Wisata Kuliner di Bogor

October 02, 2017
Wisata kuliner di Bogor. Kalau ditanya mau kuliner apa saja di Bogor, oohh saya cukup punya list kuliner wajib di Bogor. Setelah sekian lama tidak singgah di kota hujan ini, saya akhirnya menginjakkan kaki kembali saat hari-h lebaran. Saya berangkat bersama papa mama dan Kibo pagi-pagi, sekitar jam 8 kalau tidak salah. Ternyata berangkat jam 8 pun masih kepagian guys. Saya sampai di Bogor jam 9-an, masih banyak toko yang tutup. Tapi ada nih toko-toko yang sudah buka.  Tentunya toko yang menjual makanan ya yang sudah buka. Mereka memang sengaja buka daripadi untuk melayani perut-perut kelaparan yang ingin segera untuk diisi.
Toko pertama yang saya kunjungi adalah toko asinan Bogor "OH GOOD". Toko asinan ini langsung menyambut kami saat memasuki jalan Surya Kencana. Selain itu, toko ini memang satu-satunya toko yang buka saat kami singgah di jalan itu. Tanpa pikir panjang, langsunglah kami parkir dekat toko tersebut dan mampir untuk membeli asinan Bogor. Alamat lengkap dari toko asinan Bogor "Oh Good" ini adalah di Jl. Surya Kencana No.166, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia. Setelah puas belanja oleh-oleh asinan buah maupun sayur, kami pun berjalan kaki untuk mencari toko lain.
Toko kedua yang kami singgahi adalah toko asinan Ahauw. Konon asinan ini terkenal paling enak di Bogor. Harganya pun lebih mahal dari asinan "Oh Good". Selisih seribu-dua ribu kalau tidak salah ingat. Beruntung saat itu toko asinan ini buka. Saya sudah harap-harap cemas toko ini tutup karena saat itu sedang hari libur nasional ya. (ㆁωㆁ) Sesampai di toko Ahauw ini, wuih ramai sekali orang lalu lalang di trotoar. Toko Ahauw sendiri pun ramai pembeli, jadi saya kesulitan untuk masuk. Karena sudah ada mama yang sedang memesan, saya pun melipir di area parkir mobil saja dan berfoto-foto. Oia, Toko Asinan Ahauw ini bertempat di Jalan Suryakencana No.303b, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Sukasari, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia. Intinya tinggal lurus terus saja dari toko Asinan "Oh Good". Perlu diingat, toko ini tutup setiap hari Senin guys.
Selanjutnya, perut kelaparan dong dan di perjalan kembali ke mobil, kami melihat ada tukang soto kuning ramai pembeli gitu. Saat kami melewatinya pun memang sudah ramai, pas kembali dilewati pun masih ramai pembeli. Alhasil papa tergiur untuk mencobanya. Kami pun 'sarapan' di situ. Namanya Soto Kuning Pak M. Yusuf. Pak Bondan yang suka memberi ulasan tentang makanan itu pun pernah mampir di sini loh. Seporsi soto kuning ini dibandrol dengan harga Rp 30.000, belum termasuk nasi seharga Rp 5.000 dan teh hangat Rp 1.000. Untuk alamatnya, sudah tentu masih di Jalan Surya Kencana. Pokoknya kamu pasti akan menemukannya tak jauh dari toko asinan Ahauw itu deh.
Sudah kenyang, lanjut kembali ke mobil dan perjalanan pun dilanjutkan ke tempat asinan Gedung Dalam. Menurut ulasan di Google, asinan Gedung Dalam ini juga tidak boleh dilewatkan. Oleh sebab itu, saya mengusulkan untuk membeli asinan Gedung Dalam juga. Alamatnya di Jalan Siliwangi No. 27C, Sukasari, Bogor Timur, Sukasari, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16142, Indonesia. Toko asinan ini lebih besar daripada toko asinan Oh Good dan toko asinan Ahauw. Di sana dijual juga oleh-oleh lain selain asinan. Jadi sekali tangkep, bisa dapat banyak. Papa juga membeli manisan pala di sini. Di depan toko asinan Gedung Dalam, banyak penjual talas Bogor. Kalau orang Indonesia, pasti tahu dong kalau Bogor juga terkenal dengan talasnya. So pasti mama kepincut untuk membeli talas juga. Padahal dalam hati ini meringis karena saya ga gitu suka talas. Kalau mama beli, mau ga mau saya harus makan kan. Huft. Jangan pilih-pilih makanan Pik >.<
Sudah selesai belanja oleh-olehnya, papa pun bertanya masih mau ke mana di kota Bogor ini. Saya pun mengusulkan untuk mencoba Macaroni Panggang. Kata teman-teman, Macaroni Panggang di Bogor enak dan bikin ngidam. Akhirnya saya pun mencoba untuk ke tempatnya dan mencicipi seperti apa sih rasa Macaroni Panggang itu. Lokasinya ada di Jalan Salak No. 24, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16128, Indonesia. Untuk ke sana, kami pasti melewati Kebun Raya Bogor dahulu. Jalanan saat itu cukup padat ya, maklum sedang hari libur. Namun selepas dari Kebun Raya Bogor, jalanan lancar kembali.
Sesampainya di Macaroni Panggang, ternyata tempatnya itu semacam cafe gitu. Nuansa yang dibentuk itu jaman-jaman ala Koboi gitu. Cukup ramai di sana. Untung saja tidak sampai waiting list. Katanya sih tempat ini biasanya waiting list gitu. Langsung saja deh kami masuk dan mencobanya. Kami memesan Macaroni Panggang spesial ukuran medium. Harganya Rp 120.000. Selain itu, kami juga memesan dua jus alpukat seharga Rp 23.000/pc, salad buah Rp 33.000, Banana Split Rp 20.000, dan Rum Raisin Sundae Rp 12.000. Cukup kecewa dengan Rum Raisin Sundae-nya. Saya kira es krim pakai rum gitu. Ternyata pakai kismis dan es krimnya pun sepertinya es krim Campina. Ya maklum harganya pun terbilang murah. Jadi jangan berekspektasi lebih ya. Untuk rasa macaroni panggangnya sendiri pun menurut saya biasa saja. Mungkin karena memang sedang hits kali ya, jadi ya selalu ramai dan bahkan sampai waiting list. Kalau saya disuruh untuk ke sana kembali, mungkin saya akan pikir-pikir lagi. (・∀・) Maaf, ini hanya opini saya saja loh ya.
Sudah kenyang dan puas, serta tidak tahu lagi mau ke mana, akhirnya kami kembali ke Jakarta dan menyudahi perjalanan wisata kuliner di Bogor. Saat perjalanan balik, kami bersyukur berangkat dari pagi hari ke Bogornya. Kalau tidak, kami pasti terjebak macet parah. Luar biasa macetnya guys. Maklum saat itu hari pertama Lebaran.



 

No comments:

Powered by Blogger.