Jahe VS Temulawak

https://1.bp.blogspot.com/-TxwCTkLd8IU/X4_TCG7HA9I/AAAAAAAAVTc/oDx-0ZsS9Rw8uPA617B248zbETbgSWFCwCLcBGAsYHQ/s640/Jahe%2BVS%2BTemulawak
Jahe VS Temulawak

Jahe VS Temulawak - Siapa di sini yang ga tau bentukannya jahe atau temulawak?? πŸ–πŸΌπŸ–πŸΌ

Itu di gambar sudah aku sematkan bentukan jahe dan temulawak. Hehe. Kalau jahe sih sudah sering ya. Dari kecil sudah diajarkan tentang bentukan jahe seperti apa, aromanya seperti apa, serta manfaat dari jahe sendiri. Kalau temulawak, jujur saja aku tidak pernah melihatnya secara langsung. Jadi kalau ditanya bentuknya seperti apapun aku baru tahunya setelah googling. πŸ˜Ž

Sejak COVID-19 merebak, jahe atau lebih tepatnya jahe merah, menjadi primadona dan diyakini mampu menjaga daya tahan tubuh di masa COVID ini. Sempat loh di pasar-pasar itu sulit sekali mendapatkan jahe. Kalaupun dapat, harganya na uju bile min jalik.... Mahal ceu. Untungnya sekarang sudah stabil kembali. Dasar ya emang hukum ekonomi sungguh berlaku. Kalau permintaan banyak, suplai sedikit, sontak saja harga melambung. Huft.

Eh tapi aku bukan mau ngomonging ekonomi. Melenceng jauh ceu sama judul pos ini. Hehe. Jadi aku pengen bikin kompetisi kecil-kecilan antara si jahe dan si temulawak. πŸ˜†

Langsung saja!



Wah kalau lihat dari segi manfaat, ternyata si Jahe ini lebih banyak manfaatnya yak. Terus aku iseng nanya gitu di IG Story lebih suka jahe atau temulawak. Ternyata teman-teman IG-ku tim Jahe! Aku sendiri sih pun lebih suka jahe karena ada efek "anget" di badan.

Jadi kompetisi Jahe VS Temulawak ini dimenangkan oleh JAHE! Selamat ya JAHE!!! πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰ #gapenting

FYI, sekarang sudah ga sulit loh buat dapetin minuman ekstrak jahe ataupun temulawak murni. Tentu selain dengan ekstrak sendiri, bisa juga dengan beli minuman dengan ekstrak jahe ataupuun temulawak. Nah berhubung aku ga mau repot, aku lebih milih buat beli minuman ekstrak jahe atau temulawak saja deh. Tinggal seduh pakai air hangat dan bisa langsung diminum.

Nih salah satu merk minuman ekstrak jahe dan ekstra temulawak

https://1.bp.blogspot.com/-CP3OsLRgFE0/X4_sNAjJTPI/AAAAAAAAVUc/Fm4Q74VwIrYUG4wLGEpcEZCJH01SHc4lACLcBGAsYHQ/w320-h320/Jahe%2BMerah
Minuman Jahe Merah
https://1.bp.blogspot.com/--2RNGZzuf5Y/X4_sX4AnKvI/AAAAAAAAVUg/LyqmpM0rUrwQG5k8YW0uA0bBBy7WngycACLcBGAsYHQ/w320-h320/Temulawak
Minuman Temulawak

Kedua minuman tersebut bisa dibeli lewat e-commerce kesayangan kalian atau bisa klik langsung di sini.

Jahe Merah             Temulawak

Aku juga sudah fotoin komposisi dari minuman jahe merah dan minuman temulawak tersebut.

Komposisi

Soal rasa sih ga perlu ditanya, berasa banget ekstraknya. Bahkan saat sedang nulis pos ini pun aku sambil menikmati segelas jahe merah hangat. Tenggorokan langsung hangat ceu di saat suasana dingin-dingin mau hujan gitu... Ntaps dah.

Kalau kalian gimana? Pilih si JAHE atau si TEMULAWAK?

20 comments:

  1. Sekarang jadi makin praktis ya kak, dengan minuman ekstrak jahe dan temulawaknya.
    saya juga lebih suka jahe kak, karna jahe bisa dibuat menjadi minuman bandrek. 😁

    Oh iya tadi barusan aja kepoin IG nya kakak. 😜😜😜 furifuri isinya makanan semua. Tak lupa intip Sorotan nya mulai dari Tokyo sampe jkt. πŸ˜πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makin praktis. Ga perlu ekstrak sendiri hehehe
      Iya nih banyak yang masuk ke tim jahe yak. Si Temulawak pamornya kurang πŸ˜…
      Bandrek tuh isiannya apa yak? Aku sering denger dan sering nemu orang yang jual, tapi kayanya ga pernah nyobain bandrek deh

      Iyaaa isinya makanan hahaha maap gembul πŸ˜†

      Delete
    2. Bandrek itu terbuat dari jahe yang di parut kak, atau bisa di blender, trus air nya di saring pake saringan teh, trus tambahin gula, lebih enak lagi pake susu, wwuuiihhh mantep bener kak Pris. Anget ditenggorokan bagus untuk mencegah batuk dan gatal pada bagian tenggorokan.

      Delete
    3. Hoalaaaa Itu toh bandreek! Iya itu mantep pasti ya, anget-anget manis ke tenggorokan hehee

      Delete
  2. Jahe, temulawak, dan ada 1 lagi yang bentuknya mirip yaitu lengkuas. Itu kalau 3 akar ini dijejerin, sulit banget bedainnya 🀣

    Kalau aku, karena belum pernah coba temulawak, jadi aku tim jahe 🀭. Tapi sebenarnya, aku juga yang nggak terlalu suka minum minuman herbal seperti ini πŸ˜‚. Masih bisa minum, hanya saja kalau nggak ada, ya nggak nyariin πŸ™ˆ

    Kalau udah ada bentuk ekstraknya gitu, praktis sekali dong, Ci 😍. Tinggal diseduh aja gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ketiganya kalau dijejerin mirip ya. Tapi kalau dibelah dan dicium wanginya tuh baru berasa bedanya! Hehehe Ga sulit kok Lia bedainnya kalau dilihat langsung hehe Apalagi warna dalamnya kan lain. Jahe warna kuning pucat, lengkuas pink2, temulawak oren gitu hehehe

      Temulawak sejujurnya manis loh. Kalau ga suka yang bikin anget-anget gitu, minum temulawak lebih enak.

      Iya itu tinggal seduh aja kaya bikin segelas milo hehehe Sungguh praktis. Apalagi kalau badan mulai berasa ga enak, langsung aku seduh si jahe atau ga si temulawak. Hehe

      Delete
  3. Kalau saya suka jahe mba πŸ˜†

    Jahe ini mau jadi minuman apapun rasanya bisa enak yah. Paling suka kalau diolah jadi minuman hangat. So yummmyyyyyy πŸ˜‹

    Namun di keseharian, saya lebih sering minum Kunyit Asam daripada minuman jahe, mba. Hehehe. Yang saya suka dari negara kita, herbalnya ada banyak dan mostly enak-enak πŸ˜πŸ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tim jahe juga nih kak Eno!

      Aku sejak SD, tiap beli jamu buyung upik di mbok-mbok jamu yang lewat, terus udahannya dikasih jahe gula merah kan. Itu rasanya enak banget! Dari kecil aku sudah suka hahaha

      Wah kalau kunyit asam aku ga gitu sukaa >.< Mending jahe deh apalagi dibikin sekoteng hehehe
      Iya bersyukur kita tingggal di negara yang kaya akan rempah-rempah. 😊😊

      Delete
  4. aku pecinta jahe nih, apalagi kalo dipadukan sama sereh. Nah, pas awal2 covid datang itu, aku itu jujur baru pertama kali lihat secara langsung yang namanya temulawak. belum pernah bikin makan pake temulawak doank sih, agak aneh rasanya. Tapi temulawak nih baunya mayan kuat jg sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kak Ghina sukanya pakai sereh ya. Memang perpaduan keduanya enak juga! Kayanya kalau makanan dari temulawak aku ga pernah nemu deh kak. Lebih ke minuman. Kalau makanan pakai jahe sih sudah sering ya. Hehe

      Iya bau temulawak menurutku lebih enak ketimbang jahe kak. Cuma ga ada efek angetnya ituu. Jadi tetap aku suka jahe hehehe

      Delete
  5. Hampir semuanya suka jahe. Ya memang jahe lebih disukai karena rasanya lebih enak dan juga bikin badan hangat. Kalo temulawak itu pahit, mana ada yang doyan, hidup ini aja udah pahit.πŸ˜‚

    Dulu jahe memang mahal, masa sekilo sampai 50k, sekarang sudah turun sih jadi 30k, tapi sebelum ada pandemi cuma 15k.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah temulawak aslinya pahit ya kak Agus? Soalnya minuman temulawak yang aku minum itu maniiiss. Ga ada pahit-pahitnya. Jadi aku suka-suka ajaa. Kupikir rasa temulawak begituu πŸ˜‚

      Iyaaaa harga jahe jadi melambung karena diborongg saat pandemi merebaak. Untung sekarang sudah mendingan yaa

      Delete
  6. Aku pilih jahe!!
    Eh buset, udah nyeblak aja, g pake salam.
    Halo Kak Frisca, hehehe..

    Ini ngingetin aku pas awal-awal coronce, nyetok jahe dan tiap pagi bikin air jahe anget gitu.
    Terus sempet juga pas batuk yang gatel banget, aku minumin jahe (soalnya males minum obat), sembuh deh.
    Kalau sekarang, lagi males minum jahe, aku ganti jeruk peras, biar seger-seger asem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gapapa kak ga pake salam juga πŸ˜† Aku tetep welcome huehehe

      Itu kalau lagi batuk, minumin jahenya pake gula lagi ga si kak? apa murni air jahe tok?
      Iya alternatif lain minum air jeruk peras ya. Segeeerr

      Delete
  7. jadi inget racikan jahe dan teh bikinan ibuk di rumah sesaat sebelum bapak pulang nih, hihi..

    btw sekarang mah udah ada yang instan ya kak. jadi gampang kalo mau minum yang anget-anget. enaknya dapet, sehatnya juga dapet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah racikan ibu biasanya sedaap tuuuh

      Iya sekarang uda ada yang instan2 niih. Ga repot musti ekstrak jahe atau godok jahe sendiri. Tinggal seduh aja pakai air hangat trus aduk dan minum hehehe...

      Delete
  8. 2-2 nyaaaaa kalo akuuuu ;). Temulawak LBH familier Krn dulu papa selalu nyaranin minum ini pas kuliah , zaman msh sering begadang mba. Biar livernya sehat. Makanya aku LBH terbiasa Ama rasa temulawak sbnrnya.

    Tapi jahe juga sukaaaa ;). Apalagi yg dibikin bandrek. Minuman yg di atas aku prnh coba yg jahe doang. Temulawak nya blm. Ntr ah mau coba. Biasanya aku coba temulawak yg udh bntuk bubuk soalnya :). Blm prnh yg bntuknya padat gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woow uda rutin minum temulawak ya sejak kuliaah. Tapi katanya kalau ekstrak sendiri pahit kak rasanya?

      Temulawak dari minuman yang dipos sama aku ini rasanya maniiss... Enak. Jadi aku kira temulawak memang seenak ini rasanya hahaha

      Delete

Follow Me

Instagram

Labels