Radang Tenggorokan - Wabah Lagi

August 11, 2023

Halo, apa kabarnya? Semoga pembaca semua sehat-sehat ya. Beda dengan gw yang saat ini lagi sakit. Hiks. Awalnya tanggal 3 Agustus tuh gw ga enak tenggorokan. Radang Tenggorokan gitu. Akhirnya konsul ke HaloDoc dan diresepkan antibiotik Cefixime 200mg. Plus Rhinos SR dan Loratadine untuk pileknya. Maklum selain radang, hidung gw berair plus bersin-bersin tiada henti. Ga kuat untuk kerja juga. Sampai ijin untuk rebahan sebentar supaya ga bersin-bersin terus. 😷

Antibiotik sudah habis, sebetulnya sudah sembuh tuh radang tenggorokan gw. Eh malahan tanggal 8 Agustus kemarin jadi gatal-gatal tenggorokan. Terserang batuk. Alamak! Bisa jadi sih karena ketularan Baby Z. Maklum si Z nih sudah pilek dari 31 Juli. Sudah baikan, eh malah kena batuk berdahak dong di hari Senin kemarin, jadi batuk pilek sekarang. Bahkan di hari Selasa dan Rabu sampai muntah karena batuk-batuk. Kasian. 😭 Nah karena ngurusin si Z yang rewel subuh-subuh ga bisa tidur, maunya digendong sama gw, jadilah gw begadang dan kurang tidur. Akhirnya tumbang juga deh Kamis kemaren jadi sakit nelan. Astaga naga.

Ga cuma gw doang yang kena radang tenggorokan. Banyak circle gw yang juga ngalamin sakit flu atau radang tenggorkan. Bukan flu biasa deh karena sampai harus bed rest gitu. Apakah  wabah lagi? Karena gw ga antigen, jangan-jangan kena Covid? 😭

Tapi faktor lain bisa jadi karena cuaca Jakarta dengan polusinya yang parah. Atasan gw yang tinggal di apartemen cerita kalau lihat ke jendela, terlihat langit Jakarta yang kelabu. Bukan mendung, tapi polusi udara yang begitu parah. 😣 Kayanya kalau keluar rumah harus tetap pakai masker deh. Daripada hirup polusi kan.

Sekian update radang tenggorokan gw kali ini. Memang sih penyakit satu ini tuh sering banget mampir di hidup gw. Pola makan gw juga memang kacau lagi sih akhir-akhir ini. Ngemilin micin mulu. 😅 Emang ya harus tetap jaga pola makan supaya ga terserang penyakit. Huft.

14 comments:

  1. belakangan ini banyak banget yang lagi kena penyakit tengorokan dan pernapasan, Ci 😓 banyak yang bilang dugaan besarnya karena polusi udara. semoga lekas sembuh ya, Ci Frisca 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Jakarta polusi paling parah nomor 1 kan sedunia ckckck

      Delete
  2. mana udah udara di jakarta begitu lagi ya
    gws kak,
    istirahat cukup dah itu,
    saya sih langganan flu, entah itu flu biasa apa covid. udah langganan, kalau udah flu berat....
    gliyengan beberapa hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaak, udara Jakarta polusi bingit...
      makasih ya kak. Mau istirahat cukup juga gimana... masih kerja dan ada anak yang minta diurus. Jadi gitu dah kak. Jalanin aja 😅

      Kalo pas flu berat, aku juga sama, ambruk. Ga bisa kerja hahaha soalnya bersin-bersin mulu kan, dan mata berair.

      Delete
  3. Kualitas udara Jakarta memang sudah kelewatan polusinya, kalau ngga pintar menjaga kesehatan dan mengatur pola makan gampang sekali tumbang terserang penyakit tenggorokan dan pernapasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak! Memang harus jaga pola hidup sehat nih

      Delete
  4. Memang cuaca lagi ga bersahabat kayaknya mbk...moga cepet pulih yah...banyakin minum air putih ...emang kalau liat langit Jakarta sampe Tanggerang kayak berkabut gitu pas saya balik ke Lampung kemarin...polusinya gak ketulungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga ketulungan polusinya.. wong sampe peringkat 1 kan ckckck
      air putih sudah 2,5lt sehari kuminum, tetap saja nih kak ga sembuh-sembuh 😅

      Delete
  5. Furi bisa coba cari air purifier yang pake HEPA filter untuk bisa menyedot polusi (khususnya PM 2.5), yang banyak menyebabkan banyak kasus ISPA akhir akhir ini. Semoga bisa membantu meringankan sakit yang dialami. Semoga lekas sembuh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes kak. Sudah pakai air purifier sebetulnya di kamar. Makasih kakak untuk rekomendasinya ya ^^ BTW kakak sendiri pakai merk apa nih?

      Delete
  6. segera pulih mbak
    Kalau buat nelen udah sakit, ini nyiksa banget, mau makan jadi nggak lahap.
    AKu dulu pernah sampe ilang suaranya mbak, awalnya makan gorengan padahal cuman sekali, malemnya tumbang, suara ilang, sampe pingsan hahaha

    Berita akhir akhir ini yang muncul adalah polusi udara di Jakarta, hiks, jadi sedih, better pake masker juga kalau keluar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya kak Ainun. Puji Tuhan sekarang sudah sehat kembali 🥰 Kemaren sakit nelannya cuma semalam aja sih untungnya. Cuma memang batuknya lamaaaa banget sembuhnya. Ampun deh.

      wah kalo sampe suara hilang sih kacao banget ya kak. Eh terus sampe pingsan. Pas pingsan ga sendirian kan kak? huuhuhu

      Iya Jakarta jadi negara paling polusi sedunia... 😣

      Delete
  7. Mba friskaaaa, cepat sembuuuh 🤗🤗. Banyaaak yg sakit mba. Aku sih mikirnya Krn cuaca jakarta parah bgttttt. Lah aku udh 2 Minggu batpil, ga sembuh2.

    Awalnya ketularan Ama anak2 yg lagi batpil juga. Ini kalo sampe obat yg biasa aku minum ga sembuh, ya udhlah, ke dokter deh. Hrs antibiotik kayaknya .

    Kenapalah cuaca di sini jelek bgt yaaa 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih sama kak Fanny. Aku batuk juga lama bangetttt. Sampe minum 2 antibiotik dong. Soalnya ga kelar-kelar 😣 Kak Fanny juga cepet sembuh juga yaaa. Cuaca Jakarta memang lagi parah banget. Polusinya ituu astaga ckckc Semoga bisa segera teratasi ya polusinya ini. Amin

      Delete

Powered by Blogger.