Bersihkan Kotoran Telinga Bayi

May 12, 2023

Sejak Zi lahir, gw bisa dibilang jarang bersihkan kotoran telinga si bayi kecil ini. Paling cuma bersihkan bagian luar, ga sampai masuk ke dalam telinganya. Nah karena ga pernah bersihkan, si Zi ini tuh mulai suka pegang-pegang ke area telinganya dan mencoba garuk gitu. Sepertinya terasa gatal. Saat kontrol ke dokter, gw minta dokter untuk lihat isi telinganya dan betul ada kotoran telinga yang cukup besar.

Sebetulnya bapaknya sudah sempat mencoba untuk membersihkan kotoran telinga si bayi, gw pun juga sempat coba. Tapi cukup berisiko karena posisi si kotoran itu ketutupan sama tulang telinganya dan harus dicungkil. Serem deh untuk melanjutkan bersihkan kotoran telinga bayi kecil ini. Apalagi si kecil aktif bergerak. Salah-salah malah kesodok dan melukai gendang telinganya lagi. Huft. Gw pun akhirnya mulai cari dokter THT untuk bersihkan kotoran telinga bayi. Adik ipar yang juga punya bayi beda 5 bulan saja dengan gw pun pernah cerita pergi ke THT untuk bersihkan kotoran telinga bayi. Ternyata bukan cuma gw aja gitu yang berencana pergi ke THT untuk bersihin telinga bayi. Banyak juga gitu orang tua lain yang pergi hanya untuk bersihkan kotoran telinga bayi. ๐Ÿ˜

Dengan bantuan mbah Google, gw cari dokter THT di dekat rumah gw dan ketemu satu nama dokter yang memiliki review yang cukup oke. Tempat kliniknya di rumahnya pribadi dan ga jauh dari rumah gw. Pergilah gw dan Mr. Q sore-sore karena prakteknya dari jam 5 sore hingga jam 7 malam setiap hari kerja (Senin-Jumat). Gw datang di hari Kamis, 16 Maret 2023 jam 5 sore. Masih sepi dan gw pasien pertama. Lalu belum mulai praktek, jadi harus menunggu sebentar. Ruang tunggunya tidak luas, cukup untuk tiga orang di bagian dalam, tapi bisa nunggu di luar ruangan (area halaman rumah) karena disediakan beberapa kursi. Ga seberapa lama, datang satu keluarga (ibu, ayah, anak) yang juga ingin berobat.

Akhirnya sekitar pukul setengah enam sore, bu dokter mulai praktek. Gw pun masuk ke ruang praktek. Tersedia tempat periksa dan alat-alat kedokteran. Gw pun konsul untuk bersihkan kotoran telinga bayi. Bu dokter menginstruksikan untuk memangku si bayi sambil dipeluk supaya tangannya tidak liar. Yang mangku Zi bapaknya, gw jadi tim hore supaya si Zi tidak rewel. Alat yang dipakai alat sedot gitu dan kotoran yang besar itu pun berhasil terambil. Awalnya Zi sempet rewel karena tidak nyaman. Tapi saat berganti ke telinga satunya, dia seperti menikmati ๐Ÿคฃ Enak kali ya geli-geli gitu berasanya.

Biaya untuk bersihkan kotoran telinga bayi ini dibandrol Rp200.000. Puji Tuhan tidak semahal yang gw bayangkan. Gw pernah dengar pengalaman teman yang bersihkan kotoran telinga di THT bisa bisa sampai Rp400.000 untuk satu telinga. ๐Ÿ˜– Kalau kalian apakah pernah punya pengalaman bersihkan kotoran telinga bayi juga?

6 comments:

  1. Bener tricky memang untuk bersihkan telinga adek bayi. Karena belum ngerti, anak-anak bisa cenderung rewel saat telinganya dibersihkan. Anak saya juga gitu saat bayi mbak, tapi sepertinya lama lama menikmati prosesnya hahaha, suka merem melek saat kita mulai bersihin telinganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. habis merem melek terus jadi ketiduran ya kak? hehe ๐Ÿ˜

      Delete
  2. Wah, dedek bayinya pasti imut.

    Ternyata membersihkan kotoran telinga buat bayi ngga boleh sembarangan ya mbak, kalo aku dan istriku biasanya pakai cotton bud sih, belum pernah ke dokter THT.

    Tetap semangat ya mbak Friska ngurus anaknya.๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imut dong ๐Ÿคญ hehehe

      Kotorannya besar dan sulit diambil kak Agus. Jadi kalo pake cottonbud malah makin masuk yang ada. Mau ga mau harus ke THT deh

      Makasih kak Agus ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      Delete
  3. Aku waktu kecil pun begitu mbak. Ada kotoran gede di dalam telinga. Mengeras seperti batu. Baru dikeluarin di umurku sekitar 5. Aku masih ingat betul. Bedanya, orangtua ku inisiatif mencungkil sendiri. Sakit sih. Tapi pas keluar beneran lega. Di telinga kanan yang berhasil dikeluarkan orangtuaku. Tapi di telinga kiri, selalu gagal. Akhirnya, orangtua ku menyerah. Pas malem, tidur miring ke kiri. Eh pagi-paginya dia keluar sendiri. Sama sama keras kotoran kupingnya. Dan lega sih,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, rasanya begimana tuh? Apakah jadi mengganggu pendengaran? atau jadi bikin gatal? Ngambil kotoran telinga bayi tuh memang sulit. Apalagi ga bisa diatur untuk diam kan. Jadi ngeri takutnya malah kesodok makin dalem atau bikin lecet. Jadi aku cari aman saja deh ke dokter THT hehe

      Delete

Powered by Blogger.