Mengapa Mengalami Mimpi Buruk?

February 10, 2020
Mimpi Buruk - Sumber: freepik.com
Mimpi buruk. Setelah sekian waktu lamanya ga pernah mimpi buruk, baru kemarin di akhir bulan Januari aku mengalami mimpi buruk. Terus aku jadi kepikiram, kira-kira mengapa kita mengalami mimpi buruk? Apa sih penyebab yang memicu mimpi buruk terjadi? So, aku mau bagi informasi bermanfaat dulu perihal mimpi buruk. Menurut artikel dari alodokter.com, mimpi buruk terjadi secara spontan, khususnya pada orang dewasa. Mimpi buruk pada orang dewa ini dapat dipicu oleh gangguan tidur seperti sleep apnea dan restless leg syndrome, yaitu dorongan untuk bergerak saat kita ingin tidur. Secara umum, mimpi buruk ini terjadi karena beberapa hal seperti:
  • Kurang Tidur
  • Sumber: freepik.com
    Perubahan jadwal tidur yang membuat kurang tidur dapat membuat kita mengalami mimpi buruk. Insomnia juga bisa meningkatkan terjadinya mimpi buruk. Memang ada baiknya kita harus teratur untuk pergi tidur supaya kualitas tidur kita baik dan terhindar dari mengalami mimpi yang tak menyenangkan.

  • Trauma
  • Sumber: freepik.com
    Mengalami kecelakaan, cedera, atau pernah mengalami pelecehan seksual dan kasus ekstrim pemerkosaan dapat memicu munculnya mimpi buruk. Mimpi buruk lebih sering muncul pada penderita post-traumatic stress disorder (PTSD).

  • Stres dan Cemas
  • Sumber: freepik.com
    Stress akibat aktivitas sehari-hari, tekanan di tempat kerja, atau karena kesedihan yang mendalam karena kematian keluarga, ataupun kecemasan terhadap suatu hal dapat memicu mimpi buruk.

  • Penggunaan Obat-Obatan
  • Sumber: freepik.com
    Penggunaan obat-obatan seperti antidepresan dapat memicu mimpi buruk. Apalagi kalau menggunakan narkoba.   
  • Membaca Buku atau Menonton Film Horor
  • Sumber: freepik.com
    Siapa yang pernah abis nonton film horor terus malamnya mimpi buruk??? Ya ini wajar sih membuat mimpi buruk terjadi. Apalagi kalau selesai nonton horor terus pergi tidur. Wah aku suka nih begini. Makanya paling ga suka nonton film horor.
  • Mengkonsumsi Alkohol
  • Sumber: freepik.com
    Ternyata konsumsi minuman beralkohol juga menjadi salah satu faktor pemicu mengalami mimpi buruk loh guys. Padahal ada yang bilang minum alkohol bikin enak tidur. Kontradiktif ternyata.
Setelah mengetahui faktor-faktor pemicu terjadinya mimpi buruk, dapat kusimpulkan bahwa aku mengalami mimpi buruk kemarin karena kurang tidur deh. Aku sudah menjadwalkan agar aku rutin tidur tiap jam 22.00 WIB dan bangun pukul 06.00 WIB. Namun apadaya, jadwal hanyalah jadwal. Realitanya aku tidur bisa tengah malam dengan jadwal bangun yang tetap. Ya pastilah aku kurang tidur.

Jadi apa isi mimpi burukku kemarin? Yuk intip cerita mimpi burukku di sini. Buat yang kepo aja sih. Hehehe.

2 comments:

  1. Saya di tahun kemaren sering mimpi buruk, rata-rata kayak mimpi dikejar ular, hihihi.
    Memang agak stres sih, bahkan depresi i think.
    Alhamdulillah di tahun ini saya fokus menulis dan menulis sampai capek, jadinya tiap kena bantal langsung lelap, nggak pakai mimpi-mimpian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadooow pasti ga enak banget tuh kalo sering mimpi buruk. Kualitas tidurnya jadi ga mantep kan...

      wah bagus deh ya uda bisa manajemen stresnya! emang nulis bisa bikin lupa sama stress.. semangat nulis terus kaka!!! ^^

      Delete

Powered by Blogger.