Choco Lava Soft Cookies ala pufflova

January 14, 2020
Choco Lava Soft Cookies ala Pufflova
Halo halo...
Buat yang kenal sama aku, pasti akan takjub pas tau kalau aku baking. Tenang-tenang. Aku ga seburuk itu dalam hal mengolah bahan menjadi sesuatu yang bisa dimakan kok. Jangan seburuk itu menilai aku. Hahahaha...Nah jadi weekend kemarin itu aku dan adikku membuat Choco Lava Soft Cookies ala pufflova. Kenapa ala pufflova? Karena resep yang kami coba itu milik pufflova, salah satu vlogger tentang cooking yang bisa kalian intip resep-resep mantepnya di sini.

Choco Lava Soft Cookies ala pufflova


Resepnya bisa kalian lihat di gambar berikut:
Resep Choco Lava Soft Cookies ala pufflova
Jadi yang perlu kalian siapkan adalah
Bahan
200 gr terigu (aku pakai tepung terigu segitiga biru)
  50 gr gula pasir (aku pakai gula yang ada di rumah, entah merk apaan, kayanya merk alfamart deh)
  50 gr brown sugar/gula palem (aku pakai merk sedapatnya aja dari toko bahan kue)
    1 sdt vanilla (pake merk kupu-kupu kalo ini)
150 gr mentega cair (pakai blueband trus dicairin)
  50 gr choco chip (ini juga tanpa merk, sedapatnya dari toko bahan kue)
1,5 sdt baking soda (pakai merek kupu-kupu lagi)
   1 butir telur
   1 buah selai cokelat (merk nutella biar enak)
terakhir,
sejumput garam

Alat

  • 1 buah oven, berhubung di rumah adanya oven kompor, jadi pakai seadanya saja. Yang penting bisa manggang
  • 1 buah spatula
  • 1 buah kocokan telur
  • 2 buah sendok
  • 2 buah mangkuk besar
  • 1 buah timbangan dapur
  • 1 buah timer (aku pakai timer HP saja biar gampang)
Atau intip sekalian cara buatnya di Youtube Channel pufflova. Mudah kok. Wong aku yang amatiran gini saja sukses bikin kuenya. Kalian yang jago pasti bisa lah! Lalu untuk bahan-bahan juga mudah didapatkan. Kalau ga nemu selai nutella, bisa pakai selai coklat lain.

Nah jadi ceritanya ini tuh kali kedua aku dan O cobain resep Choco Lava Soft Cookies ala pufflova ini. Berhubung bahan-bahan yang lalu masih pada lengkap, jadi kami tinggal membuat saja. Eh tapi ternyata mentega yang kami pakai sudah habis karena dipakai masak sama papa. Jadi kami beli dulu deh ke Al*a terdekat.

Sesudah bahan semua siap. Si O langsung saja cairin mentega yang baru dibeli. Maklum harus dinginin dulu kan. Ga boleh panas-panas. Tentunya kami timbang dulu supaya banyaknya mentega sesuai dengan resep, yaitu 150 gr. Ehh terus ada insiden dong. Timbangan kami rusak!!!

Alhasil kami harus beli timbangan baru deh karena bahan-bahan yang lain belum sempat kami timbang. Terus ya..selama kami beli timbangan baru di toko seberang rumah, papa berhasil betulin timbangan yang lama. Jadi belanja kami sia-sia karena kami tetap menggunakan timbangan lama. Yang baru akhirnya aku bawa saja deh untuk di rumahku. Manatau kan aku baking sendiri di rumah. 😎😎😎

Setelah semua insiden tersebut, akhirnya kami melanjutkan bikin Choco Lava Soft Cookies ala pufflova tersebut. Kami tetap mengikuti instruksi yang diarahkan pufflova. Tapi anehnya, adonan kue kali ini lebih berminyak dan lebih lembek gituuu. Tidak se"kokoh" adonan pertama kami. Tapi tetap kok kuenya jadi dengan baik.

Nah berhubung oven yang kami mama punya adalah oven kompor, jadi kami tidak bisa set suhu 200 derajat dan memanggang selama 9 menit sesuai instruksi. Jadi kami panggang selama 20 menit dengan 10 menit kami cek gitu takut gosong.

Hasilnya...tetep jadi dong!!! Tentu tidak secantik ala pufflova tapi untuk rasa sih enak kok! Sekeluarga yang mencoba bilang enak. Ehehehe 😊😊😊
Tapi yang berbeda, isian dalamnya tidak melted. Hmmm Waktu pertama bikin juga isiannya ga melted. Kami berasumsi karena kami manggangnya kelamaan. Maklumlah oven yang kami punya jelek. Tapi ga apa, yang penting masih bisa dimakan. Eheheh

Begitulah pengalaman keduaku dalam hal bikin Choco Lava Soft Cookies ala pufflova. Jangan sebut kue kami kue cucur ya!!! Soalnya beberapa teman si O bilang kalo kue kami kaya kue cucur. Hahahha. Tentu kalau lihat aslinya ga akan berkata seperti itu sih. Huehehehe. Efek foto saja. 😆

No comments:

Powered by Blogger.