Ngobrol sama Kapten Pesawat??? Kapan Lagi!

June 26, 2014
Ngobrol sama Kapten Pesawat?

Ini cerita menyangkut magang gw di sebuah perusahaan penerbangan ternama di tanah airku tidak kulupakan...*malah nyanyi* #plak
Siapa tuh yang ngegampar??? Sakit!!!!

***

Ehem. Setelah mengelus pipi yang memerah ini, aku kembali untuk bercerita soal obrolan gw dengan kapten pesawat. Sebelumnya intro dikit boleh yak. Jadi, karena prodi (program studi) gw mengharuskan gw magang bulan ini. Alhasil gw mau ga mau harus magang supaya gw bisa lulus mata kuliah yang cuma 1 SKS itu. Daripada gw ga lulus cuma gagara ga magang kan! Sayang beud udah cape-cape kuliah ga lulus cuma karna ga magang. 😒😒😒

Nah, buat bisa masuk ke perusahaan ini gampang-gampang susah nih. Puji Tuhan, setelah penantian panjang, akhirnya dapet juga nih kesempatan magang di perusahaan kece ini...😎😎😎

Day 1

Hari pertama gw magang, gw ketemuin orang HR dan dikasih surat pengantar biar gw dan sobat gw bisa ditempatin di divisi yang kami inginkan. Yes, gw magang di sini ga sendirian, tapi bareng sama sohib gw, sebut saja De. Sebetulnya ga cuma sama De sih, tapi ternyata bareng juga sama Sta dan Vin. Tapi di hari pertama ini gw berdua saja sama si De.
 
Lanjut lagi yak. Jadi setelah dapet surat pengantar, kami jalan menuju gedung tempat kami magang. Langkah demi langkah dengan jantung berdebar gw lalui. Sesampai di gedung tujuan gw disambut pak penjaga dan disuruh langsung ke atas.

Wah gila!!! Untuk pertama kalinya gw merasakan yang namanya suasana kantor. Meja-meja putih dengan komputer. Bilik-bilik tersendiri untuk pekerja dengan posisi lebih tinggi. Cubicle dengan satu cubic untuk empat orang. Ruang meeting dan so pasti ruang break out yang akan jadi tempat inceran gw buat leha-leha.

Saat itu kebetulan sekali ada yang sedang OJT (on job training) juga nih di divisi ini. Jadi sekalian deh orientasi bareng gw yang magang ini. Orientasinya di ruang meeting dan bebas buat ambil susu atau kopi hangat karena tersedia mesin pembuat kopi dan susu.. Wiiih yahud lah! Jadi begini ya rasanya kerja tuh.

Day 2

Hari kedua gw magang, gw masih mengikuti orientasi bersama empat orang anak OJT yang salah satunya dari Penerbangan ITB. Ketemu kakak senior ternyata. Hari kedua ini gw masih merasa ga gabut-gabut amat di sini. Soalnya masih berasa belajar gitu tentang dunia kerja di divisi ini tuh seperti apa.

Day 3

Masih sama. Orientasi lagi. Tapi hari ini sudah dikasih tahu di mana meja untuk aku dan De duduki. Wuiih berasa kerja di sini beneran gw. 🤠 FYI, AC di sini pakai AC central. Jujur gw kedinginan bok. Biasa sehari-hari di kampur pake jahim, sekarang gw pake blazer kantoran formal gitu. Ga cukup membantu untuk menghangatkan badan cuy!

Day 4

Orientasi. Lagi. Tapi ini yang terakhir!!!! Uh yeaaah. Kalau sudah sore-sore gitu, gw mulai ngantuk dengerin presentasinya. Maaf bapak-bapak yang sudah cape-cape nyampain. Materinya bukan masuk ke kepala, malah jadi kaya dongeng di sore hari buat gw. #plak

Aduh siapa tuh yang nampar lagi?! Sengaja supaya gw sadar dari rasa kantuk ini ya??? Hmm tapi overall seru kok orientasinya!!! Dapet pengetahuan dan ilmu dari orientasi ini. Ternyata safety di perusahaan penerbangan tuh begitu toh. Lalu ada banyak regulasi-regulasi yang harus dipatuhi. Terus gw juga jadi tahu latar belakang kenapa tiket pesawat harganya mahal. Meski memang kadang ada promo tiket murah juga sih. Gw juga baru ngeh soal aturan ga boleh bawa cairan lebih dari 100ml. Awalnya sih gw cuma pikir ga boleh aja. Tapi ternyata ada sebabnya loh. Terus gw juga jadi tercerahkan untuk apa penutup jendela harus dibuka saat take off maupun landing. Ternyata itu waktu paling kritikal loh! Intinya semua pertanyaan-pertanyaan tentang penerbangan itu akhirya terjawab sudah dari orientasi selama empat hari yang gw lakukan ini. 💼💼💼

Ngobrol sama Kapten Pesawat

Oke-oke...Ga nyangka gw kasih intronya kepanjangan. Habis masih terngiang-ngiang di kepala soal hari-hari awal magang sih. Jadi pengen gw ceritain deh. Hihi. Terus obrolan sama kapten pesawatnya mana?

Nah, karena senior manager dan manager di divisi ini ada yang juga sebagai kapten kapal. Jadi, gw sama De bisa ngobrol banyak sama pak Kapten. Contohnya aja waktu itu gw diajak ngobrol sama Kapten B. Beliau Senior Manager di unit yang gw minatin buat ditulis di laporan KP (Kuliah Praktek alias magang) gw. Nah Kapten B tuh cerita banyak!! Waktu itu beliau nunjukin chart (kaya peta gitu) yang biasa diliat pilot. Kalo di darat sih kaya lagi liat peta jalanan gitu. Trus beliau juga cerita seperti apa pilot nyetir pesawat. Kenapa bisa terjadi fatigue, gimana komunikasi antara pilot dengan ATC (Air Traffic Controller), dan masih banyak lagi. Pokoknya ceritanya seru-seru deh untuk diikuti!

Di lain kesempatan, gw juga sempet ngobrol-ngobrol sama Kapten D. Beliau adalah manager di unit kesukaan gw kalau nanti gw bisa kerja beneran di sini. Nah, Kapten yang satu ini gokil banget deh. Maklum dari segi umur juga masih belum terlalu tua. Tidak sesenior Kapten B memang. Kalau Kapten B itu lebih memiliki aura mengayomi seperti ayah. Kapten D ini seperti kakak mentor!

Dia bilang "Ayo mau tanya apa? Free of Charge. Dari soal pesawat, hidup, percintaan, pendidikan seks, dan lain-lain boleh deh!"


Pokonya pas ngobrol sama beliau, gw ga abis-abisnya ketawa! Lucu banget dan asik beud ngobrolnya. Tapi tentu ada sesi seriusnya. Ini obrolan yang mengena banget buat gw. Jadi beliau cerita kalau temen-temennya sesama pilot tu banyak yang uda kerja keluar alias kerja di perusahaan penerbangan luar negeri. Beliau juga sempet daftar ke airline luar, tapi pas nanya ke ibu. Sang ibu mengamatkan agar Kapten D tetap kerja di perusahaan ini. Tak mau dikutuk menjadi batu, alhasil beliau patuh dan tetap kerja di sini.

Sebetulnya beliau ingin kerja di perusahaan asing karena gaji di sana lebih baik daripada gaji pilot di Indonesia. Beliau bilang kalau cuma di Indonesia ini gaji pilot kecil. Padahal ga sebanding sama biaya sekolah pilot dan tanggung jawabnya membawa ratusan jiwa. Tapi sebagai anak yang baik, beliau tetap kerja di Indonesia.

Trus beliau juga bilang kalau negeri ini tuh isinya para bedebah. Kenapa bisa bilang gitu? Ceritanya begini...

Saat beliau melakukan penerbangan ke Papua, beliau cukup akrab dan suka ngobrol bersama warga lokal di sana. Maklum beliau seminggu singgah di sana. Kemudian tiba saatnya beliau pulang ke Jakarta.

"Bapak mau pulang ke Indonesia?", tanya salah satu warga lokal.

"Loh, ini juga Indonesia kan?", jawab Kapten D.

"Oh tidak Bapak. Papua bukan Indonesia. Lihat saja kulit kita berbeda. Budaya kita berbeda. Cara ngomong kita berbeda.", jawab warga lokal dengan logat papuanya yang kental.

Sontak si Kapten merasa miris mendengar jawaban warga lokal tersebut. Kapten pun mulai mengiyakan karena Papua tuh bagian negara Indonesia yang tak dijamah. Kasian...masih banyak rakyatnya yang miskin di sana. Padahal sumber daya alam di sana banyak banget.

Kapten bilang...
Bayangkan. Indonesia cuma dapet 6% dari tambang emas di sana. Satu negara yang besar ini cuma dapat 6%! Sedangkan untuk satu orang koruptor tambang emas di sana bisa dapet 6%! Miris!

Gw pun mulai ikut sedih ngeliat keadaan negara ini. Negara yang kaya tapi penuh koruptor hasilnya jadi begini. Padahal bisa banget Indonesia jadi negara superpower dengan kekayaan alam ini. Tapi sayang, cuma karena tikus-tikus gila harta yang menggerogoti kekayaan, Garuda tak bisa mengepakan sayapnya.

Sebenernya masih ada lagi percakapan mirip bersama si Kapten. Tapi itu saja deh yang gw ceritain. Semoga Indonesia bisa jadi negara maju. Para pemimpin-pemimpin mulai sadar dan ga cuma mikirin perutnya aja.

Mohon maaf bila ada kalimat yang menyinggung. Semoga para pembaca sekalian senang membacanya. Terima Kasih

-IJU-

2 comments:

  1. Waah pertanyaan2 yg sbnrnya bikin aku penasaran jg mba :). Aturan2 di pesawat itu. Walopun skr aku udh dpt jawabannya sih kenapa2 yg biasanya dilakuin saat sedang terbang. Memang menarik dunia penerbangan itu. Akupun slalu ingin tahu banyak, apalagi Krn aku rutin utk traveling sebelum covid menyerang :).

    Skr ini udh kangen bgt rasanya pgn terbang lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaampun kak Fanny!! Maapin aku kelewat bales komen kak Fanny yang ini. Mainnya jauh juga kak Fanny ampe ke pos aku yang lamaa >.<

      Betul kak fanny! Dunia penerbangan ini tuh menariiik. Apalagi kan ada yang bilang naik pesawat itu adalah momen kita paling dekat dengan Tuhan hihi Soalnya sekalinya kecelakaan tuh fatal banget kaaan hehehe

      Iya kak. Kangen banget ya buat terbang lagiii huhuhu

      Delete

Powered by Blogger.