Baby Z Kena Roseola

January 31, 2023

Hari Jumat, 26 Januari 2023, jam 5 subuh saat terbangun untuk nyusuin Zi, gw merasa badannya hangat. Langsung cek suhu (termometer wajib banget dimiliki kalo punya baby) pakai termometer tembak 38 drajat. Biar lebih akurat, pakai termometer yang dikempit di ketiak, keluar 37,5 drajat. Masih batas aman. Soalnya kata dokter kalo 37,8 baiknya diberi obat penurun panas. Jadi yang gw lakukan cuma pakai kompresan yang ditempel di jidatnya.

Sampai siang hari, Zi masih aktif, ceria, dan makan pun habis meski badan masih hangat-hangat gitu, di kisaran 37 drajat. Pagi itu gw memilih untuk ga mandikan Zi dulu karena badannya yang masih sumeng. Gw juga pantau suhunya terus kalau-kalau mulai genting. Benar saja, habis nyusu sore sekitar jam 4an, diukur suhunya 38,5 drajat dong. Sampe gw cek sekali lagi di ketiak satunya dan keluar 37,9 drajat. Langsunglah gw akhirnya minumkan Tempra drop dengan dosis 0,5ml saja. Menurut info obat sirup Tempra sudah aman digunakan, jadi gw pun pakai Tempra untuk turunin panasnya.

Puji Tuhan sudah turun suhunya meski masih di 37 drajat. Eh tapi malam harinya kembali demam. Akhirnya diberikan lagi lah Tempra dengan dosis masih 0,5ml dan tentu saja secara berkala ukur suhu. So far sih Zi ga demam sepanjang malam sampai hari Sabtu subuh sekitaran jam 5 lagi, Zi demam kembali. Yaamplop naik turun gini demamnya. 😢 Mr.Q pun kasih Tempra karena saat itu kondisi gw setengah sadar, letih nyusuin Zi. 

Sekitar jam 10an pagi, dicek suhu lagi eh 37,8 dong. Sama Mr. Q pun akhirnya diberi Tempra dan gw suruh untuk naikkan dosis ke 0,8ml karena dosis 0,5ml itu saat Zi berumur 3 bulan, sekarang kan Zi sudah 6 bulan yak, jadi kalo dari anjuran sih dosisnya 0,8ml. Diputuskan juga untuk pergi ke dokter saja karena saat chat DSA-nya, disuruh untuk datang kontrol.

Jam 1 siang setelah beres makan siang, pergilah kami ke RS Grand Family PIK. Gw daftar ke dr. Ria karena kalau daftar ke DSA Zi yang biasanya antriannya 15 pasien mak! Bisa mateng gw nunggu antriannya di mobil 😖 Setelah sampai di RS, registrasi ulang, dapat antrian nomor 2. Tapi masih nunggu 5 pasien vaksin di gedung sebelah. Maklum prosedur di RS Grand Family itu tunggu selesai vaksin pasien sehat, baru deh dokter pindah ke gedung biru untuk cek pasien sakit.  Jadi gw pun milih nunggu di mobil karena emang biasanya diminta untuk tunggu mobil dan dihubungi saat sudah dekat giliran. Gw takut juga kan Zi ketularan yang lain karena isinya pasien sakit semua di gedung itu.

Oia saat registrasi ulang, suhu Zi saat itu 38,4 dong. Gw ga bawa Tempra pulak. Jadi suster telpon dokter dan dokter pun beri tindakan untuk kasih obat penurun demam yang dimasukkan dari dubur. Saat dimasukkan obat, Zi nangis kejer. Ga nyaman sih emang. Gw pernah nih ngerasain dimasukkan obat lewat dubur, sungguh ga enak 😔 Zi yang masih cilik gini juga pasti sama, ga nyaman.

Sekitar jam 2 lewat, sudah dipanggil karena tinggal 1 pasien sehat, which is buat gw tinggal tunggu 2 pasien lagi. Gw pun dengan santai jalan dari mobil ke gedung biru.

Setelah dr. Ria cek, Zi didiagnosa mengalami infeksi tak terlihat. Soalnya Zi ga ada batuk, ga ada diare, cuma demam tinggi saja. Tapi ada bintik-bintik merah agak kasat mata di area perut. Dokter kira ini karena sering dikasih telon. Tapi bisa jadi virus roseola karena memang lagi banyak sekarang.

Dr. Ria pun mengingatkan supaya jangan kaget kalo semisal muncul ruam bintik-bintik merah banyak sekujur tubuh setelah demamya hilang. Ruam itu nanti akan hilang dengan sendirinya dan itu namanya Roseola. Dr. Ria meresepkan Isprinol untuk antivirusnya dan obat racik anti inflamasinya. Tapi kalau demam tak kunjung hilang dalam 3 x 24 jam, Zi harus tes darah dan urin untuk tahu penyebab demamnya, apakah infeksi saluran kemih atau lainnya.

Sepulang dari RS, gw minumkan Zi puyernya karena aturannya sebelum makan. Saat makan malam (jam 6 sore), Zi masih menghabiskan makannya. Lalu setelahnya ternyata suhu Zi masih 37,9. Gw beri tempra 1ml dan lanjut isprinol (aturannya diminum sesudah makan). Sehabis diberi isprinol dengan susah payah karena Zi nangis dan meronta-ronta, Zi batuk-batuk dan muntah dong. 😭 Mr. Q khawatir tempranya ikut keluar juga dan bikin demamnya ga hilang. Tapi gw ga mau kasih tempra lagi wong baru dimasukin 1ml kan tadi.

Gw pun pilih susuin ASI saja karena ada yang bilang perbanyak kasih ASI bisa bantu turunkan demam juga. Sehabis nyusu, Zi masih rewel. Gw gendong-gendong sampai dia tertidur. Gw juga skin to skin dengan Zi karena metode ini merupakan salah satu cara untuk turunkan suhu bayi saat demam. Selama skin to skin itu gw merasa suhu Zi turun. Keringat juga keluar dari badan Zi. Gw pantau suhunya dan memang mulai turun suhunya. Puji Tuhan Zi sudah ga demam.

Hari Minggu, kondisi Zi sudah ga ada demam. Pagi sih suhunya masih di 37 tapi tidak lewat batas 37,8. Masih diberi sekali puyer anti inflamasi dan siang setelah makan (ga habis karena rewel) diberi isprinol lagi. Malam pun suhu sudah normal di 36 dan obat gw stop.

Eh hari Selasa pagi, gw merasa di area leher kanannya muncul ruam bintik-bintik merah kaya biang keringet saat nyusu pagi jam 7. Saat ganti pampers, terlihat bintik-bintik merah di dada, punggung, dan area kemaluannya. Wah-wah apa lagi ini??? 😢

Mr. Q ingat kalau dr. Ria bilang jangan kaget kalau timbul ruam bintik-bintik merah di sekujur tubuh. Gw takutnya Zi kena campak karena saat nonton berita memang lagi tinggi wabah campak di Indonesia. Setelah browsing sana-sini, gejala Zi memang cocok dengan Roseola bukan campak. Gw juga WA dr. Ria untuk tanya soal kondisi Zi dan dr. Ria bilang boleh saja untuk minumkan isprinol sampai hilang ruamnya.

Sampai malam ini ruam Zi makin banyak. Aseli kasian dan geli lihatnya. 😢 Gw jadi ingat dulu pernah kena sakit bintik-bintik merah sekujur tubuh. Tapi gw bukan kena roseola sih karena gw demam saat ruam timbul. Zi hari ini sih makannya rewel tapi masih habis meski harus penuh drama untuk menghabiskannya. Demam juga ga muncul. Semoga saja ruamnya cepat hilang. Amin.

6 comments:

  1. Cepet Sembuh Baby Z... Kasihaan hiks 😢. Ruamnya kalau dilihat memang mirip ya sama Campak mba. Tapi di Net katanya bakal hilang dalam beberapa jam - 2 hari... Semoga segera hilang ruamnya. Aminn

    Btw, aku kaget lohh mba. Baby Z udah Mpasi aja ya. Padahal kaya baru lahir kemarin.. Ehh umurnya udah 6 bulan aja 🤩 Tumbuh Sehat Baby Z... Sehat2 juga buat Mama Papanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om Bayu. 🥰

      Iya ruamnya mirip campak. Makanya suka dikira campak juga. Tapi bedanya kalau campak itu ruamnya muncul saat masih demam. Sedangkan kalau roseola ruam muncul setelah demam hilang.

      Iyaak Baby Z sudah MPASI nih hehehe Kalau punya baby emang kadang berasa cepet gitu. Tau-tau sudah makan. Tau-tau sudah duduk, merangkak, berdiri, jalan, lari-lari hahaha

      Sehat-sehat juga ya untuk Bayu

      Delete
  2. Semoga dede Zi segera pulih dan ruamnya segera hilang ya, Ci! 🙏
    Bahkan orang dewasa terkadang kalau panas tinggi bisa muncul ruam-ruam juga. Aku nggak tahu sih karena virus atau bukan, tapi temanku pernah ngalamin seperti itu dan bisa hilang dalam beberapa hari. Asal dede Zi masih lahap makan dan minum ASI bisa agak lega ya, Ci >.<
    Lekas sembuh ya, Zi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes makasih Lia. Per hari ini sudah hilang ruamnya puji Tuhan 😇
      Betul, selama masih lahap makan dan minumnya banyak, masih aman deh hehe
      Lia sehat-sehat juga ya ^^

      Delete
  3. Cepeeet sehat lagi Dede Zi 🤗🤗. Kebayang itu dia ga nyaman, apalagi ruam2nya banyak juga ya mba. Aku lupa anakku pernah kena ini atau ga, kayaknya sih ga. Pernah ruam tapi kayaknya Krn alergi bukan virus .

    Jadi nambah ilmu juga buatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seluruh tubuhnya ruam kak. Kalau disentuh, berasa brinjil-brinjil timbul gitu. Tapi kayanya sih dia ga merasa gatal.

      Roseola ini sih katanya rentan kena di anak usia 6-15 bulan kak. Kalau sekarang sih mustinya anak-anak kakak aman dari virus ini hehe

      Delete

Powered by Blogger.