Thursday, June 30, 2016

Mini Trip to Jakarta part 1

Selasa, 28 Juni 2016, sedikit cerita tentang cara ke Jakarta dari Karawang.
Gw harus ke Jakarta untuk urusan kerjaan sekalian urusan hati #ekh
Gw baru dapet info untuk meeting di Jakarta hari Senin siang dong hahaha
Cukup dadakan..puji Tuhan gw di Karawang, jadi buat ke Jakarta ga begitu memakan waktu dan ga terkendala transportasi.

Plan singkat pun dibuat hari Senin...dan gw minta tolong adik tercinta gw buat menemani petualangan gw di kota Jakarta...

Makasih banyak Len uda mau nemenin gw >.<
Jujur gw ga berani harus berpegian sendiri di Jakarta hahaha
Inilah kronologis petualangan gw dari Karawang ke Jakarta.

Check this out!

Berbekal infomasi yang gw terima dari sohib SMA gw yang memang uda merantau di Jakarta which is uda paham lah tentang transpot Karawang-Jakarta, gw dan Flo berangkat ke Jakarta naik WB Trans.
Sebenernya transportasi ke Jakarta ada banyak pilihan. Ini nih list cara dari Karawang ke Jakarta yang gw tau:
1. Kereta Api
2. Travel -> Trans Slamet
3. Bus
4. Elf -> WB Trans
UPDATE 4/6/2018
5. Omprengan Grand Max, ini mirip kaya WB Trans cuma mobil pribadi Grand Max gitu. Lokasi naik di depan gerbang masuk menuju perumahan Galuh Mas. Harga ke UKI juga Rp 18.000. Bedanya sama WB Trans, kalau penumpang sudah cukup, doi langsung bablas sampai UKI, tapi kalau ada yang minta turun di Jatibening, ya doi berhenti sejenak buat nurunin penumpang. Doi juga ga berhenti di rest area jadi overall lebih cepat naik ini buat pergi ke Jakarta.
Itu si yang gw tau haha

Untuk pilihan pertama, naik kereta di Stasiun Karawang dan setau gw bakal turun di Stasiun Kota (UPDATE 4/6/2018: Turunnya bisa di Stasiun Senen dan Stasiun Tanjung Priok, sudah tidak turun di Stasiun Kota lagi). Padahal gw mesti ke daerah Pancoran, Jakarta Selatan. Selain itu waktu keberangkatan cuma ada pagi (banget), sekitar jam 5-6 pagi. Jadi opsi ini ga gw pilih.

Pilihan kedua, Trans Slamet.
Naik ini sih enak, pool-nya jelas, waktu keberangkatan jelas dan banyak pilihan, penumpang berapa pun tetap berangkat..cumaaa...pool di Jakarta ada di ITC Mangga Dua dan Mall Citraland..masih kejauhan buat ke lokasi yang gw tuju. Selain itu, tarif ke Jakarta dikenakan Rp 45.000/orang. Cukup mahal kan?hahaha

Pilihan ketiga, Bus.
Setau gw bus ke Jakarta tuh Bus Warga Baru. Lokasi buat naik ini di deket  pabrik es (dulunya). Gw ga begitu ngerti d naik ini. Soalnya temen gw s blgnya naik WB Trans aja. Jadi..gw pilih opsi keempat.
UPDATE 4/6/2018: bisa naik Bus Agra Mas naik di depan Perum Galuh Mas. Nanti akan turun di Kampung Rambutan.

Kalo mau naik WB Trans. Kita mesti nunggu elf warna abu-abu ini di dekat lampu merah By Pass Karawang. Katanya si setiap jam pasti ada. Saat itu gw berangkat dari rumah jam 7.15 WIB, naik angkot 02 (kuning strip merah) sampai di depan lampu merah By Pass jam 7.30 WIB. Ga lama nunggu, muncul elf warna abu-abu (UPDATEatau warna hijau terang) jurusan Cawang UKI, Jatibening (emang cuma ke sini si jurusannya haha).
Sekitar jam 7.35 WIB, elf ini jalan..ga ngetem terlalu lama di lampu merah By Pass. Sepanjang perjalanan ke gerbang TOL Karawang Barat, elf ini berhenti-berhenti buat naikin penumpang. Yang paling lama si ngetem di depan gerbang menuju perumahan Galuh Mas.
Tarif ke Jakarta naik ini Rp 18.000 lohh! Trus kecepatan pak supir rata-rata 100 km/jam. Gile asik banget jadi bisa cepet sampai tujuan. Gw sampai di depan UKI jam 10an. Soalnya kena macet pas mau keluar Cawang.
Gw diturunin di depan UKI karena penumpangnya tinggal gw, adik gw, dan 1 mba-mba yang emg mau turun di halte busway. Padahal katanya tuh turunnya di sebrang UKI.
Di UKI, gw isi perut dulu haha...gw makan di kafetaria RS UKI. Haha..
Trus baru d melanjutkan perjalanan ke Pancoran naik busway.

Yak itu dulu d cerita tentang perjalanan gw dari Karawang ke Jakarta naik transportasi umum. Nanti disambung lagi ya di sini. Part 2-nya itu tentang pengalaman gw menjelajah Jakarta naik busway atau Trans Jakarta.

Oia, jangan lupa like, comment, subscribe, and share ya!
(To be continue)

10 comments:

  1. postingannya sgt membantu skali.. oya mau nny sis.. krn aku jg org awam nih utk transpot umum dr jkt ke krawang..klo WB Trans bisa smpe ke krawang timur ndak ya..? lalu bs naik dr jatibening ga? thx utk informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih sis kalo ternyata bisa bermanfaat ^^
      setau aku ya, dari Jakarta dia akan lewatin depan Galuh Mas, Grand Taruma, pabrik es, by pass, trus nanti dia ke Tanjung Pura. Yang ke Tanjung Pura ini aku ga yakin ya sis. Karena aku selalu turun di sebelum lampu merah Isuzu. Lokasi-lokasi tadi itu merupakan sot-spot penumpang lain biasa minta turun. Hehe..
      Terus kalo dari arah Jakarta, dia suka ga ke Jatibening dulu sis. Langsung ke rest area gitu. Km-nya saya lupa berapa. Kalo dari arah Karawang, ke Jatibening dulu. Tapi kadang kalo penumpangnya ga ada yang minta turun di Jatibening, bisa langsung gitu. Jadi agak untung-untungan ya kalo mau naik dari Jatibening. Ini menurutku ya sis. Semoga membantu.

      Delete
  2. Kira2 wb trans lewat km 57 ngga ya? Ke karawang timur tepatnya di PT Calbee Wingsfood

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali ga lewat~
      Kamu tnggal/kerja di Kalbe?

      Kalau mau sih naik angkot antar kota dlu ke krw barat, trus ke jkt nya lanjut deh pake wb trans~ hehe 😊😊

      Delete
    2. Mba. Kalau Jakarta- Karawang
      Mau naik WB trans. Bisa nunggu dimana aja mba?

      Delete
    3. kalau mau pasti dapet ya langsung ke poolnya di spbu komplek kemhan (ini keyword cari di gmapsnya)
      selain itu, ini spot2 orang biasa setopin si WB:
      - sesudah terowongan dari spbu komplek kemhan
      - deket halte busway cawang sutoyo
      - jatibening (ini sangat jarang terjadi)

      Delete
  3. Kalo wb trans dari jakarta-krw ada dari pagi sekitar jam 5an ga ya kak?

    ReplyDelete
  4. Aku kurang tau sih, harusnya ada jg ya
    Kan cari rejeki hehehe

    ReplyDelete
  5. Kalo wb trans dari Jakarta-krw malem ada ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banget...aku pernah tanya ke supir WB-nya. Dia bilang sih paling malem jam 9 ya. Kalau mao aman, pulang jam 8 aja..maksudku jam 8 uda sampe di pool WB nya ya ^^

      Delete