Resep Oseng Mercon Cumi

October 25, 2022

Februari awal, saat belum lama lulus jadi Sarjana Covid, di kulkas ada cumi asin, terpikirlah ide untuk mengolahnya. Hmm, dibikin oseng mercon enak nih ya ... Langsunglah gw cari resep Oseng Mercon Cumi. Kira-kira beginilah resep yang gw praktekan supaya nanti gw bisa bikin ulang resep ini (baca: ga susah cari resepnya lagi 😜)

Bahan-Bahan Oseng Mercon Cumi

1 plastik cumi asin (banyaknya sesuai selera saja), cuci bersih
2 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah cabai merah, potong
3 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas, geprek
1 batang serai, geprek
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
1 sdt gula pasir
200ml air
5 cabai rawit utuh (bisa dibikin 20 kalau mau benar-benar pedas)
minyak secukupnya

Cara Membersihkan Cumi Asin

  1. Rebus air.
  2. Saat sudah mendidih, matikan api.
  3. Masukkan cumi asin ke dalam air mendidih tadi.
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Tiriskan cumi asin dan siram pakai air keran untuk membersihkan cuminya. Hal ini juga membantu supaya cumi tidak terlalu asin.

Cara ini berlaku untuk cumi asin ukuran kecil. Kalau yang cukup besar, bisa bersihkan kulit dan isi perutnya.

Cara Membuat Oseng Mercon Cumi

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah pakai blender.
  2. Tumis menggunakan minyak secukupnya.
  3. Masukkan lengkuas, daun jeruk, dan serai.
  4. Aduk dan masak hingga bau langunya hilang. Gw sendiri bingung bau langu itu apa, jadi gw sih masak sampai warnanya berubah dan agak kering.
  5. Masukkan cumi yang sudah dibersihkan dan cabai rawit.
  6. Aduk hingga merata.
  7. Masukkan garam, merica, dan gula pasir.
  8. Beri air dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap.
  9. Sajikan.

Rasa asin dari cuminya sendiri tidak begitu ketara kalau dibersihkan terlebih dahulu. Ada juga yang bilang supaya cumi tidak begitu asin, direndam dalam air garam. Tapi gw cukup menggunakan cara yang gw tuliskan di atas.

Overall, gw suka dengan rasa yang dihasilkan dari resep ini. Cabai rawit yang dipakai tidak terlalu banyak juga supaya tidak kepedesan. Maklum gw sedang hamil saat bikin ini. Pedes-pedes kan ga baik katanya bagi ibu hamil. Hehe. Kalau kalian gimana nih bikin oseng mercon cuminya? Suka yang pedas bingit kah?

6 comments:

  1. kayaknya enak banget, jadi pengen coba bikin

    ReplyDelete
  2. Aku yang baca ini berasa dejavu. xixixi 😁
    Ahhh cumi asin sih emng terbaik ya mba.. Nothing can beat them! wkwk 😆 aku punya tempat makanan langganan yang selalu siap sedia cumi asin. Kadang kalau abis balik gawe. sering bungkus 5000 abis itu dimakan pake nasi anget.. Wahh syedaaappp..

    Btw, aku ya nggak tahu bau langu seperti apa.. 😚 wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cumi asin emang terbaik bayu hihihi. Wah sedap bingit pasti tu makan cumi asin pake nasi anget terus pakai tangan langsung makannya aiiihhh

      sama Bayu, bingung ya apaan tuh bau langu hahaha

      kapan-kapan coba masak cumi asin sendiri Bayu hihihi

      Delete
  3. Pastinyaaaa, kalo aku bikin yg pedeees bangeeettttt 😍😄😄😄. Enaak nih kayaknya mbaaaa 😘. Aku jarang masak cumi asin, Krn jujur ga kuat dengan asinnya itu. Tapi bisa lah aku coba resepnya ntr.

    Kalo masak oseng mercon, aku biasanya pake kikil mba. Gara2 suka bangt Ama oseng mercon yu Narti di Jogja 😄. Jadi bikin sendiri. Tapi kalo yu Narti banyak pake lemak, aku cukup kikil aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya sihh! Kak Fanny kan kuat bingit ya makan pedass hahaha Kebayang aku kalo cabe yang bakal dipakai kak Fanny bisa berbiji-biji hahaha 😁

      Bisa dicoba rebus dulu kak biar asinnya hilang, so far pakai cara itu jadi ga asin bingit sih kak hehe

      Wah iya pakai kikil juga nikmat yak dioseng mercon gini. Hmm jadi ngebayangin hehe

      Delete

Powered by Blogger.