Monday, January 20, 2020

Baking Powder dan Baking Soda, Apa Bedanya?

Source: Freepik

Apa bedanya baking powder dan baking soda?
Untuk aku yang masih pemula dalam hal membuat kue, perbedaan antara baking powder dan baking soda adalah suatu hal yang membingungkanku. Pertanyaan tersebut terlintas ketika aku nonton video Youtube pufflova yang menginstruksikan untuk mencampurkan tiga jumput baking powder dan satu jumput baking soda. Jeng jeng jeng. Memangnya beda ya antara baking powder dan baking soda.

Selidik punya selidik, ternyata baking powder dan baking soda itu beda guys!!
Baking powder adalah kombinasi dari sodium bicarbonate dan dua zat asam monocalcium phosphate dan sodium aluminum sulfate (sumber: Tirto.Id) . Nah loh nama-nama kimia yang bikin pusing muncul

Sedangkan baking soda hanya terbuat dari satu zat saja, yaitu sodium bicarbonate.

Nah karena baking powder dan baking soda ini berbeda, tentu kegunaannya pun menjadi lain. Baking soda akan berfungsi jika bercampur dengan zat asam seperti mentega, gula merah, cuka, dan yogurt. Namun kalau pakai baking soda, adonan harus segera dimasak setelah diadon agar tetap bisa mengembang. Kalau kelamaan di luar, hasil kue bisa bantat guys. Makanya baking soda ini cocok untuk jenis kue yang dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang.

Baking powder akan memperpanjang waktu kembang kue, jadi tidak perlu cepat-cepat dimasak karena dapat menambahkan waktu kembang hingga 20 menit sebelum dipanggang. Karena sudah mengandung zat asam, dengan menggunakan baking powder, sudah tidak perlu lagi menambahkan bahan asam seperti pada penggunaan baking soda. Baking powder ini cocok untuk membuat biskuit atau kue kering karena memberikan hasil yang renyah.


Tapi ada juga kok resep yang memang membutuhkan kedua-duanya, seperti resep Bolu Milo ala pufflova yang kutonton. Hari Minggu kemarin rencananya aku ingin coba membuat Bolu Milo tersebut. Namun sayang, di toko Ind*M*ret dan Alf*m*rt tidak menjual baking soda dan baking powder. Harus nunggu aku pergi ke pasar dulu nih untuk membeli kedua bahan tersebut.

Jadi, sekarang sudah tahu dong apa bedanya baking powder dan baking soda? Kalau yang mau share resep kue yang mudah boleh loh. Aku lagi pengen coba-coba bikin kue nih. Ehehe.

6 comments:

  1. Sayaa jugaa suka bingung baking powder sama baking soda nih mbaak, mantaap ulasannyaa uda gak bingung lagi sekarang 😁😁😁 salam kenal jugaa ya mbaak ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak!! Hahaha makanya sebelum-sebelumnya kalau ada yang nyuruh pake baking soda, aku suka pake baking powder aja karena kuanggap sama HAHAHA

      salam kenal juga yaa!! ^^

      Delete
  2. NOted nih :)
    Saya lebih sering pakai baking powder sih, soalnya buat bikin kue doang :D
    Kalau orang-orang, pakai baking soda buat beragam tujuan selaim kue :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih baking soda kadang bisa dipake buat bersihin kerak di WC juga hhihihi
      jadi kalau uda EXP, mending jangan dibuang, tapi pake buat bersih-bersih huehehehe

      Delete
  3. Baru tahu bedanya baking soda sama baking powder. Ngomong-ngomong biasanya aku pake baking powder buat bikin brownies kukus. Berarti salah dong ya? Hehehe, maklum masih newbie di bidang bikin kue. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah yang penting hasilnya tetep mengembang kan mba? Mungkin di waktu berikutnya dicoba pakai baking soda terus bandingin hasilnya bagusan mana. Ehehehe
      aku juga masih newbie kok mba...meski bilangnya masih newbie, mantep uga mba bisa bikin brownies kukus!

      Delete