Anime Review: Attack on Titan Season 1

March 05, 2023

Jarang-jarang nih update label Anime. Kali ini pengen bikin anime review Attack on Titan Season 1. Sebetulnya, sebelum gw nonton anime Attack on Titan, gw terlebih dulu baca manga-nya. Tentu saja supply manga didapat dari Mr. Q saat jaman masih kuliah. Gw tinggal pinjam saja manga Attack on Titan yang memang doi koleksi. Maklum mahal ceu harga manga Attack on Titan tuh… Jadi kalau ada yang sudah beli, kenapa engga dipinjam saja kan? 🤪

Attack on Titan Season 1 (2013)

Sutradara

:

Tetsurō Araki

Penulis

:

Hajime Isayama (manga); Yasuko Kobayashi

TV

:

MBS TV

Jenis Film

:

Dark Fantasy

Total Episode Season 1

:

25 episode

Tanggal Rilis

:

7 April 2013


Sinopsis Attack on Titan Season 1 - 進撃の巨人

Berabad-abad yang lalu umat manusia dibantai oleh makhluk humanoid mengerikan yang disebut titan. Titan ini senang memakan manusia, sehingga sisa-sisa umat manusia yang bertahan hidup, kini harus hidup dalam ketakutan, terkurung di dalam tembok yang sangat besar.

Selama ratusan tahun, umat manusia dapat bertahan hidup di balik tembok tanpa ada satu pun titan yang mengusik. Namun, ketenangan yang rapuh itu pun hancur saat titan kolosal tiba-tiba muncul dan berhasil menghancurkan tembok luar yang seharusnya tak tertembus. Selain titan kolosal, muncul juga titan jirah yang kulitnya sangat keras hingga tak bisa ditebas mata pisau. Penduduk di daerah tembok luar tersebut pun terdesak hingga harus mengungsi ke bagian dalam. Meski begitu, tak sedikit umat manusia yang mati dimakan titan pada saat kejadian tersebut.

Eren Yeager (Yuki Kaji), salah satu penduduk di daerah tembok luar harus menghadapi tragedi pahit karena ibunya dimakan titan. Merasa tak berdaya, Eren pun bertekad untuk bergabung dalam tim pasukan pengintai agar bisa membasmi titan. Mikasa Ackermann (Yui Ishikawa) yang peduli dengan Eren, ikut bergabung dalam tim pasukan pengintai. Juga Armin Arlelt (Marina Inoue), yang merupakan teman sepermainan Eren dan Mikasa.

Akankah umat manusia menang melawan titan dan hidup bebas tanpa harus terkurung dalam tembok? Mengapa titan kolosal bisa tiba-tiba muncul? Akankah Eren mengetahui rahasia di ruang bawah tanah rumahnya? 

Review Attack on Titan Season 1

Sebetulnya gw tuh kurang suka dengan model gambar titannya. Masih agak kasar gitu gambarnya (kaya gw jago gambar aja ya) 😜 tapi memang itu ciri khasnya sih. Rupa titan yang menyebalkan. Wkwkw

Anime-nya sebetulnya ga jauh beda sama manga-nya. Tapi tentu saja manga akan lebih detil ketimbang anime. Di anime-nya sendiri, kadang suka ada selingan untuk menjelaskan detil kejadian. Misalnya alat-alat perang yang dipakai (3D maneuver/meriam/pisau baja), pembagian daerah dalam tembok, kategori/divisi militer pembasmi titan (ada polisi militer, pasukan pengintai, dan penjaga tembok), dan lain sebagainya. Selingan ini membantu penonton untuk memahami lebih detil cerita dalam Attack on Titan. Gw suka pause bagian ini nih untuk gw baca pelan-pelan.

Jalan cerita tentu saja bikin deg-degan. Apalagi saat lawan titan dan banyak yang mati dimakan titan. Rasanya keikut sedih deh melihat teman-teman seperjuangan yang mati. Apalagi melihatnya dengan mata kepala sendiri tapi ga bisa berbuat apa-apa. 😭

Dalam Attack on Titan Season 1 ini, jalan cerita lebih ke arah kemunculan titan kolosal, titan jirah, dan titan wanita. Serta awal mula Eren, Mikasa, dan Armin masuk ke akademi pasukan pengintai, hingga akhirnya lulus dan terjun ke misi. Misteri satu per satu mulai terkuak. Tapi kalau di season 1 ini sih baru kulit-kulitnya doang. Jadi bikin greget deh nontonnya. Paling kaget saat tahu soal misteri dinding sih. Wah penasaran abis. Terus ternyata manusia bisa berubah jadi titan. Salah satunya ya si Eren yang dia sendiri pun ga tau kenapa bisa berubah begitu. Justru itulah yang bikin gw makin penasaran!

Cerita Attack on Titan ini bukan melulu soal manusia lawan titan. Tapi ada unsur politik-politik dari kubu ekstrim kiri yang pengen manusia punah. Juga cerita soal persahabatan, sedikit romansa antara Mikasa dan Eren (gw nge-ship mereka berdua), soal kesetia kawanan, dan soal pengkhianatan.

Buat gw sih anime ini menghibur dan seru abiiiss. Maklum ceritanya sukses bikin gw penasaran. Oia, genre-nya tuh dark jadi yah gitu, agak serius-serius gimana gitu nontonnya. Menurut gw sih kalau pengen santuy, jangan nonton ini. Anime satu ini bikin memacu adrenalin soalnya. 🤣

Saking gw suka dengan Attack on Titan, gw sampai beli jubah pasukan pengintai loh saat main ke Universal Studio. Apalagi dipakai di sana, tiap ketemu petugas Universal Studio, pasti gw dikasih salam pasukan pengintai dengan mengepalkan tangan dan ditepuk ke dada. Terus gw jadi berasa pasukan pengintai beneran. Hehehe.

Soundtrack dari Attack on Titan Season 1 ini ada 4. Pada episode 1-13,5 lagu pembukanya adalah Feuerroter Pfeil und Bogen (紅蓮の弓矢 Guren no Yumiya) yang dinyanyikan oleh Linked Horizon. Sedangkan untuk lagu penutupnya adalah Utsukushiki Zankoku na Sekai (美しき残酷な世界) oleh Yōko Hikasa. Pada episode 14 hingga 25, lagu pembukanya adalah Die Flügel der Freiheit (自由の翼) yang juga dinyanyikan oleh Linked Horizon. Sedangkan untuk lagu penutupnya adalah Great Escape oleh Cinema Staff.

Sejujurnya untuk soundtrack-nya sih ga masuk ke selera musik gw. 🤣 Gw ga suka sama lagu-lagunya. Jadi sering gw skip tuh untuk dengerin lagu pembuka maupun penutupnya. Untuk lagu oleh Linked Horizon pakai nada marching gitu sih. Dari keempat lagu itu, yang masih masuk buat gw ya lagu-lagunya Linked Horizon. Nempel di kepala gw melodinya.

Untuk nonton anime Attack on Titan ini sebetulnya cukup mudah, ada di Netflix juga ada di Disney Hotstar. Gw sendiri sih nontonnya dari Telegram. 😛

Rating untuk Attack on Titan Season 1 ini buat gw sih bisa dikasih 9 bintang! Ga menyesal sih gw nonton ini. Kalau kalian, ada yang nonton Attack on Titan juga kah?

⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐(9/10)

10 comments:

  1. Aku belum nonton Ciii 😂 kata Prikitiew ini anime serius dan agak bikin bingung, kasihan sama otakku takut nggak sampai katanya 😤😂. Tapi aku denger ceritanya menarik banget sih. Cici udah baca manganya sampai tamat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ini anime serius tapi masih sampai lah. Lia uda pernah nonton Game of Thrones kan? Kalau itu aja bisa, nonton AoT pun bisa wkwkwk

      aku belum baca sampai tamat. Animenya pun baru kelar season 2 😂

      Delete
  2. ini ada season baru juga di netflix, dan belum nonton juga saya, tapi ini anime pertama yang saya tonton selama libur jadi wibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keluar season baru ya.
      Animenya memang bagus sih meski dark yaaaa haha

      Delete
  3. Nonton anime ini langsung lompat jadi gak ngerti. Wkwk. Tahu2 ada Titan Colossal. Tahu2 Eren berubah jadi tulang berjalan. Memang nekad.Tapi tetap seru sih. Cuma ya itu ga di rekomen kalau untuk anak kecil krn banyak adegan gore...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kenapa langsung dilompatin? Haha betul adegannya gore. Orang-orang dimakan. Darah muncrat-muncrat yak 😣

      Delete
  4. Kak Frisca!! apa kabar kak? aku udah lama banget gak mampir ke blog kk hehe.

    Wahh udah nonton season 1 ya kak, kira2 mau lanjut ke season 2 nya gak?
    omg sampe beli jubahnya segala wkwkwkk, dari semua tokoh yg ada, yang paling Kak Fris suka yg mana?

    Coba dengerin soundtrack yg judulnya call your name kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo reka!! Kabar baik. Reka apa kabarnya juga??
      Iya nih kujuga uda lama ga bw ke kamu… saking uda lama jg ga buka blog haha

      Season 2 sudah kutonton jg 😂
      Lagi season 3 belom tamat
      Iya aku sampe beli jubahnya karena berasa keren 😎 bocah bgt ya aku 😆

      Aku suka karakternya mikasa hahaha
      Wah baik kucoba dengeriinn. Itu instrumental ya?? Relaxing gitu yaak

      Delete
  5. Wah.. Saya udah nonton animenya mbk, yang belum tinggal season terakhir aja, karena nggak tahu kenapa saya pusing nonton yang season terakhir padahal udah lama nunggu. Menurut saya anime ini keren banget sih, bikin saya maraton saking penasarannya. Tapi idola saya bukanlah eren melainkan bang Levy😂😂
    Saya juga suka kaget waktu nonton karena banyaknya tokoh yang mati, yang saya kira bakalan selamat eh ternyata malah mati.
    Untuk soundtrack saya juga suka skip mbk, kelamaan mau langsung nonton animenya aja😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Levy keren memang. Meski kecil (tidak tinggi kan badannya) tapi cabe rawit ya kak hehehe
      penasaran banget sampe skip aja ya kak lagu-lagunya hehehe

      Delete

Powered by Blogger.