Arcadia Quest: Siapa Bilang Main Game RPG Cuma Bisa di Gadget Doang?!

September 27, 2018
Sumber: https://boardgamegeek.com/image/3297428/arcadia-quest-inferno
Kali ini aku mau ceritain pengalamanku main Arcadia Quest Inferno. Board game ini muncul tahun 2017 dan sepertinya cukup banyak nih expansion-nya! Permainan yang bisa dimainkan oleh 2-4 orang ini memiliki durasi bermain sekitar 60-120 menit untuk menyelesaikan satu skenarionya. Padahal total skenario yang diberikan itu ada 7 loh. Makanya pembuat papan permainan ini memberikan kertas catatan untuk mencatat status permainan kita. Mana tahu di kemudian hari kita akan memainkannya kembali, jadi tidak perlu mengulang dari skenario satu lagi gitu.

Yah karena ini permainan RPG, so pasti setiap hero-hero yang kita miliki itu akan naik level gitu setiap kita menyelesaikan satu skenario. Nah jadi makin naik level pasti hero kita juga jadi makin kuat dong. Equipment yang kita punya juga makin bagus-bagus. Ga heran untuk memainkan permainan ini buth waktu seharian nih! Kemarin ini saja aku cuma selesai dua skenario dan aku memainkannya dari sore sekitar jam 4an sampai malam jam 9! Hahaha.

Sebagai informasi, ini hero-hero yang bisa dipilih untuk memainkan Arcadia Quest Inferno ini:
Sumber: https://www.reddit.com/r/ArcadiaQuest/wiki/heroes
Nah saat itu aku pilih jadi guild Shark karena berwarna biru. Hehe. Hero-hero yang aku dapat itu adalah Bjor of Oros, Mark, dan Sybbyl. Ah sayang banget deh dapat dua hero dengan ability yang kurang oke! Nih hasil polling dari forum boardgamegeek.com tentang status dari masing-masing hero di Arcadia Quest Inferno ini.
Sumber: boardgamegeek.com
Lihat kan?! Sybbyl itu weak-nya 55,6% dengan responden 15 dari 30! Gila ga?! Terus Bjor of Oros weak-nya 7.4%. Haduh butut-butut nih hero yang aku punya. Huhuhu. Memang sulit aku bertahan pakai ketiga hero ini. Tapi karena aku juga kurang berani menyerang sih dan sekalinya serang, eh ga ada hit-nya!! Asem. Oh ya, for your information, kita itu bisa menyerang demon yang ada di peta maupun hero musuh. Nah tiap kali kita menyerang, kita tuh mengocok dadu dengan jumlah dadu sesuai dengan equipment yang kita gunakan. Misal kita pakai bow dengan status 2 attack. Berarti kita bisa menyerang dengan mengocok dua dadu. Nah karena ini pakai dadu. Jadi untung-untungan! Kalau bagus, kita bisa dapat critical dan bisa mengocok lagi untuk tambahan hit. Sayangnya aku suka kurang beruntung! Jadi pas lagi nyerang eh malah ga kena-kena. Huhuhu.

Nah karena ini permainan RPG, jadi tiap skenario itu ada quests yang harus kita selesaikan. Kalau ada pemain yang sudah menyelesaikan dua quest PVP dan satu quest PVE, maka skenario tersebut sudah selesai. Quest PVP itu adalah quest player versus player. Jadi kita harus membunuh hero dari guild lain untuk menyelesaikan quest PVP ini. Nah untuk PVE itu bisa berbeda-beda tiap skenario. Oh ya, PVE itu adalah Player vs Environment. Untuk skenario satu, hero kita harus bisa membunuh Cerberus yang berada di dalam ruangan atau semua heroes kita berada di area tengah (enter the gate). Nah kalau kita bisa bunuh Cerberus, kita bisa mendapatkan pedang yang bagus banget dipakai di skenario selanjutnya. Sedangkan kalau kita berhasil enter the gate, kita akan mendapatkan title gitu. Oh ya, si Cerberus ini kan istilahnya NPC dalam permainan. Yang menggerakkan NPC selama permainan itu adalah pemain sebelum pemain yang sedang melakukan move. Jadi kalau pemain sebelum kita itu lupa menggerakkan NPC, beruntunglah kita karena NPC-nya ga gerak. Hihihi.

Saat skenario satu berlangsung, untuk menyelesaikan quest PVP itu saja aku setengah mati menyelesaikannya. Bisanya cuma nyampahin aja. Hehe. Maksudnya adalah ada teman yang sudah menyerang satu hero dan masih menyisakan satu darah. Terus aku deh yang menghabisi nyawanya. Hihihi. Jadi kan lumayan cuma butuh satu hit dia udah mati. Hehe.

Overall permainan ini menarik dan seru dimainkan. Tapi memang harus menyiapkan satu harian supaya bisa mencapai skenario yang lebih jauh. Kalau makin kuat kan makin seru dong mainnya. Hehe. Dari permainan ini sih aku jadi belajar supaya lebih mau take risk. Biarin aja dah hero mati karena makin kita berani bertarung, biasanya kita jadi bisa dapat lebih banyak. Nah saat main itu aku takut-takut nyerang gitu. Lebih banyakan defense. Terus suka salah strategi gitu. Ah bodoh emang aku mainnya. Hiks. Mungkin next time gw bisa lebih oke mainnya. Ya tentunya dengan hero yang ga hina kaya gitu. Hahaha.

Shark Guild
Musuh (NPC)
Hero-Hero-Ku: Sybbyl, Bjor of Oros, dan Mark

2 comments:

Powered by Blogger.