Jalan-Jalan ke Singapura: Main di Universal Studio

June 21, 2018
Senin, 28 Mei 2018

Hari ini kami pergi ke Sentosa Island. Tentu kalian sudah tahu dong Sentosa Island tuh tempat untuk apa??? Yup!!! Tempat buat bermaiiiiinnnn. Yuuuhuuuu.
Kami jalan pagi-pagi, sekitar jam 9, berjalan kaki ke stasiun MRT Jalan Besar. Dari situ tujuan akhir stasiun kami adalah Stasiun HarbourFront. Nah sesampainya di HarbourFront, kami masuk ke dalam Vivo City, semacam pusat perbelanjaan gitu. Tapi di dalam sini ada akses monorail menuju pulau Sentosa.

Untuk naik monorail tersebut, kami membeli tiket monorail seharga $4 kalau tak salah. Tarif tersebut bisa digunakan menuju seluruh stasiun di Sentosa Island dan untuk kembali ke Vivo City juga sudah tidak perlu bayar lagi. Karena kami ingin pergi ke Universal Studio, stasiun kami adalah stasiun Waterbay, yaitu stasiun pertama dari Vivo City. Oh ya, sebenarnya kami tidak perlu lagi membeli tiket monorail karena kami sudah punya EZ Link. Tapi karena ketidaktahuan kami, si Kibo jadi antri beli tiket monorail lagi deh. Untungnya tidak antri panjang dan cuaca saat itu sedang hujan. Jadi daripada pergi saat itu juga, kami sempat berlama-lama di Vivo City dengan berfoto ria.
Sedang Hujan T.T
Sekitar pukul 10 pagi, kami sampai di Universal Studio. Sebelumnya kami sudah memesan tiket USS dari Tokopedia. Harga yang dibeli di Tokopedia ini tentu jauh lebih murah ketimbang beli langsung di USS. Jadi jangan lupa ya pesan dulu tiketnya, selain lebih murah, juga hemat waktu saat masuk ke USS.

Puji Tuhan hujannya sudah mulai reda meski masih sedikit gerimis. Hal yang pertama kali kami lakukan saat memasuki Universal Studio adalah berfoto di depan globe Universal Studio. Hahaha. Sayangnya hari ini adalah hari kejepit nasional. Jadi USS ini cukup ramai dikunjungi baik oleh muda-mudi maupun keluarga. Antrian wahana Transformers sudah mencapai satu jam 30 menit dong. Jadi kami memutuskan untuk ke wahana The Mummy terlebih dahulu.

Sayang sekali wahana itu ditutup sementara karena ada gangguan teknis dan baru dibuka kembali siang hari. Lalu hujan pun mulai kembali berlangsung. Jadilah kami kembali ke wahana Transformers. Soalnya wahana ini indoor, jadi kan tidak kehujanan dan so pasti beroperasi, lalu karena hujan, wahana outdoor biasanya akan ditutup sementara sampai hujannya reda.
Antri sambil Foto
Nah enaknya di sini tuh meski antrian lama, kita bisa sambil foto-foto gitu. Soalnya banyak spot-spot foto ciri khas Transformers gitu deh. Oh ya, buat gambaran kalian, Universal Studio ini terbagi ke dalam tujuh area, yaitu Hollywood (area saat memasuki Universal Studio), New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, The Lost World, Far Far Away, dan Madagascar. Untuk denah lengkapnya bisa kalian lihat di sini.

Nah kalau tadi aku cerita naik wahana Transformers, wahana ini letaknya di Sci-Fi City. Nama lengkap wahananya TRANSFORMERS The Ride: The Ultimate 3D Battle. Jadi ceritanya kita adalah new recruit gitu dan naik robot baru anggota Transformers yang bernama, emm, aku lupa namanya.  (◉ω◉) Nah ceritanya si Megatron dan kroni-kroninya tuh lagi nyerang markas mereka (aku lupa nama markasnya, maklum aku ga pernah nonton Transformers dan ga ngikutin). Megatron ini lagi mau ambil semacam tabung energi gitu supaya dia bisa makin kuat. Nah kita tuh jadi naik semacam mobil gitu berisi 12 orang dan kita diajak untuk merasakan sensasi naik robot gitu. Wah seru deh pokoknya!!!! Tentunya kita juga harus pakai kacamata khusus gitu ya supaya bisa menikmati wahana ini. Aku ini kan berkacamata, jadi aku sudah sengaja beli lensa kontak dan kupakai saat pergi ke USS. Tips dariku sih buat yang berkacamata, kenakanlah lensa kontak supaya bisa menikmati semua wahana di USS dengan baik.

Seusai bermain Transformers, kami keluar lewat toko souvenir khusus Transformers. Pintarnya desain tata letak mereka. Jadi pengunjung tuh habis main bisa lihat-lihat souvenir dan membelinya. Hihihi.

Berhubung hari sudah siang, kami mampir di StarBot Cafe untuk makan siang. Restoran ini semacam restoran cepat saji dengan menu Asian gitu. Aku makan sepiring sama Kibo. Pesan semacam ayam saos asam manis dengan tambahan chicken wings dan fried wonton. Berhubung terlalu lapar, aku sampai lupa mengabadikan makanannya dalam foto. Hahaha.

Sudah kenyang, akhirnya kami ke area Ancient Egypt untuk naik wahana Revenge of the Mummy. Wahana ini adalah wahana high-speed roller coaster yang memiliki akselerasi tiba-tiba dan dramatis, mendaki, berkelok, menurun, dan pergerakan mundur. Untuk itu kita harus dalam keadaan fisik yang sehat supaya bisa naik wahana ini. Lalu untuk masuk ke dalam wahana ini pun tas dan barang-barang kita harus dititipkan. Berhubung kami berenam mau naik ini, jadi mau tak mau barang-barang kami dititipin di locker room yang ada di sebelah kiri pintu masuk wahana. Untuk 45 menit pertama sih ga bayar. Tapi kalau lebih akan dikenakan $4/jam-nya. Waduh.

Untungnya wahana ini sudah dibuka dan waktu antrinya disebutkan hanya 50 menit. Pas masuk untuk antri ternyata jadi kena 90 menit dong. Weleh-weleh. Oh ya, wahana ini juga indoor dan saat mengantri juga disuguhkan tema ancient Egypt gitu. Bisa foto-foto juga namun kami semua ga bawa HP samsek dong. Hahaha. Semuanya dititipin di loker.

Pas naik, wuiiiihhh seru abiss!!! Super mendebarkan dan ini wahana paling seru yang aku naiki di USS ini. Jadi kalian yang ke sini ga boleh sampe kelewatan naik wahana ini ya! Ceritanya sih kita ini disuruh untuk menemukan golden book gitu buat menghancurkan Imhotep, mummy yang mau balas dendam. Dalam mencari golden book itu kita selalu dihalangi oleh Imhotep gitu. Namun pada akhirnya kita bisa menemukan buku itu dan Imhotep pun berhasil dikalahkan.

Pas selesai, kami keluar bukan di dalam toko souvenir gitu, tidak seperti wahana Transformers. Daaannn berhubung kami harus mengambil barang-barang kami di loker sebelum harga lokernya semakin mahal, aku dan Kibo lari menuju tempat loker. Terus karena harus bayar dulu sedangkan dompet kami semua di dalam tas, kami minta petugas untuk meminjamkan kami $4 supaya kami bisa membuat loker yang sudah tersistem dengan canggih tersebut. Setelah terbuka dan barang-barang kami diambil, kami pun mengembalikan uang tersebut kepada petugas.

Dari Ancient Egypt kami melanjutkan perjalanan ke Far Far Away. Kibo ngajak naik Jurassic Park Rapids Adventure di The Lost World sebenernya. Namun wahana ini bisa bikin baju kami basah. Jadi aku memutuskan ke Far Far Away saja dulu. Di sini kami nonton Shrek 4-D Adventure. Wahana ini bisa kita nikmati juga sebenarnya di Bioskop XXI yang 4DX itu. Tapi karena sudah di USS, ya kami nikmati saja. Nah filmnya ini film singkat gitu. Ceritanya tentang Shrek menyelamatkan Princess Fiona yang diculik oleh hantu Lord Farquaad. Cukup seru untuk dinikmati bersama keluarga.

Dari situ kami lanjut antri wahana Puss In Boots' Giant Journey. Antrinya cukup lama juga nih di sini. Wahananya semacam kereta yang digantung mengelilingi giant bean-sprout. Kibo bilang ini wahana yang masih baru. Ya ga baru-baru amat sih. Soalnya dulu saat dia ke USS, wahana ini masih belum ada.
Foto sama Buku Raksasa
Wahana ini tidak seekstri The Mummy sih. Namun kalau yang mudah motion sickness, pasti ga akan kuat juga naik ini. Hihihi. Keluar dari sini papa mama pisah deh sama aku, Kibo, Olen, dan Ray. Papa mama mampir di toko souvenir yang ada di Far Far Away dan kami pergi ke Madagascar untuk naik Madagascar: A Crate Adventure. Naahhh kalau wahana ini wajib dinaikin sama yang takut naik roller coaster. Soalnya benar-benar ga serem deh naik wahana ini. Kita cuma diajak berkeliling dengan kereta di jalur air gitu melihat cerita tentang Madagascar. Tentu kalian masih ingat dong sama lion, hypo, zebra, dan kawan-kawannya??

Selesai dari situ, kami pun bertemu kembali dengan papa mama dan kami ijin buat naik wahana Jurassic Park Rapids Adventure, sedangkan papa mama menunggu kami dengan duduk-duduk di dekat pintu masuk wahana. Buat naik wahana ini juga harus antri yang lumayan lama. Terus di dalam dijual jas hujan gitu supaya baju tidak kebasahan. Kami sih YOLO saja dah.

Wahana ini tuh menggunakan semacam "ban" besar yang bisa dinaiki oleh 8 orang. Ban ini nanti akan berjalan dengan hanya mengandalkan arus air. Cukup seru juga. Tapi aku harus mengangkat/berjinjit agar kakiku tidak basah. Maklum airnya masuk ke ban dan menggenang. Jadi aku harus angkat-angkat kaki sedikit supaya ga kerendam. Habis aku pakai sneakers gitu. Jadi kalau basah bakal lama keringnya.

Beruntung aku tidak terlalu kebasahan. Hanya bagian punggung saja sedikit dan sepatuku basah di bagian depan. Selesai dari situ kami masih ingin lanjut untuk naik Battlestar Galactica: CYLON (Grey Track) di Sci-Fi City. Namun sayang waktu antrinya 100 menit dong. Jadi kami ga jadi dan pergi ke New York buat masuk Lights, Camera, Action! Hosted by Steven Spielberg. Sayangnya pas sampai di sana, wahana ini sudah tutup dong!!! Jadilah naik Sesame Street Spaghetti Space Chase. Wahana kereta mini gitu deh kaya masuk Istana Boneka Dufan.
Sambil Antri, Sambil Foto
Usai nak Sesame Street, kami pun melakukan sesi foto saja. Maklum sebentar lagi USS akan tutup. Menurut info sih USS ditutup pukul 18.00 waktu setempat. Sedangkan saat itu sudah sekitar pukul 17.00. Ya sudah deh jadi kami abadikan saja momen-momen kami di USS. FYI, di USS itu banyaaakkkk sekali spot foto yang Instagramable! Jadi ga perlu takut ga kebagian spot foto deh. Soalnya di setiap sudut pasti ada saja tempat buat berfoto. Oh ya, jangan lupa kalau lagi ada maskot-maskot yang muncul, langsung sigap buat antri foto sama doi! Nah pas aku sih kebetulan banget Pinocchio lagi keluar dan membuat sesi foto. Langsung saja dengan sigap kami antri buat foto! Dapet deh di antrian awal-awal.

Usai puas bermain di USS, perut kami pun keroncongan dong. Kata sepupuku, di luar USS itu ada Malaysian Food Street gitu dan bisa mencoba Bakut Teh with herbal soup. Si papa sih memang lebih suka yang herbal soup daripada yang singapore soup (kuah bening dengan lada). Jadi kami pun makan itu untuk makan malam. $9 sudah termasuk satu mangkuk Bakut Teh dengan dua iga dan nasi putih semangkuk.

Oh aku ada tips buat kalian supaya tidak antri lama di wahana!! Kalau kalian ga masalah main sendirian dan terpisah dengan grup kalian, kalian musti masuk antrian single saja. Soalnya lebih cepat cuuuyy! Kalau beruntung kalian bisa lah naik wahana berdua sama teman kalian. Kalau kurang beruntung ya naik sendirian. Tapi dengan antri yang single itu pasti bisa hemat waktu antri lebih jauh. Hehe.

Tips lain nih ya, keluar dari USS kan pasti disuguhkan toko-toko souvenir coklat seperti Candylicious. Naaahhh kalian jangan beli souvenir di sini! Soalnya harga coklatnya akan jauh lebih murah kalau kalian beli di bandara. Tapi kalau kalian tak punya banyak waktu di bandara buat belanja oleh-oleh ya beli saja di sana dan berharap ada diskon. Hehe. Oh atau nanti belinya di pasar Bugis guys. Lebih murah. Hihihi.