Series Review: The Glory (2022)

June 15, 2023

Saat tahu Song Hye Kyo main drama lagi dan iklannya sering seliweran di Netflix. Penasaran lah gw dan akhirnya nonton juga. Tumben banget nih gw nonton drama yang masih on going. Padahal biasanya tunggu lengkap dulu biar ga penasaran menunggu. 😜 

Di Netflix sendiri, The Glory dibagi ke dalam dua part. Part pertama gw tonton belakangan, tunggu dekat-dekat jadwal tayang part dua gitu biar gw ga kelamaan nunggunya. Teteup ya tim yang ga mau kelamaan nunggu. 😁

Sebetulnya gw sudah selesai nonton ini ga lama saat part 2 tayang. Langsung maraton nonton sampai habis karena seru bangat!! Wk. Tapi baru sempat bikin ulasannya sekarang. Huhu. Maafkan mood nulisnya caruk maruk gini. 😢

The Glory

Sutradara

:

Ahn Gil-Ho

Penulis

:

Kim Eun-Sook

TV

:

Netflix

Jenis Film

:

Drama, revenge

Total Episode Part 1

:

8 episode

Total Episode Part 2

:

8 episode

Tanggal Rilis

:

30 Desember 2022

Cast The Glory

Sinopsis The Glory

Moon Dong Eun (Song Hye Kyo), seorang siswa SMA, memiliki impian untuk menjadi seorang arsitek suatu hari kelak. Namun Dong Eun menjadi korban perundungan (bullying) oleh beberapa teman sekolahnya dan berujung pada keluarnya ia dari sekolah tersebut. Dong Eun hampir mau bunuh diri karena tidak sanggup lagi untuk hidup. Ibu, yang merupakan keluarga satu-satunya pergi meninggalkan dia, tak memihak dirinya saat dia sangat butuh dukungan ibunya. Tapi bunuh dirinya tersebut tidak jadi dilakukan dan ia pun berencana untuk balas dendam terhadap para pelaku perudungan dirinya tersebut.

Dong Eun kini telah dewasa. Dia giat belajar dan berhasil menjadi seorang guru. Di satu sisi Dong Eun terus mengumpulkan segala informasi terkait para pelaku perudungan dirinya untuk menyusun rencana balas dendamnya. Setelah dirinya menjadi guru TK di sekolah tempat anak pelaku perudungan dirinya bersekolah, rencana balas dendam kejamnya pun dimulai dengan serius. Apakah Dong Eun berhasil menjalankan rencana balas dendamnya tersebut?

Review The Glory

Episode satu menampilkan adegan kekerasan di sekolah yang sungguh keji. ASELI! Gw kebawa emosi nontonnya. Bisa-bisanya ya sesama teman sekolah melakukan bullying yang segitu kejamnya. Ga heran loh sampai ada korban bullying yang bunuh diri karena ga kuat lagi menghadapi bullying yang diterima. 😢 Gila sih! Apalagi orang-orang dewasa, macam orang tua dan guru malah bukan melindungi korban, eh lebih gilanya tuh malah ada di pihak pelaku. Dong Eun sih karakternya sungguh kuat. Gw rasa kalau kalian dulu sempat menjadi korban bullying, pas nonton drama ini tuh bakal mengungkit trauma masa lalu kalian deh. Bener-bener adegannya triggering banget! Satu lagi, ada beberapa tayangan 18++ ya. Karena beberapa ada adegan seks maupun menampilkan tubuh telanjang bulat. Jadi The Glory bukan drama yang bisa ditonton olah orang di bawah umur ya gaes.

Semua aktris maupun aktor dalam The Glory uda cucok meong banget lah membawakan karakternya. Song Hye Kyo sendiri di sini tuh badannya kaya kurusss bener dah. Kaya kurang makan, terus mukanya serius bener kan karena memang dia tuh lagi menjalankan rencana balas dendamnya. Lim Ji Yeon juga sukses sih bikin gw benci bangat sama karakter dia. SEBEL BANGET, aseli, kenapa sih dia mulus bener jalannya?! Pengen gw sepak rasanya #eh

Selain cerita utama pembalasan dendam Dong Eun, gw juga suka nih sedikit-sedikit kisah romansa Dong Eun. Ahay... 🤩 Gara-gara The Glory juga gw jadi kepo sama Lee Do Hyun. Sekarang lagi main drama baru juga kan di Netflix yang judulnya The Good Bad Mother. Sepertinya menarik, tapi entahlah gw akan nonton ato engga. Hehe.

Balik lagi ke The Glory, keseluruhan ceritanya tuh uda cakep banget deh! Kim Eun-Sook best banget deh bikin ceritanya! Ga heran drama ini menyabet penghargaan BaekSang Arts Awards. Tentu saja Song Hye Kyo pun dinobatkan sebagai best actress dan Lim Ji Yeon juga. Mantul memang. 👍👍👍

Gw cukup puas sih nonton ending balas dendamnya Dong Eun! Benar-benar lega. Sebetulnya balas dendam itu ga boleh, karena hanya Tuhan-lah yang berhak melakukan pembalasan. Tapi berhubung ini cerita fiktif, ga apa lah ya gw ikutan dukung pembalasan dendam Dong Eun 🤪 "Kehidupan baru dimulai saat balas dendam telah usai." Ketika rencana balas dendam usai, akhirnya Dong Eun baru buka lembaran hidupnya. Sebelum-sebelumnya tujuan hidupnya bener-bener buat balas dendam aja. Setelah selesai, baru deh mulai menata hidup mau ke mana arahnya. Sayangnya, rencana balas dendam Yeo Jeong ga diceritain juga. Wk. Jadi gw agak sedikit sebal juga karena kurang mantul buat side story dari Yeo Jeong.

Soundtrack dari The Glory sudah pas juga nih dengan jalan ceritanya. Sendu-sendu kelam gitu melodinya.

Ini soundtrack pembuka dari The Glory - Long Black Night by Kim Ye Ji.

Yang ini soundtrack penutupnya - The Wishper of Forest by SURAN. Liriknya pakai Bahasa Inggris.

Nah kalau yang ini kalau lagi adegan romantis antara Dong Eun dengan Yeo Jeong 🥰 - You Remember by Paul Kim. Gw suka deh sama melodinya. Adem nenangin gitu.

Rating dari IMDb untuk The Glory adalah 8.1 dari 10. Adu duh, buat gw sih ini bisa dikasih rating 9 dari 10! Hayoo sudah pada nonton juga kah? Gimana menurut kalian?

⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐(9/10)

21 comments:

  1. Selalu suka sama drama/series yang balas dendamnya terlampiaskan dengan sempurna hahahah. Kayak plong gitu, justice is served :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya plong ya kak. Kakak nonton ini juga kah?

      Delete
  2. Ugh gagal move on nonton drakor yang satu ini emang kak.
    Udah pemainnya cakep, kece, alurnya juga beneran gak keduga. Cuman aku sempet mikir siapa yg ngejatohin Jae Jun ke adukan semen😂kayaknya mantan suaminya park yeon jin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jatuhin Ha Do Yeong kak bener. Seru nih emang, cuma sayangnya revenge nya Yeo Jeong ga diceritain lengkap ya hahaha pengen ada sekuelnya rasanya 🤣

      Delete
    2. Nah iya, aku tuh gemesh pas nonton bagian itu, akhirnya aku puter ulang memahami dasi yg dipake Ha Do Yeong. Eh beneran dong sama dg dasi yg dpake orang yg ngedorong Jae Jun kekwkwk puas banged rasanya liat dia kecemplung

      Iya, satu2nya yg selamat (maksdku disiksa tp ringan) ya cuman Yeo Jeong. Dia cuman kehilangan suara aja kwkwkw gak sengsara kayak Sa Ra dan lainnya.
      Aargh sama aku jga pengen ada season 3

      Delete
    3. Tapi sebetulnya Jae Jin kurang pol ga sih hukumannya? Masuk penjara aja gitu. Eh tapi di penjara dia dibully ya jadi kaya sakit mental 😅

      Masih gagal move on emang nih kita hahaha

      Delete
    4. Udah pas lah menurutku. Terbully sama Dong Eun. Puas termasuknya gegara dia kecemplung ke adukan semen🤣kapok kan dia.

      Tp skrang ada film "Lies Hidden in My Harden" auranya hampir mirip kayak the glory. Tp gak tau bakal lebih seru atau membosankan. Soalnya dua episode B aja menurutku. Susah dipahamin

      Delete
    5. Kalo kecemplung di adukan semen sih itu bukan kapok lagi. Tapi jadi mati tak bernyawa 🤣

      Wah sekarang lagi nonton itu ya kak. Kalau aku sekarang lagi maraton nonton anime Kinetsu no Yaiba - Demon Slayer hahahaha 🤣

      Delete
  3. Saya belom nonton mbk..tapi kalo tentang bullying saya udh pernah ngerasain walaupun saat itu saya masih SD, saya ga ngerti apa", di cegat di gang sekolah..terus di ancam mau di perkosa sama temen cowok SD saya🤦..sy lari pulang nangis sejadi"nya..sambil teriak"aku mau di perkosa..padahal wktu itu saya ga ngerti artinya dan jaman sy dulu belum ada istilah bullying hehehe...wah jadi ketauan rahasia saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kak. Kejam juga temen sekolah kakak. Masih SD padahal. Ckck Kalo ketemu lagi dengan pembully kakak, reaksi kakak akan gimana?

      Delete
  4. Kalau lihat Le Doh Hyun tuh ingetnya serial Sweet Home mba 😂 The Glory ya.. Bolehh deh ntar aku tonton. Mba Fris udah pernah Lockwood and Co?? itu ya juga bagus barangkali Mba Fris belum nonton 😊 Aku tahu itu dari Liaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sweet Home tuh dari webtoon bukan? Phycological thriller kayanya ya?

      Lockwood and co belum. Ceritanya tentang apa tuh Bay?

      Delete
  5. Penggemar Drakor ya mbk...saya dulu sering nonton bbrp Drakor tapi saat masih booming di tv..sekarang udh jarang banget ngikutin,padahal mereka itu kalo akting jago banget mendalami karakternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya suka nonton kak. Tapi aku nonton macem2 serial kok. Jepang, barat, anime hahah

      Actingnya bagus-bagus memang kak hehe Tapi serial Indonesia juga lumayan lah. Macam Saiyo Sakato atau cek toko sebelah the series. Dulu aku suka tuh sama Tetangga Kok Masa Gitu yang ada di TV hehe

      Delete
  6. Wah ngga bisa bayangkan jika seorang guru masih menyimpan balas dendam pada orang yang dulu membully nya.

    Maaf bukan membela orang yang membully karena bullying itu jelas perbuatan salah. Tapi guru itukan pendidik, takutnya anak murid yang dididiknya gimana gitu.

    Eh, tapi inikan film, masa lempeng saja jalan ceritanya.😂
    Maaf kalo komennya tidak berkenan.🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak apa mas Agus, santai saja. Kan bebas untuk berpendapat 😆 Kalau belum nonton pasti aku pun akan berpikir demikian. Keji amat demi balas dendam terus jadi guru TK. Tapi setelah ditonton, ternyata dia cuma pengen bikin gertakan ke si pembully-nya. Kalau dia jadi guru dari anaknya kan bikin si pembully jadi ketakutan. Takut anaknya diapa-apain kan... Tapi nyatanya engga diapa-apain kok anaknya. Cuma bikin nakut-nakutin si pembully aja. 😁

      Delete
    2. tenang kang agus jangan terbawa suasa,,,,,na,,,,,,,,,,, :D :D xixixi #kabor ah

      Delete
  7. karena ada adegan s3ks dan 18+ sepertinya engak cocok ditonton sama anak2, cocoknya ditonton sama pasangan.
    BTW adeganya di episode berapa mbak? jadi penasaran,, hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes kak. Jangan ajak anak-anak nonton ini ya hahaha Nonton sama orang tua juga jangan, nanti awkward 🤣

      Adegannya ada di episode 1 haha Terus ada juga di episode tengah-tengah adegan telanjang bulatnya Cha Joo Young. Gosipnya badannya Cha Joo Young dianggap CGI. Tapi gatau deh asli apa engga. Soalnya body-nya bagus tenan. #eh

      Delete
  8. Aku sama banget Mba, nonton ini tuh malah nunggu Part 2 nya tayang biar gak kesel nungguin kelanjutannya hahaha. Secara personal aku kurang suka dengan drama yang balas dendam gini, cuma reviewnya tuh bagus-bagus banget dan pemainnya tuh TOP semua! Aku merinding banget pas tau kalo bullying nya itu dari kisah nyata. Gak pernah bayangin ada orang yang setega itu.... kan bullying disini tuh bener-bener ngeri ya... ceritanya emang bagus dan perjalanan Dong Eun mau balas dendam tuh gak semulus itu jadi makin gregetan pas nontonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gregetan nanti ya kalo kelamaan nunggu hahaha

      Kalau tentang balas dendam gitu membuat kita jadi membenarkan balas dendam tuh sah gitu ya kak? hahaha Padahal kan baiknya kita maafin dan ikhlaskan 👍 Iya kak. Bullying di KorSel separah itu sih, beberapa aku baca komiknya yang cerita soal bullying gitu juga ngeri. Sampai sebegitunya. Makanya ga heran sampai ada yang bunuh diri kan karena dibully.

      Delete

Powered by Blogger.