Thursday, August 27, 2015

Tingkat Akhir di ITB - Akhirnya Aku Jadi Sarjana!!!!

Yeaaaay!
Setelah perjuangan panjang bersemayam dalam simulator driving akhirnya membuahkan hasil juga :")
Tepat sehari setelah hari kemerdekaan tanah air ini, gw melalui sidang untuk menjadi sarjana teknik. Nah gini nih ceritanya sampe gw bisa sidang
.
.
.
.
Hari itu hari Minggu, gw kirim draft lengkap gw ke dosen pembimbing tercinta. Besokannya gw beranikan diri mengirim pesan singkat untuk menginfokan ke dosen pembimbing kalo gw uda kirim draft lengkap gw kemarin, sekalian gw juga infoin temen sebimbingan gw, Aqcaya, juga udah ngirim draft dia. Sembari harap-harap cemas, berharap Ibu dosen pembimbing (dosbing) cepat melihat draft gw, Bu dosbing akhirnya membalas pesan singkat gw! Yes!
Bu dosbing bilang kalo lagi dibaca dulu..oke gw bersabar de nungguin feed back dari Ibu.
.
.
.
Tak beberapa lama, akhirnya Ibu mengirimkan kembali surel berisikan banyak revisi.
Oke gw cepat-cepat melakukan revisi itu biar cepat selesai semua ini!!!
Hari ke-3 gw sedang melakukan revisi...
gw dapet pesan singkat dari Bu dosbing nanyain sesuatu, gw kasih jawaban...dan ga ada angin ga ada ujan karena gw juga ga nanyain kapan gw sidang, Bu dosbing bilang gini"minggu depan sidang ya...siapkan ppt"
DEG
Antara senang dan kaget...gw senyum-senyum dapet info ini!
Huaaa revisi belom kelaaaar..ppt boro-boro...
Langsung dah gw kebut nyelesein revisi...
.
.
.
.
empat harian gw nyelesein revisi dari Bu dosbing, gw kirim lagi deh by surel ke Bu dosbing.
Trus gw mulai nyicil bikin ppt, minta-minta ke temen yang uda sidang ppt sidangnya kaya gimana...buat referensi,,hehe
Jumat, 14 Agustus 2015, hari anniv gw yang ke-30?
ekh bukan itu tapi yang mau gw ceritain hahaha...
jadi hari itu gw beranikan kembali nanya ke Ibu dosbing tentang kira-kira kapan gw bisa masukin draft ke TU. Gw kirim pesannya pagi-pagi...trus dapat balasa siang jam 12, isinya "bisa ketemu sebelum jam 1 di TU?"
Gw ga liat hp karna lagi makan siang, sampe di LRSKE, gw baca pesan itu....buru-buru gw ke TU buat ketemu Bu dosbing.
Sesampainya di TU, gw liat Bu dosbing lagi ngobrol ama bu dosen yang lain sembari makan siang...yauda gw nungguin aja di TU...
mendekati jam 1 siang, Bu dosbing ada jadwal nguji sidang anak 2010...trus Bu dosbing jalan menuju ruang seminar sembari ngobrol ama gw...dan ngasi tau
"Saya udah jadwalin kamu sidang hari Selasa sore, kamu revisiannya dikasi highlight ga biar saya tau bagian mana yang kamu ubah?"
"Oh saya ga bikin highlight-nya" (dalam hati kaget bakal sidang hari Selasa)
"Kamu bisa ga bikin highlight-nya sekarang?saya di sini sampe jam 4 sore"
"Oh iya Bu bisa, kalau begitu saya ke lab buat bikin highlight-nya"
"Oke saya tunggu ya"

wuuuuzzz...
lari gw ke lab buru-buru buat nge-highlight draft gw. Sebelumnya gw lagi nyelesein ppt sampe bagian analisis...gw tinggalin dulu deh buat bikin highlight.
Setelah jadi, gw bingung mesti di-print apa kirim by surel....
yauda gw beraniin nanya Ibu lewat pesan elektronik kira-kira mau dikirim lewat suret ga ya...
fiuuh untungnya ibunya super baikk...boleh dikirim lewat surel..
oke send!
trus gw pikir yauda tuh ya....
ekh ternyata langsung dapet pesan singkat yang isinya feedback dari revisi-revisi yang uda gw buat..
yauda tuh langsung gw kerjain apa yang Ibu saranin..sembari ngerjain,,dapet telpon dari nomer Bandung yang ga gw kenal...
"Hallo"
"Hallo, ini Frisca ya? Anak bimbingannya Bu Ari?"
"Oh iya, ini siapa?"
"Ini mba Reni. Kamu uda dijadwalin buat sidang hari Selasa kan ya. Kira-kira bisa kumpulin draft-nya sekarang?"
(buset kumpulin sekarang?!)
"Oh iya mba ini saya mau nge-print."
"Kira-kira jam setengah 3 bisa dikumpul?"
"Oh jam setengah 3 ya. Iya mba bisa"
"Oke ditunggu ya"
"Iya, Makasih Mba"
tut...tut..tut...

My God!!!
Saat itu jam 3 kurang 15 menit....dan gw masi ngetik revisinya sedikittt....
untung ada tukang nge-print yang bisa kirim file by e-mail!
Yap itu fasilitas yang dikasi sama jasa print di Salman,..kirim aja ke antocidaun@gmail,com trus kasi ketentuan mau cetak kaya gimana..sesampainya di sana...file bisa sudah selesai dicetak,,ato sedang dicetak...
oke gw tulis ketentuan cetaknya gimana trus SEND
ekh si bodoh,,,gw lupa ngelampirin file-nya hahaha...
gw kirim lagi de!
Nah abis itu, gw langsung jalan cepet ke Salman.
.
.
.
Sampe di Salman gw ketemu Andi dan Annis
Si Andi juga lagi nyetak draft dia karena dia juga sama kaya gw...hari Selasa sidang!
Tapi dia uda mau kelar tu urusan cetak mencetaknya..nah gw...
masi in progress!
.
.
.
Akhirnya kelar juga tuh satu draft dicetak..ekh tapi ngacoo!
Masa bab 5 dan bab 6 nya di halaman genap!
Trus ga rapi banget lagi lampirannya gagara gw kasi ketentuan cetaknya jangan bolak balik buat bagian lampiran...
hhh..
karena nasi uda jadi bubur..dan kepepet waktu juga
ga bisa de gw minta cetak ulang...
yauda tu ya yang penting gw bisa kumpulin ke TU
.
.
.
jam 15.15 WIB
OMG baru kelar!!!
lari-lari de gw ke gedung TI
.
.
.
jam 15.40 WIB
sambil bercucuran keringat dan terengah-engah, gw kumpulin draft-nya ke mba Reni sambil nanya
"Mba boleh ga hari Selasa pagi saya ganti isi draft-nya"
"Oh boleh"
"Trus boleh saya minta lagi form pengajuan sidangnya?Yang punya saya ilang"
(diberikan form)
"Kalau saya kumpulin ininya nanti gapapa juga mba?"
"Iya gapapa"
"Makasih mba"

trus gw liat ada Bu dosbing di TU dan gw langsung minta TTD-nya
"kamu ke mana aja? Baru minta ttd sekarang? Baru tadi saya kirim pesan ke kamu."
"Oh iya Bu, tadi saya abis nge-print"
(Bu dosbing tanda tangan)
"Saya ga baca lagi ya draft-nya. I trust you loh ya."
"Oh iya Bu, makasih Bu" (garuk-garuk kepala)
"Sidangnya saya jadwalin jam setengah 3 sore."
"Baik, Bu"
"Buat latian sidangnya sama temen-temen aja ya. Saya ga bisa..tapi kalo kamu mau kirim ppt-nya buat saya cek, kirim aja lewat e-mail."
"Baik Bu"
"Ok, Good luck ya!"
"Terima kasih Bu"
.
.
.
kembali ke lab..terduduk lemas...cape abis lari-lari dan masih keringetan...
oke gw mesti cepet nyelein ppt-nya...
hari itu, Adnan, salah satu asisten LRSKE akan sidang jam 17.00 WIB.
Gw bantuin dia dulu de buat notulensi sidang.
Jam 18.30-an sidangnya selesai.
Gw pulang dijemput aa tercinta trus makan sate padang di Plesiran.
Gw critain d kalo gw bakal sidang hari Selasa jam 15.30 WIB.
Trus sampe di kos, gw selesein ppt gw. Oia, gw juga uda minjem kunci ruang seminar RSKE buat dipake latihan sidang. Gw juga minta bantuan temen-temen buat bantuin latihan sidang hari Sabtunya.
.
.
.
Sabtu, 15 Agustus 2015
Ternyata banyak yang berhalangan hadir, jadinya dibantuin ama Mr. Kibo dan Evan aja
Tapi pertanyaan-pertanyaan dari mereka menohok banget buat gw karena gw ga bisa jawab :(
.
.
.
Senin, 17 Agustus 2015
Nah gw juga minta hari Senin buat dibantuin latihan sidang lagi
Hari itu banyak yang bantuin gw latihan sidang!
Dan banyak saran buat ppt gw biar lebih bagus dan saran gimana gw mesti jawab..
Makasih banyak teman-teman TI-MRI-ku tercinta
.
.
.
Jeng! Jeng! Jeng!
Selasa, 18 Agustus 2015
Sumpah sepanjang hari Sabtu sampe Selasa gw tegang dan sakit perut tiap inget bakal mau sidang.
Akhirnya hari-H tiba juga
Sebelum gw, ada Andi yang sidang. Wah pas gw ngeliat ke ruang sidang Andi, gw sakit perut. Uda d gw ga nonton dan menunggu harap-harap cemas.
dan jam 15.30 WIB tibalah waktunya gw disidang...
deg deg deg
gemeter tangan gw megang mouse yang gamau nyala-nyala
akhirnya gw pencet-pencet arah panah aja d buat ganti slide.
dan gw mulailah presentasi sidang setelah Bu dosbing membuka sidang. Setelah itu, tibalah saatnya gw diuji.
Terima kasih Tuhan!
flow saat dosen penguji nanya tuh bagus..ga aneh-aneh..ya meski ada pertanyaan yang ga bisa gw jawab.....
.
.
.
Finally!
Gw LULUS! YEAAAY!!!

Foto sama Mr. Kibo

No comments:

Post a Comment