Wanita Racun Dunia


Wanita Racun Dunia

Wanita racun dunia
Karena dia butakan semua
Wanita racun dunia
Apa daya itu adanya...
Penggalan lirik lagu "Racun Dunia" karya The Changcuters sempat booming beberapa tahun yang lalu. Bahkan aku pun pernah mendengar anak kecil menyanyikan penggalan lagu tersebut. Agak miris batinku. Soalnya lirik lagu tersebut kan menyindir kaum hawa sebagai racun dunia. Aku yang termasuk ke dalam golongan tersebut pun ga mau dong ya disebut sebagai racun dunia. "Enak saja!", balasku dalam hati. πŸ˜†

Meski diri ini tak ingin disebut sebagai racun dunia, sebenarnya lirik lagu tersebut pun ada benarnya juga. Coba saja tengok kisah penciptaan saat di dunia ini hanya ada Adam dan Hawa. Siapa coba yang memberikan buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat kepada Adam? Eh tapi cerita ini pun sebenarnya butuh eksposisi lebih ya biar ga salah nangkep. #buatyangpahamaja

Kisah lainnya yang lebih jelas kelihatan "wanita racun dunia" tuh kisahnya Simson dan Delila. Karena Simson jatuh cinta kepada Delila, akhirnya Delila dimanfaatkan oleh raja-raja kota orang Filistin untuk memberitahukan kelemahan dari Simson. Tentu saja imbalannya adalah Delila mendapat uang. Memang ya uang itu akar dari segala dosa. #eh. Aku baca kisah Simson dan Delila tu geregetan banget. Masa Simson ga bisa lihat kalau Delila tuh ga tulus sayang sama Simson. Tapi ya gitu dah. Wanita racun dunia. Karena dia butakan semua...Sampai akhirnya, Simson pun kalah dan tragis banget dah akhir hidupnya. Kalau dibuat film, aku pasti nangis deh pas lihat ending-nya.

Baca juga: Egois

Selain dua kisah tersebut, masih ada lagi nih kisah tentang wanita racun dunia. Coba tengok saja, wanita sepertinya paling sering dapat cap orang ketiga atau yang lagi hits sekarang dengan sebutan PELAKOR alias Perebut Laki Orang. Kayanya keren gitu ya bisa ngerebut laki-laki milik wanita lain. Padahal ya ga gitu juga kali. Hal negatif kok dibanggain. Ye kan??

Sekali lagi, aku bukan mau mendiskreditkan sosok wanita. Toh aku sendiri pun wanita. Wanita mana yang mau dicap jelek sih??? Siapa juga yang mau disebut sebagai racun dunia? No No and Big No!!! Nah makanya dari kisah-kisah yang sudah kuceritakan di atas, kita bisa ambil nilai hidup dan memaknainya dalam hidup kita pribadi. Bo ya jangan mau lah tujuan hidupnya jadi wanita racun dunia. Harusnya kita bisa contoh hidup seperti Ruth, yang bisa hidup rukun dengan ibu mertua meski suami sudah ga ada. Bahkan Ruth mau loh ikut ibu mertuanya ke negara asal ibu mertua which is Israel yang merupakan negara asing baginya. Gile, aku kayanya belum tentu sanggup jadi seperti Ruth.

Kisah lainnya adalah Ratu Ester. Bagaimana sikapnya hingga bisa memenangkan hati raja sehingga ia terpilih menjadi ratu menggantikan ratu Wasti. Kemudian perjalanan hidupnya yang dipakai Tuhan untuk menyertai bangsa Israel. Sungguh luar biasa. Bisa baca sendiri yah kisahnya ratu Ester ini. Hehe.

So, untuk wanita di luar sana termasuk diriku. Ayo kita sama-sama menghapuskan cap wanita racun dunia. Haruslah hidup kita ini memberikan berkat bagi sekitar kita. Menjadi pendamping yang baik bagi pasangan. Ibu yang luar biasa bagi anak-anak.

28 comments:

  1. Sama mbk, kalau denger kata racun saya pasti ingatnya juga the changcuters...πŸ˜‚
    Munglin beberapa dari kita kaum wanita memang ada yang pernah jadi racun. Contohnya ngeracunin temenya buat suka kpop, atau yang serius ngeracunin temen pakai sianida😲

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa. Melodinya bener-bener nemplok di kepala...Padahal mah ga mao juga dikatain wanita racun dunia sih. 😁😁

      Eh kalo racunin supaya suka Kpop si aku pun begitu. Tapi jangan sampai ya kita-kita kalo sebel sama temen sampe ngeracunin pakai sianida >.<

      Delete
  2. Ahh cici bisaan aja terinpirasi tentang racun ini dari kisah wanita-wanita yang ada di Alkitab, hebat ihh πŸ™ˆ

    Anyway, memang kisah hidup Simson ini endingnya menyedihkan dan greget juga sih karena dia cinta buta sama Delila. Mungkin karena hal itu juga makanya kisah ini ditulis di Alkitab, supaya kita yang membaca jadi tahu bahwa cinta itu buta πŸ˜…

    Semoga kita bisa menjadi wanita yang menjadi terang dan garam dunia ya ci πŸ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah iya. Pas tau temanya racun, langsung terngiang lagu Racun Dunia nya The Changccuters. Terus jadi kepikiran kisah-kisah wanita di Alkitab yang jadi racun wkwkw. Iya Simson cinta buta dan Tuhan ga suka karena Simson begitu. Makanya dah jadi jatuh diaa karena begitu cintanya sama Delila. Padahal Delila ga cinta sama Simson, cuma pengen harta aja.

      Yes amin. Selalu berusaha jadi terang dan garam dunia ya!!

      Delete
  3. aku mau jadi wanita madu dunia ah, hehehe. aku pernah baca novel kisah samson and delilah, simson apa samson ya? kayanya samson deh, wehehehe. emang ngeselin ya delilah.

    btw, suka sama template barunya, so cool!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesianya Simson, Inggrisnya Samson mba ehehe. Jadi sama aja gituu intinya si manusia kuat tapi jatuh karena wanita. Hihihihi. NGESELIN abis si Delila! Aku geregetan pisan pas baca. Aduuh Simson, bukalah matamuu. Masa uda 3x diboongin masih tetep aja deket-deket sama Delila haha...

      Ah makasih mba btw >.<

      Delete
  4. Baca penggalan kalimat di awal, auto nyanyi eheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama...Ku pun pas ngetik sambil nyanyi hahaha

      Delete
  5. Yang seperti Simson itu banyak, nggak cewek nggak cowok, hihi kalau sudah cinta bisa jadi buta. Kadang logika pun ketinggalan entah di mana 🀣 sebenarnya saya dulu waktu dengar lagu Wanita Racun Dunia itu juga kesal hahahaha. Secara nggak langsung merasa diledek, apalagi kalau sudah dengar mau anak kecil, mau teman sendiri, atau siapapun menyanyikannya πŸ™ˆ

    Tapi nggak bisa dipungkiri, lagu itu ada karena memang banyak pengalaman demikian terjadi di-kehidupan nyata πŸ˜… yah semoga yang berniat jadi racun ke depannya bisa sadar kalau itu salah, dan yang sudah kejadian semoga bisa segera berhenti melakukannya πŸ˜πŸ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak Eno! Pertama kali denger ada lagu Wanita Racun Dunia tuh kesel. Laaah kok ngeledek siiihhh...

      Amiiin semoga ga ada lagi ya wanita racun dunia ehehehe 😁

      Delete
  6. itu lagu emang legend banget, saya pun kalau ada kata racun langsung teringat lagu The Changcuters ini ehehe.. aih bener mbak, sekarang tu cerita tentang perempuan lebih banyak yg diangkat konotasi negatif aja sedih banget :( , harusnya lebih banyak diangkat kisah perempuan inspiratif seperti yg mbak tuliskan. Thanks sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sedih yaa sekarang wanita lebih sering dikaitkan dengan hal negatif. Huhuhu. Semoga saja para wanita inspiratif bisa menggeser image jelek itu yaa!

      Delete
  7. Ketika kalimat "wanita racun dunia" bikin kita mau nyanyi πŸ€£πŸ˜…

    ReplyDelete
  8. Halo.

    Saya pun juga terngiang-ngiang dengan lirik lagu tersebut setelah tau tema pekan ini .Haha.

    Wanita bisa memilih tujuan hidupnya di dunia .ingin sebagai racun atau sebagai perhiasan. Dalam hal ini racun bermakna negatif. Sedangkan perhiasan dalam makna positif. Kalau saya sih maunya sebagai perhiasan dunia . Hihi.

    Salam kenal ya mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga! Makasih sudah bertamu di mari hehehe

      iyaa auto nyanyi ya eheheh

      sama mba. Saya juga mau jadi perhiasan juga hehehe tapi bukan yang cuma enak dipandang aja tapi juga berharga buat orang lain.

      Delete
  9. Kalau Samson dan Delillah nya versi Benjamin S mah happy ending hehehe...
    oh iya Ruth yang ditulis di tengah-tengah artikel itu siapa ya?

    anw kalau pilihan saya mungkin Ratu Elizabeth I soalnya girl power banget hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku malah ga nonton Samson dan Delilah nya Benjamin S. HIhihi

      Ruth itu salah satu tokoh Alkitab. Dia wanita Moab yang menikah dengan pria Israel. Jadi kisahnya tuh bermula saat keluarga Naomi ngungsi ke Moab karena di Israel sedang terjadi kelaparan gitu. Di sana, anak keduanya nikah sama Ruth. Trus sedihnya, di Moab itu suami naomi meninggal, disusul kedua anak laki-lakinya. Jadi menantu Naomi ada Ruth sama Orpa. Setelah kematian suami dan kedua anaknya, Naomi mutusin pulang kampung ke Israel karena dia dengar kabar kalo di Israel sudah membaik keadaannya. Berangkatlah mereka bertiga ke Israel. Tapi di tengah jalan, Naomi minta agar menantunya pulang kembali ke rumah ibunya masing-masing supaya bisa cari suami lagi kelak karena kan ga mungkin si Naomi melahirkan anak laki-laki untuk dijadikan suami para menantunya itu. Awalnya keduanya keukeuh mau tetep ikut Naomi. Tapi akhirnya cuma Ruth aja yang tetep ngikut sama Naomi. Dari situlah kisahnya dimulai hihihi. Gila kan. Biasanya kita tuh sering denger kisah ribut mertua dan menantu. Nah Ruth ini tuh contoh kisah hubungan mertua dan menantu yang baik....

      Wah iyaa Ratu Elizabeth I keren yaaa!

      Delete
  10. Hahaha memang kadang ngeselin tuh lagunya the Changcuters, istri saya juga ngga suka the Changcuters gara gara lagu itu.πŸ˜‚

    Menurutku tergantung juga sih, wanita bisa jadi racun dunia tapi juga bisa jadi penyemangat lelaki agar bisa bekerja lebih baik. Bukankah dibalik kesuksesan seorang pria, ada wanita hebat dibelakangnya.πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sebel juga ya sama lagunya The Changcuters satu ini

      Iya memang tergantung. Kalau wanitanya bener mah bisa jadi pendamping yang baik buat suamiii dan bikin suami makin sukses yaaaa eehehe

      Delete
  11. Meski sebel sama liriknya tapi sering ada benernya juga sih wqwqwq. Bahkan ke sesama cewek pun, cewek-cewek seringnya jadi racun hahaha
    Ya tapi setuju juga kak, mau cewek atau cowok, kita haruslah jadi manusia yang baik, yang gak ngerugiin orang lain, kalau bisa malah bermanfaat buat orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya sering bener juga itu lagu ya

      yesss jangan kita jadi racun buat orang laiiin!

      Delete
  12. Untung yang speak up perempuan, kalo laki-laki mungkin beda cerita. Karena orang akan lebih paham dan maklum kalo yang ngomongin juga adalah bagian dari mereka.

    Yang pelakor itu kenapa ngga ambil contoh sinetron saja? Atau yang masih hangat drakor The World Married Couple.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo laki-laki langsung diserbu netijen galak yak? hahaha

      tadinya mao ambil contoh drakor itu...tapi pasti pembaca juga akan berimajinasi ke sana juga hihihi

      Delete
  13. Maaf, tapi saya tidak pernah setuju dengan pandangan bahwa "wanita racun dunia". Biar saya laki-laki, saya tidak merasa bahwa apa yang terjadi disebabkan oleh wanita.

    :-D :-D :-D

    Ibu saya seorang wanita dan dia membimbing saya hingga mampu berdiri sendiri menjadi seorang cowok. Istri saya seorang wanita juga dan sudah memberikan kebahagiaan kepada saya dan keluarga kecil kami. Tanpanya, saya tidak akan menjadi seperti sekarang.

    Haruskah saya menyebut mereka sebagai racun?

    Pandangan wanita racun dunia juga cenderung merendahkan salah satu gender saja. Pria dianggap serba baik dan ketika dia menjadi rusak, hal itu dianggap kesalahan wanita. Padahal mah sering karena memang cowoknya ajah bego.

    Istilah pelakor juga begitu.. sebenarnya kalau si cowok juga ga mau, ya nggak akan terjadi selingkuh.

    Hahahaha... Iya ga sih..

    Berbanggalah jadi wanita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sugoiiii desune!

      Jarang-jarang nih nemu pria seperti mas Anton!

      Makasih untuk komen amazingnya!!! πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      Ya saya bangga jadi wanita tapi bukan wanita racun dunia
      Ehehehe

      Delete

Follow Me

Labels

Instagram