Dari Shibuya Station ke Ghibli Museum Mitaka

May 18, 2017
24 April 2017,
Layaknya seorang anak kecil yang senang luar biasa ketika diberi mainan. Begitu juga gw saat akhirnya bisa pergi dan melihat-lihat Ghibli Museum. Betapa tidak. Semenjak gw mengenal Ghibli, gw cuma bisa googling untuk melihat seperti apa rupa dari Ghibli Museum itu. Ini suatu berkat yang Tuhan beri buat gw, karena untuk mendapatkan tiketnya itu sungguh tidak mudah. Untuk tahu bagaimana cara mendapatkannya, bisa lihat posku sebelumnya di sini.
Gw memang memesan tiket masuk untuk tanggal 24 April 2017 jam 10 pagi waktu setempat. Kenapa tanggal 24? Awalnya karena pada tanggal tersebut ramalan cuaca mengatakan bahwa akan hujan (ternyata pas hari-h ramalan cuaca mengatakan cerah! Syukur d). Karena museum tersebut indoor, jadilah kupikir tanggal 24 adalah waktu yang tepat. Kedua, letak dari museum ini di pinggiran Tokyo, yang berarti cukup butuh waktu lama untuk pergi ke sana. Jadi kupikir akan menghabiskan waktu seharian di Mitaka. Setidaknya dari pagi hingga sore nanti.
Selama di Tokyo, gw tinggal di apartment yang berada tidak jauh dari Shibuya Mark City. Dari situ, gw pergi ke Stasiun Shibuya. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun yang besar dan sangat ramai. Karena gw berangkat jam 8 pagi yang merupakan jam sibuk, pastilah stasiun ini akan penuh orang seperti semut. Dari situ, gw ambil jalur JR Yamanote Line jurusan Shinjuku (jalur warna hijau di peta). Tidak sulit kok membaca petunjuk arah di stasiun ini. Semuanya dalam bahasa Inggris dan Jepang. Pokoknya, selama kita berada di stasiun besar, tentu petunjuk arahnya ada yang dalam bahasa Inggris. Oh, aku memilih naik JR Yamanote Line karena aku memiliki JR Pass. Sebenarnya bisa pakai subway tapi selama masih ada JR line, tentulah aku memilih naik kereta JR. Kan ongkosnya sudah include di JR Pass. Hehehe.. Nanti kapan-kapan kucerita tentang hal-hal yang harus kita siapkan untuk liburan ke Jepang d. Hal ini juga terkait dengan JR Pass.
Kembali ke topik. Tak perlu menunggu lama, kereta yang ingin kunaiki pun tiba. Memang kereta di Jepang ini datangnya bisa 5 menit sekali. Luar biasa memang kota ini. Untuk masuk kereta, mereka pun antri dengan tertib. Tidak seperti di Indonesia, khususnya Jakarta (menurut pengalamanku selama ini). Kalau di Jepang, orang yang ingin masuk pasti antri rapi di sebelah kiri atau kanan pintu kereta, sehingga area tengah khusus untuk orang keluar dari dalam kereta. Di lantai peron, sudah ada tanda di mana kita harus antri. Bila pintu kereta sudah terbuka, semua orang yang hendak keluar pasti diutamakan. Jadi setelah orang-orang sudah keluar, barulah antrian masuk kereta bergerak maju. Tidak ada tuh sikut-sikutan untuk berebut masuk maupun keluar. Semuanya tertib.
Untuk sampai di stasiun Shinjuku, cukup membutuhkan 7 menit saja. Dari situ kulanjut naik kereta jurusan Mitaka di jalur JR Chuo Line (Rapid Service) yang berwarna jingga kalau lihat peta. Sampai di stasiun Mitaka cukup 17 menit saja. Sebenarnya teman Jepangku menyarankan untuk turun di Kichijoji karena lebih dekat. Dari sana tinggal jalan kaki sekitar 20 menit dan sampai langsung di depan Ghibli Museum. Tapi ci Shelly menyarankan untuk turun di Mitaka saja karena ada bus khusus ke Ghibli Museum. Jadilah gw ikut saran ci Shelly.
Rute Kereta Tokyo
Peta yang lebih jelas, bisa lihat ke sini ya.
Sesampai di Stasiun Mitaka, gw bingung d beneran ke mana arah halte busnya. Ternyata, di petunjuk arah sudah tercantum khusus loh! Tulisannya Ghibli Museum. Jadi dari dalam stasiun itu tinggal ikutin petunjuk arah saja. Nah kelur dari stasiun itu sudah ada beberapa halte bus. Gw bingung lagi yang mana halte bus khusus ke Ghibli. Sesuai pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Gw tanya aja sama warga sekitar yang masih muda. Ini bukan karena pilih-pilih ya, tapi karena orang jepang yang masih muda itu lebih bisa pakai bahasa Inggris daripada yang sudah tua. Jadi daripada kesulitan berkomunikasi, gw langsung saja tanya ke anak muda yang juga sedang nunggu bus.
Tips buat kalian, jangan pernah sebut "Ghibli", "Ghibli" pakai "G". Orang Jepang itu sebutnya "Jiburi". Ya kalau kalian bisa baca Hiragana dan Katakana, memang diejanya "Ji Bu Ri". Jadi orang Jepang akan langsung tahu kalau kalian tanya begini,"Where is halte bus for Jiburi Museum?". Nah tidak jauh dari tempat keluar stasiun, halte bus ke Ghibli ada di sebelah kiri. Nomor 9 (kalau tidak salah). Harga tiket bus untuk sekali jalan 210 yen/orang dewasa dan 110 yen/anak. Untuk harga tiket round trip  lebih murah, jadi 320 yen/orang dewasa dan 160 yen/anak. Di mesin untuk membeli tiketnya dijelaskan kok dengan baik.
Instruksi
 Karena gw pasti akan kembali ke Mitaka Station, jadi gw pilih yang round trip. Nah busnya itu datang setiap 10 menit sekali. Jadi tak usah takut ketinggalan bus d.  Dari Mitaka Station, gw turun di Ghibli Museum, Mitaka. Empat halte dari Mitaka Station.
Papan Informasi
Dari dalam bus, kita bisa lihat kok kita menuju ke halte mana dari TV yang disediakan. Untuk menginformasikan pak supir kalau kita mau turun, tinggal pencet saja tombol yang tersedia, Tapi untuk ke Ghibli Museum si tidak perlu pencet tombol, karena pak supir pasti akan berhenti di sana. Hahaha..
Oia, informasi mengenai rute dari Shibuya Station ke Ghibli Museum ini bisa diakses lewat Google Maps. Tapi gw pakai aplikasi android JapanTravel namanya. Aplikasi ini sangat membantu gw selama di Jepang untuk mencari info tentang rute kereta. Aplikasi ini memberikan beberapa opsi (kalau ada) untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu, kita juga bisa tahu ongkos transportasi dan waktu tempuh yang dibutuhkan. Platform atau peron dari kereta yang harus kita naiki juga disebutkan di aplikasi ini. Jadi oke banget d! Terutama untuk kalian yang pakai JR Pass. Karena result dari aplikasi ini akan mendahulukan JR Pass.
Ini ringkasan rute yang gw ambil:
  1. Shibuya Station (JY 20)  naik JR Yamanote Line jurusan Shinjuku, Ikebukuro (JY 17). Warna hijau muda.
  2. Turun di Shinjuku (JY 17) pindah kereta ke jalur JR Chuo Line Rapid jurusan Toyoda. Warna jingga.
  3. Turun di Mitaka (JC 12).
  4. Ikuti petunjuk arah ke Ghibli Museum
  5. Naik bus khusus ke Ghibli Museum
  6. Turun di Ghibli Museum Mitaka
  7. Sampai di depan Ghibli Museum persis!
Mudah kan! Ingat jangan sampai terlambat ya! Kalau tidak kalian tidak bisa masuk. Gw sampai di sana jam 9.30, masih ada setengah jam sebelum dibuka. Di dekat Ghibli Museum itu ada taman luas banget. Gw foto-foto dulu d sama pohon sakura! Bagus banget!!!

Sekian cerita gw kali ini, semoga bermanfaat ya buat kalian yang baca.

Don't forget to like (+1), comment, share, and subscribe ya!!! ^^

By the way, gw masih utang pos tentang cerita gw di dalem Museum Ghibli-nya ya. Hahaha...Kapan-kapan ya dilanjut. Hihi..