Perjuangan MengASIhi

November 16, 2022

Memasuki momen motherhood, yang pertama kali gw rasakan tentu saja bingung. Gw harus mulai belajar untuk mengASIhi, dalam artian memberikan kasih kepada si bayi dengan memberikan ASI (air susu ibu). Saat masa hamil, gw sempat terbayang-bayang bagaimana sih rasanya memberikan ASI langsung. Apakah gw sanggup? Gimana caranya? Kok bisa ya Tuhan ciptain badan ini sedemikan rupa sehingga yang awalnya ga ada keluar ASI, eh tiba-tiba bisa memproduksi ASI. Luar biasa memang Tuhan itu. 😇

Yang awal-awal gw lakukan adalah bertanya pada sohib yang sudah duluan memasuki motherhood. Terbentuklah grup WA dengan member mahmud alias mamah muda. 😜 Dari obrolan bersama para mahmud, gw mengetahui sumber untuk gw mulai belajar mengASIhi adalah lewat akun Instagram bernama @stephanieking. Mulailah gw dikit-dikit baca postingan doi yang memang akunnya merupakan akun tentang menyusui. Gw juga sempat tanya ke temen mahmud lain yang ga tergabung dalam grup WA tersebut dan dikasih taulah akun IG @asiku.banyak. Gw baca juga postingan-nya dari bawah dan wow, informatif sekali. Terutama untuk new mom kaya gw.

Dari sumber-sumber tersebut plus kelas menyusui dari RS, gw baru tau kalau ASI itu ga langsung keluar. Jarang yang habis lahiran langsung keluar ASI banyak. Kalau ASI bisa keluar langsung, puji Tuhan, kalau ga langsung keluar jangan stress juga karena stress itu salah satu faktor yang bikin ASI susah keluar. Menurut suster di kelas mengasihi, ASI itu keluar puncaknya di hari keempat setelah melahirkan. Awal-awal yang keluar adalah kolostrum, cairan yang kental dan berwarna kuning, nanti akan transisi menjadi ASI yang berwarna putih dan bertekstur cair.

Lalu sebagai ibu baru, jangan panik juga kalau bayinya ga minum ASI di hari pertamanya karena bayi baru lahir itu kuat untuk tidak minum maksimal 3 x 24 jam. Tapi ada juga sih ibu yang mau langsung kasih susu formula pada bayinya. Gw sendiri memilih untuk ASI eksklusif. Jadi setelah lahiran, suster tuh langsung nanyain gitu mau ASI eksklusif atau campur susu formula. Gw dengan mantap bilang ASI eksklusif karena gw meyakini bahwa bayi baru lahir kuat lah ga minum ASI 3 hari dan gw optimis ASI gw keluar di saat yang tepat untuk baby Z.

Di hari pertama sih memang gw ga menyusui sama sekali. Cuma pegang-pegang baby Z dari samping gw karena gw masih belum bisa gendong apalagi menyusui. Barulah di hari kedua dan seterusnya kolostrum keluar. Infonya sih kolostrum ini tuh baik sekali untuk bayi baru lahir karena gizi di dalamnya sangat bagus. Puji Tuhan gw bisa memberikan kolostrum itu untuk baby Z. Oia, bahkan dari sebelum lahiran pun bisa loh ngeluarin kolostrum. Bisa cek dari kontennya @stephanieking yang bahas tentang kolostrum. Doi sih sampe beli alat buat simpannya gitu. Gw sendiri sih kaga sampe repot siapin gitu segala dah. Langsung aja nanti disedot sama baby Z. Ehehehe. positive thinking aja gitu akan keluar kolostrum.

ASI gw sebetulnya ga bisa dibilang banyak sih awal-awal, tapi at least keluar sehingga baby Z tidak kelaparan. Selain perjuangan soal ngeluarin ASI, gw juga berjuang alias belajar untuk menemukan cara posisi menyusui yang nyaman. Aseli, karena gw baru pertama kali menyusui, posisi gw tuh kagok banget. Sesi menyusui itu tuh menjadi sesi yang ga nyaman buat gw. Pundak gw pegel, tangan gw pegel. Apalagi perut masih sakit efek operasi. Wah ga enak dah! Setelah dokter kandungan gw visit dan lihat posisi menyusui gw saat itu, barulah gw tau kalau posisi gw selama ini tuh salah. Dokter Hendrik malah yang koreksi posisi gw, bukan suster RS. Salah gw juga sih karena gw ga nanya posisi yang bener. Suster RS cuma infoin pelekatannya aja, padahal posisi badan gw kaku.

Dari sejak dikasih tau oleh dr. Hendrik, makin lama makin nyaman posisi saat gw menyusui baby Z. Uda ga pegal-pegal lagi. By the way posisi ternyaman gw itu adalah posisi cradle hold. Orang bilang sih enaknya tuh posisi side lying gitu. Tapi sempet gw cobain tuh di RS, berhubung baby Z mungil, jadi sulit pelekatannya. Jadi balik lagi lah gw dengan posisi cradle hold. Oia, posisi side lying ini memang baiknya untuk bayi berumur 3 bulan ke atas saat ukurannya sudah lebih besar. Soalnya ada potensi tertindih kalau semisal si ibunya ketiduran.

Bayi itu bisa merasakan loh kalo ibunya stress gengs. Jadi kalo bayi nangis melulu, konon sih bisa jadi karena dia merasakan "stress" ibunya, jadi dia ikutan stress gitu. Kalo ibu ga nyaman saat menyusui, si bayi pun jadi ikutan ga nyaman juga saat menyusui. Karena baca soal ini, gw pun selalu berusaha memposisikan hati dan pikiran gw untuk tetap bahagia. Terima kasih juga untuk Mr. Q yang sangat suportif bantuin gw urus baby Z dan urus gw. Terutama di seminggu pertama saat gw melahirkan. Aseli guys, melahirkan itu sakit 😭 Mau dibilang lahiran ERACS yang katanya ga sakit pun pasti sakit sesudahnya. Tinggal pilih aja mau sakit di awal atau sakit di akhir. Apalagi untuk kasus gw yang alergi terhadap salah satu pain killer. Alhasil gw kesakitan bingit sesudah melahirkan. 😭 Mau bergerak naik turun kasur aja syulit. Tapi harus bergerak karena gw harus memposisikan diri dari tidur ke posisi duduk untuk nyusuin baby Z tiap dua jam sekali. Kalau gw ingat-ingat lagi di sebulan awal gw mengurus baby Z, rasanya pengen peluk dan tepuk pundak diri sendiri sambil bilang, lo kuat dan hebat bisa laluin itu semua. ☺

Sebagai penutup, plis guys jangan mom shaming. Ibu habis melahirkan itu hormonnya jumpalitan dan potensi menjadi stress dan depresi sangat tinggi. Nah jadi kalau ada kritikan ke si ibu sehabis melahirkan itu akan menjadi hal yang sensitif bingit gitu buat si ibu. Untunglah circle gw tidak toxic. Ada sih selentingan kritik terdengar, tapi masih bisa gw terima dengan baik. Gw pun menjalani hari-hari sebagai ibu baru dengan tidak berakhir depresi atau mengalami postpartum depression. Kalau baca kisah ibu yang mengalami ini tuh rasanya keikut sedih deh. Maka dari itu, semua ibu itu hebat. Mau dikata ga bisa nyusuin langsung alias mommy eping (exclusive pumping), bayinya minum susu formula, working mom, fulltime mother, dan lain sebagainya, semua ibu itu hebat, sama-sama melakukan perjuangan mengasihi. Ga ada yang lebih bagus atau lebih jelek karena pasti setiap ibu itu pengen kasih yang terbaik untuk buah hati dan keluarganya. Iya toh?

8 comments:

  1. Semangaaat mba friskaaa 💃.. pasti bisa KSH asi ekslusif nya.

    Asi memang ga LGS kluar pas lahiran, apalagi yg lahirannya operasi. Biasa agak lebih lama. Aku juga operasi dulu. Waah kebayang mba kalo sampe alergi pain killer 😔. Sakitnya pasti dobel. Aku aja diinfus painkiller selama di RS, makanya ga terlalu rewel 😅. Aku ga kebayang kalo sampe ga pake itu.

    Bener mba, ga usah terlalu dengerin apa Kata2 orang yg bisa bikin stress. Kondisi masing2kan beda. Yg penting fokus aja Ama bayi kita sendiri. Aku dulu sempet babyblues lama pas sebulan setelah lahiran. Dan itu bikin aku ga mau nyentuh si baby samasekali. Ngeliat aja ga mau. Tapi untungnya support systemku, pak suami sabar sih. Mungkin dia tau juga pada dasarnya aku ga mau melahirkan, cuma Krn demi dia. Makanya selama aku babyblues itu, dia Dan babysitter yg bener2 ngurus si bayi. Jadinya ga ASI anak2ku..

    Makanya menurutku, support paling kuat itu suami sih. Ga peduli mau seperti apa hujatan yg datang, tapi dukungan dari suami itu yg paling berarti.yg bikin istri2 yg mungkin kaget dengan kondisi pasca lahiran, jadi bisa rileks dan pelan2 Nerima situasinya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn kak Fanny. Semoga bisa ekslusif hehe

      Iyaaaak nihh huhuhu sakit bingit karena ga bisa minum pain killer 😫

      Betul kak. Aku mode masuk kuping kiri keluar kuping kanan gitu sama kritikan orang hahaha Daripada aku jadi stress sendiri kan. Ga baik buat kau juga baby-ku nantinya. Huaa aku suka sedih deh kalo baca kisah-kisah ibu yang babyblues. Puji Tuhan support system kak Fanny mau bantuu dan sabar ya.

      Aku setuju kak. Kalo suami cuek bebek wah ga kebayang sih aku pas after lahiran itu. Bisa stress berujung depresi kali ya

      Delete
  2. Aku nggak paham sih mba.. Jadi cuma bisa bilang.. Semangat Mba Frisss... dan Sehat-sehat terus buat Baby Z.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti paham kalo uda jadi bapak hihihi

      Makasih Bayu semangatnya. Bayu juga sehat-sehat ya :)

      Delete
  3. Semoga sehat semuanya mb. Klo pengalaman kami saat anak pertama, istri sepertinya belum siap secara psikis sehingga kadang sensi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasih kak doanya ^^

      maklumi ya kak karena hormonnya kan berubah drastis jadi sensi deh hehehe

      Delete
  4. Tetap semangat mbak Friska, nanti juga ASI nya akan keluar sendiri bahkan banyak kalo sudah 4 hari. Betul itu, yang utama jangan sampai stress karena ASI malah susah keluar.

    Posisi menyusui memang awal awalnya bikin kagok, tapi lama-lama juga biasa.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama-lama uda biasa bahkan sampe encok karena uda kelamaan nyusuin hahaha
      Thank you supportnya mas Agus ^^

      Delete

Powered by Blogger.