap-hadapan sejauh sepuluh jari berjejer lah kira-kira. DEKEEETT banget! Terus adegan berantemnya tuh bisa ada adegan loncat kaya di film Power Ranger lagi lawan monster gitu. Hehe. Kebayang ga?

Terus Hiiragi-sensei ini tuh ngomel-ngomelnya sungguh luar biasa. Teriak-teriak, tarik kerah muridnya, mukul muridnya, ya lebay gitu deh. Kalau ada guru kaya begini sekarang, bisa-bisa kena laporan orang tua murid dan diboyong ke kantor polisi dah.

Meski begitu, dengan acting "lebay" tersebutlah bikin makna yang mau disampaikan dalam series ini 'terasa'. Bagus menurutku maknanya. Tiap episode ada aja makna yang mau disampaikan kepada para penonton dari masing-masing kasusnya. Salah satunya "bijak dalam menggunakan sosial media".

Musik yang dipakai menurutku sudah oke. Meski ga sampe bikin aku terngiang-ngiang juga. Lagu penutupnya cukup seru gitu. Up beat cocok lah kaya buat anak sekolah gitu.

Selain menyuguhkan misteri, dalam series ini juga ada sedikit drama. Ya diselipkan nasihat guru kepada muridnya. Juga ada sedikit komedi yang diberikan dengan kehadiran Yamato Takechi sensei (Seiichi Tanabe). Aduh aku sama suami ngakak-ngakak pas scene dia nyuruh kepala sekolah pegangin pialanya. 😆😆😆

Secara keseluruhan, ini tontonan yang cukup seru! Ada adegan pukul-pukulan tapi ga gore bersimbah darah muncrat-muncrat gitu. Adegan berantem  guru dan murid, tonjok-tonjokan aja gitu. Namanya juga jadi sandera, tentu ada perlawanan dong ya.

Rating dari IMDb untuk Mr. Hiiragi's Homeroom adalah 7,4. WHAT?! Kenapa cuma segitu???? Menurutku series ini bisa dikasih bintang 8 dari 10! Di samping adegan drama yang kadang lebay dan bosenin, tapi makna dibalik itu tuh bagus gitu. Nasihat guru kepada murid supaya jadi orang dewasa yang "bener".

⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐(8/10)

10 comments:

  1. finally! done watching .. this drama is totally disturbing right ... but so good

    ReplyDelete
  2. Seram bacanya, mbaaa :))

    Jadi ingat film Jepang pertama yang saya tonton jaman dulu, yang kayaknya bercerita soal anak-anak sekolah juga. Battle Royale kalau nggak salah, which is mirip-mirip Hunger Games di mana harus saling bunuh untuk survive. Hadeh, habis menonton itu langsung nggak nafsu makan berhari-hari hahahahaha :))

    Terus baca sinopsis cerita ini semacam kasih vibe serupa. Tapi kenapa nggak ada spoilernya lengkapnya, mbaaa. Huaaaa, kan jadi penasaran :"""D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Eno! Bayanginnya jangan yang serem-serem kaya Stranger from Hell! >.<
      Ini mah kaga ada apa-apanya kalau dibandingkan Stranger from Hell. Masih bisa ditonton bareng anak SMP/SMA lah hahaha

      Wah kalo Battle Royale yang kak Eno ceritain itu baru serem karena harus bertahan hidup kaan. Ini pure buat mencahin misteri kok hehehe

      Ah mungkin tambahannya, seluruh murid kelas 3A tersebut disandera untuk menguak misteri bunuh dirinya Reina Kageyama (salah seorang teman kelasnya). Masih penasaran kak? Nonton aja filmnya kak! > D <

      Delete
  3. Ah, iya, Battle Royale juga punya vibe serupa. Tapi ada yang lebih mirip, Jepang juga. Tapi saya lupa judulnya.

    Set sekolah dengan genre misteri memang biasanya menjanjikan dan seru. Belum pernah benar-benar ngikutin serial Jepang. Ini nonton dimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum nonton Battle Royale hehe Nanti coba nonton juga ah. Sepertinya menarik.

      Iyaa seru. Ssttt jangan bilang-bilang yaa. Aku donlod seriesnya dari www1 (dot)dramanice(dot)site/drama/mr-hiiragis-homeroom-detail

      Di situ banyak banget serial drama baik dari Korea, Jepang, China, Taiwan, Thailand, ya pokoe Asia deh hehehe

      Delete
  4. akhirnya punya list baru nieh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Inia. Makasih sudah mampir di mari hehehe

      Iya silahkan kak ditonton. Menarik dan penuh makna hehe Meskipun actingnya lebay yaaa tipikal drama Jepang hehe

      Delete
  5. Karena postingan ini dan Todome no Kisu saya jadi mikir lagi, emang se-lebay itu kah drama Jepang? wkwkwk

    Setelah saya ingat2, ternyata ada tiga jenis dorama dari segi ke-lebay-annya. Yang pertama lebay karena bawaan cerita (kayak dorama Mr. Hiiragi's, Nodame Cantabile, Hana yori Dango, dll), yang kedua emang yang main ga gitu pinter akting jadi terlihat kurang natural dan bikin saya "kurang selera" buat nyelesaiinnya (kayak Todome no Kisu), sama yang hawanya dataaaar banget, sebenarnya ada konflik pun dibawakan dengan datar hahaha (contohnya Midnight Diner)

    Dan saya perhatikan lagi, hawa-hawa "lebay" itu seperti bawaan dari komik atau anime yang sungguh ekspresif dan berbeda sekali dengan keseharian orang Jepang yang kalau saya lihat yang paling mendekati itu seperti di Midnight Diner tadi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaga sorry kak Hicha baru balaasss >.< Jadi kelelep komennya kak Hicha huhuhu

      Lebaaaay kak Hicha!!! Aku selalu ngerasa dorama Jepang tuh punya kekhasan lebaynya gitu hahaha

      Wah Nodame Cantabile ada doramanya ya? Aku baca manganya hehehe

      Aku kurang sependapat kalo yang main Todome no Kisu kurang pintar akting haha Menurutku ini masih masuk ke jalan cerita yang emang dibikin lebay hahaha Dan karakternya memang dibikin kaya gituuu Soalnya Yamaken main jadi di Alice in Borderland kan. Nah sama ada lebay-lebaynya juga tapi ga selebay di Todome no Kisu sih hahaha Aku pikir di Todome no Kisu tuh memang dituntut bikin karakternya begitu ahaha

      Nah iya aku sependapat tuh. Dibikin lebaynya tuh kaya manga ato anime gituuu. Kan di kehidupan nyata ga mungkin sampe segitunya kaaan hahaha
      Aku sudah nonton Liar Game versi Jepang dan versi Korea. Nah kalo Korea tuh dramatisir gituu dari segi romance-nya. Kalo Jepang ada "lebay" yang ga bisa dapet dimainkan sama aktor-aktris Korea. Makanya aku masih tetap pilih yang versi Jepang karena lebih dapet aja ya buat aku. Hahaha

      Delete

Powered by Blogger.