Friday, July 1, 2016

Mudahnya Bikin NPWP

Karena gw bentar lg kerja sama orang dan dapet penghasilan sendiri, gw diwajibkan bikin NPWP. Sekarang si ngurusin ginian ga susah looh! Ada 2 cara, datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat atau melalui online. Disaranin si dateng langsung ke KPP, soalnya kalo via online, proses dapetin kartunya 14 hari bahkan malah ada yang lebih lama. Jadi gw dateng langsung de ke KPP Karawang karena KTP gw kan KTP Karawang.
Gini nih cara bikin NPWP:
1. Siapkan fotokopi KTP.
Biar aman, bawa juga fotokopi Surat Keterangan Kerja (SKK).
Gw si saat itu ga diminta SKK, cukup pake fotokopi KTP.

2. Datang ke KPP sesuai domisili KTP.
Gw dateng ke sana pagi-pagi jam 7.30 WIB. Haha biar gw ga ngantri lama dan masih adem. Maklum Karawang panasnya ga nyantai kalo siang-siang.
Sampe di sana KPP nya masih tutup karena selama bulan puasa, jam kerja dari jam 08.00-15.00 WIB.
Gw nunggu di dpn pintu kan, tapi gw ngeliat ada anak magang masuk gituu. Gw ngikut masuk ajaa..ekh ternyata uda ada petugas-petugas di sana looh! Warbiasaaa...

3. Tanyakan petugas mengenai formulir pembuatan NPWP.
Gw saat itu ditanyain dari kecamatan mana. Mungkin untuk memastikan gw dateng ke KPP yang benar haha...trus ditanya juga bikin NPWP karena uda kerja ato apa. Gw jawablah karena uda kerja. Lalu dia minta fotokopi KTP gw dan dia mulai kasi checklist di formulir untuk nandain di mana aja yang harus gw isi.
Oiaa bawa pulpen sendiri aja biar ga usa pinjem-pinjem pulpen. Kan jd lebih cepet jg. Hehe...

4. Isi formulir
Berhubung masih sepi, gw jadi bisa ngisi di meja. Ada 3 halaman gitu...tapi ga banyak si..intinya ngisi nama, alamat, TTL, NIK gitu si...

5. Nunggu dipanggil
Berhubung masi belum buka (saat itu jam 7.45 WIB). Jadi gw duduk aja di tempat duduk yang disediakan untuk nunggu dilayani. Jam 7.55 WIB gw dikasi nomor antrian sama petugas. Oke dapet nomor 2B. Trus petugas-petugas ga lama uda siap buat ngelayanin bikin NPWP. Gw dipanggil jam 7.59 WIB. Waaw lebih cepat 1 menit.

6. Serahkan formulir ke petugas.
Gw juga disuru isi2 nama, alamat, no hp di amplop gitu. Jadi amplop itu buat ngirimin kartu NPWPnya. Berhubung minggu depan uda libur lebaran, mba-mba petugas s bilang kalo kartunya kemungkinan sampai 1 minggu setelah lebaran tapi gw uda bisa pake nomor NPWP di surat yang dia kasih.
Dia juga ngejelasin kalo SPT tahunan dilaporkan setiap bulan Maret biasanya dan bisa di KPP mana saja ato melalui e-filling. Trus ga boleh lewat, kalo lewat jadi kena denda Rp 100.000.
Waktu proses cuma 6 menit aja looh sampe NPWP gw uda jadi. Tapi kartunya baru dapet setelah lebaran haha...katanya s gapapa yang penting nomornya aja.

Wah pelayanan di sana bisa gw katakan oke laah! Hehe...
Begitulah pengalaman gw daftar NPWP. ^^

No comments:

Post a Comment