Tugas Akhir, Hantu bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

May 31, 2015
Semester 7
Pertama kali bersentuhan dengan yang namanya Tugas Akhir (TA) alias SKRIPSI....

Minggu Pertama
Wah dosen mata kuliah TA 1 sudah mulai menugaskan untuk memikirkan topik TA dan cari dosen pembimbing!

Minggu Kedua
Puji Tuhan bisa jadi asisten Lab, jadi dapet arahan sama beberapa dosen Lab buat milih dosen pembimbing beserta topik-topik TA yang siap dipilih. Alhasil diputuskanlah untuk mengambil topik Hubungan Kepribadian Tipe A/B dengan Risky Driving Behavior. Topik ini bukan gw sendiri yang mikirin, tapi gw pilih dari list topik TA yang diberikan oleh salah satu dosen Lab.

Minggu Ketiga hingga Awal November 2014
Jemari sudah mulai mengetik bab 1 dan sedikit menyentuh bab 2, meski disibukkan oleh tugas-tugas kuliah dan tugas praktikum (PLO) yang menggila itu!

November 2014
Selesai juga dengan bab 3 dan proposal siap dikirimkan melalui surel ke dosen pembimbing dan dosen TA 1. Karena kedua dosen tidak mengharuskan untuk mempresentasikan proposal tersebut, keluarlah nilai TA 1-ku dengan nilai yang baik. :) Thanks God.

Semester 8
Setelah bersenang-senang ria bersama teman seangkatan mengikuti "kuliah kerja" di 3 kota (Surabaya-Bali-Malang), kembalilah gw ke dunia nyata.....TA!
Di semester 8 ini, gw mengambil 2 mata kuliah tambahan, jadi masih ada kewajiban untuk ke kampus meski cuma sehari, yaitu hari Selasa!
Jam 9-12 untuk kuliah Ergonomi Makro dengan dosen Pak Iftikar Z. Sutalaksana.
Jam 1-4 untuk kuliha Manajemen Pemasaran dengan dosen Bu Hasrini Sari.
Super sekali kan jadwalnya...bisa pas gitu! Hahaha... :D

Minggu Pertama
Menjalani perkuliahan tanpa memikirkan TA

Minggu Ketiga
Mulai ditanyai dosen pembimbing bagaimana kelanjutan TA-nya. Oh no!!!
Tapi makasih banyak Bu atas perhatiannya..kalau tidak ditanya..bisa-bisa ditelantarkan! Hahaha...
Hasil bimbingan, keluarlah serentetan kerjaan..yaitu dengan melakukan pencarian kuesioner tipe kepribadian. Gw mulai kaya anak Psikologi, nyariin kuesioner kaya gitu...hahaa

Maret 2015
Setelah mengubek-ngubek dunia maya dan buku di perpus...di saat-saat terakhir sebelum bimbingan, ketemu juga kuesioner yang cocok! Glazer Stress Control Life-style Questionnaire. Setelah dapat, dosbing meminta untuk melakukan back translate kuesioner itu! Terima kasih kepada kedua sohibku Devi Tania Ulitha dan Michael Ingga Gunawan untuk kontribusinya dalam pengerjaan TA-ku, yaitu melakukan translate ke dalam bahasa Indonesia. Tapi, tidak cukup sampai di situ, gw masih harus cari native Inggris...pusing dong..siapa coba bule yang bisa Indo yang gw kenal??? Dan ternyata..gw inget kalo sodara gw dari kecil uda di Australia. Gw kontak dia via BBM...dan tadaaaa jadi de...
Setelah diskusi lagi sama dosbing, kuesioner tipe kepribadian yang versi Indo tersebut siap disebar!

April 2015
Wah...mulai de hari-hari gw di simulator! Dari pertama belajar simulator sama Kak Shofi dan asik sendiri nyetir mobil di simulator. Hahaha...Juga saat-saat gw merasa udah cape ngejelasin hal yang sama berulang-ulang ke responden tentang cara menggunakan simulator tersebut.

Mei 2015
Gila! Gw mulai gila!
Susah banget nyariin responden dengan tipe kepribadian B!! Sampe detik ini, 31 Mei 2015, responden tipe B gw baru 3 orang!!!! Padahal butuh 30 orang responden :(
Akhirnya gw curhat deh ke dosbing kalo susah bener nyari yang B. Uda segala cara dilakuin...sebarin kuesioner di berbagai media sosial seperti FB dan Line.. Bujuk-bujuk kenalan buat nyebarin kuesioner....bahkan sampe datengin himpunan-himpunan anak SR ITB buat nyebarin tu kuesioner!!! Tetap sajaa...nihil :(

Dan tepat hari ini, gw baru disentil sama khotbah pendeta tadi pagi....seharusnya gw punya iman dan kharakter seperti Abraham yang selalu tanya sama Tuhan harus pilih yang mana...gw malah kaya Lot yang nentuin aja sendiri jalan yang gw pilih! Hasilnya??? Oke gw sekarang lagi kena musibah kaya Lot yang kena musibah karena kota tempat tinggalnya diserang dan harta bendanya dirampas juga ditawan pula!
Akibat kesoktauan gw...jadinya begini de....dan gw terpuruk, mulai terkena virus malas.... Untung ga sampai terpuruk ke jurang dalam..Tuhan masih mengingatkan gw akan tanggung jawab gw ini melalui orang-orang yang ada di sekitar gw! Thanks again God :)
Ya bisa dibilang, TA ini uda kaya hantu buat mahasiswa tingkat akhir kaya gw! Bangun tidur,,,mulai stress mikirin TA gmn....lagi nunggu makan...kepikiran lagi...sampe mau berangkat tidur juga kepikiran...dia selalu aja menghantui hidup gw! Ya meski bisa sesaat dilupakan..tapi tetap aja hati ga tenang!
Satu hal lagi yang gw dapatkan hari ini, jangan cuma kerjanya mikirin aja...tapi harus take action! Eksekusinyaaa yang penting, bukan niatnya...dan selama bulan Mei yang gw lalui ini...gw cuma niatnya aja ngerjain...tapi ga disentuh-sentuh...satu kata pun ga gw ketik buat nambah sesuatu di TA gw...gw cuma berkutat sama data yang ga kunjung didapat....dan gw juga ga ngerti gimana ngolahnya! Untuk itu, gw udah mulai bertekad dan mulai menggumulkan terus TA ini.....Tapi beneran bukan tekad doang....gw juga harus mulai eksekusi TA gw! Oleh sebab itu....sudah dulu ya!




No comments:

Powered by Blogger.