Menstrual Cup

December 05, 2023

Sebagai perempuan, normalnya setiap bulan pasti kedatangan tamu istimewa alias datang bulan 🌝 Nah kalau sudah kedatangan si bulan, pasti auto langsung cari pembalut deh. 😅 Karena hal ini pulalah gw selalu siap sedia satu pembalut dalam tas in case si bulan datang tiba-tiba jadi langsung mayday mayday sebelum tembus harus segera pasang pembalut! 😅

Ngomong-ngomong soal pembalut, belakangan mulai marak pengganti pembalut sekali pakai bernama menstrual cup. Menstrual cup berbentuk corong yang memiliki dua bagian utama, cangkir penampung dan batang tipis di bawahnya. Batang tipis tersebut fungsinya memudahkan si pengguna untuk menarik menstrual cup saat hendak dikeluarkan. Umumnya sih menstrual cup terbuat dari bahan silikon sehingga memudahkan pemakaian dan bisa menyesuaikan dengan ukuran miss V kita.

Minimnya info terkait menstrual cup membuat banyak wanita ragu untuk beralih ke pembalut ramah lingkungan satu ini. Padahal banyak loh keuntungan dari penggunaan menstrual cup! Agar ga bingung atau takut lagi, mari disimak cara memasang menstrual cup juga cara melepas menstrual cup berikut ini...

Memasang Menstrual Cup

Sebelum pakai, ada baiknya baca dulu dengan teliti petunjuk cara pakainya yang biasanya disertakan dalam kemasan menstrual cup. Apalagi kalau baru pertama kali pakai, auto bingung pasti kan? 🤭 Setelah baca dengan cermat, cuci dulu dan sterilkan (bisa dengan air mendidih) menstrual cup sesuai petunjuk yang tertera.

Setelah menstrual cup bersih dan steril, siap dipakai, cuci tangan dulu dengan sabun dan air mengalir supaya kondisi tangan kita juga bersih dari kuman-kuman nakal. Ga mau dong kuman-kuman malah bersemayan di area kemaluan kita dan malah jadi penyakit? Allright, setelah itu buka kaki selebar bahu, kemudian angkat satu kaki di dudukan toilet duduk atau boleh di kursi atau pijakan apapun supaya satu kaki kita bisa lebih tinggi.

Cara memasang menstrual cup pertama-tama dilipat dulu bagian atas cangkir, kemudian dorong untuk memasukannya ke dalam vagina. Jika mengalami kesulitan memasangnya sambil berdiri, bisa juga dipasang dengan posisi jongkok. Gunakan pelumas berbahan air untuk membantu melumasi menstrual cup jika baru pertama kali memakainya. Tujuannya supaya mudah masuk ke dalam vagina.

Ada beberapa cara lipat menstrual cup untuk memudahkan memasang menstrual cup...

C-fold atau U-fold

Tekan sisi cup sampai bibirnya membentuk oval. Lalu lipat lagi bibir cup menjadi dua sehingga terlihat seperti huruf C atau U. Nah setelah itu masukin deh menstrual cup yang telah terlipat tadi ke dalam vagina secara perlahan.

Punch down fold

Letakkan jari di tepi atas cup, kemudian dorong ke tengah sehingga membentuk seperti segitiga. Ujung cup akan berukuran lebih kecil daripada lipatan C atau U, sehingga memudahkan pemasangan ke dalam vagina. 

7-fold

Tekan badan cup dari kedua sisi sehingga bentuknya menjadi gepeng. Lalu lipat satu sisi ke bawah secara diagonal sehingga terlihat seperti angka 7. Setelah tepi cup masuk, dorong cangkir ke dalam vagina sampai seluruh cangkir dan batang berada di dalam.

Triangle

Cara melipat mensrual cup dengan lipatan triangle atau segitiga sebenarnya hampir mirip dengan cara 7-fold. Bedanya hanya perlu melipat salah satu sisinya lebih dalam hingga membentuk segitiga.

Diamond

Jepit bagian tengah menstrual cup dengan tangan kiri. Setelah itu dengan bantuan telunjuk tangan kanan, tariklah salah satu bibir menstrual cup ke bawah. Lalu dorong sisi kanan bibir menstrual cup hingga tumpeng tindih dengan sisi kiri bibir. Dengan begini, menstrual cup akan terbentuk seperti diamond.

Origami

Teknik melipat origami juga kadang disebut sebagai lipatan tulip karena bentuknya yang mirip seperti bunga tulip. Cara lipatnya adalah letakkan telunjuk di tepi atas cup, kemudian dorong ke tengah sehingga membentuk seperti segitiga. Lipat sisi kiri ke arah kanan, sedangkan sisi kanan ke arah kiri, menutupi sisi sebelumnya, sehingga bentuknya menjadi seperti bunga tulip.

E- fold

Bikin lekukan cup sehingga membentuk seperti huruf E. Cara melipat ini agak jarang diterapkan apalagi apabila bahan menstrual cup tidak cukup lentur. Memasangnya pun akan lebih sulit dengan teknik E-fold.

S-fold

Cara melipat s-fold sebetulnya lebih jarang diterapkan dan ujung cup berukuran lebih lebar dibanding lipatan-lipatan yang lain. Untuk melipatnya, usahakan untuk membentuk huruf S sebelum memasukkan menstrual cup ke dalam vagina.

Sumber: SehatQ

Pakai cara lipat yang mana pun, selanjutnya harus tetap memastikan cup dalam keadaan terbuka setelah dimasukkan agar darah haid tidak bocor. Cara memastikannya adalah dengan pegang bagian pangkal cup kemudian putar satu lingkaran penuh secara perlahan.

Nah bagaimana? Mudah tidak memasang menstrual cup? Untuk yang baru pertama kali pasti akan merasa takut dan tegang. Tapi tenang saja, harus relax supaya otot-otot di area kemaluan juga tidak kontraksi yang malah membuat sulit memasang menstrual cup.

Melepaskan Menstrual Cup

Setelah tantangan memasang menstrual cup dilewati, tantangan berikutnya adalah bagaimana melepasn menstrual cup. Bagi pemula, baik cara memasang maupun melepas menstrual cup pasti menjadi tantangan yang kerap membuat ngeri ya. 😅 Eh tapi dengan menggunakan menstrual cup, kita jadi mengetahui loh apakah kita memiliki kelainan semacam vaginismus atau engga.

Baca juga: Gift from God yang memuat cerita vaginismus...

Oke, agar ga salah langkah, gimana sih cara melepaskan menstrual cup? Pertama-tama posisikan dulu badan seperti sedang berjongkok. Posisi ini akan memudahkan cup terdorong oleh otot-otot di vagina agar turun dan mudah diraih. Lalu gunakan telunjuk dan ibu jari untuk meraba ke dalam vagina guna mencubit batang cup. Setelah batangnya terpegang, tarik perlahan ke bawah sambil menjepit pangkal cangkir agar darah tidak tumpah.

Terkadang, menemukan batang cup tidak semudah yang dibayangkan, apalagi untuk pemula. Tapi kuncinya adalah tetap tenang dan ambil napas dalam-dalam, relax saja. Jangan panik ketika kesulitan melepasnya karena menstrual cup tidak akan hilang atau masuk terlalu dalam sampai ke dalam rahim. Istilahnya sama kaya pakai soft lens, ga akan sampai nyangkut ke belahan bola mata yang tertutupi kelopak mata.🤭

👗👗👗

So, gimana? Sudah paham kan cara memasang menstrual cup dan melepaskannya? Apakah tertarik untuk mencobanya juga ladies? 🌷

Postingan ini diikutsertakan dalam eco listerasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3DoP Ibuku Content Creator 🍀 

4 comments:

  1. Tetep aja agak ngeri"sedap mbk hehehe,tapi makasih infonya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe tetep ya ga berani pakainya ya kak... 🤭

      Delete
  2. Aku kayaknya ttp pake pad biasa aja mba 🤣. Sudah cukuplah cuma IUD yg masuk ke dalam hahahahah.

    Intinya memang ga berani aja sih 😅.

    Makanya beberapa kali baca ttg cup ini, udah feeling ini bukan buatku . Memang pad ga terlalu ramah lingkungan, tapi kayaknya pakai cup akunya yg ga berani masang 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain kak fanny tipe yang bakalan berani pakai ini kak hahah aku salah prediksi 🤣

      Delete

Powered by Blogger.