Kok Bisa Ya?

October 22, 2024

Perasaan umur gw kaga tua-tua amat, tapi kok bisa ya?? Alamak!!! 😭😭

Awal mulanya tuh saat diajak tes darah dan urin bulan April 2024 lalu. Adik ipar gw bilang kalau lagi ada promo tes darah dan mengajak anggota keluarga yang lain (termasuk gw) untuk ikutan. Jadi gw pun ikutan daftar untuk tes darah dan urin di Budika Klinik dekat Mall Central Park tanggal 20 April 2024. Gw ambil paket tes darah lengkap, glukosa darah puasa, kolesterol, fungsi hati, fungsi ginjal, asam urat, vitamin D, dan tes urin. Gw saat itu ga tau hasilnya karena hasil dikirimkan ke WA Mr. Q dan Mr. Q bilang hasilnya bagus-bagus saja. Jadi gw ga memusingkan karena gw pikir kondisi tubuh gw baik-baik saja.

Sampai akhirnya di bulan Juli akhir gw kok merasa sering bener sakit-sakitan (bapil siihh). Padahal kata Mr. Q hasil tes gw bagus tapi kenapa imun gw lemah begini?! Gw mintalah hasil tes darah gw ke Mr. Q karena gw benar-benar pengen baca hasilnya. Eh taunya... fungsi ginjal gw angkanya jelek dong! 🙄 Yang sadar angkanya jelek pun si Flo karena Flo yang baca dengan cermat (gw tunjukan hasil tes darah dan urin gw ke Flo via WA). Sedangkan gw baca hasilnya cuma screening cepat saja karena yang gw fokusin adalah kadar vitamin D dalam darah gw dan hal-hal lain yang dikasih bintang *.

Kepikiran dong, ini kenapa begini yak hasil eLFG gw? FYI, eLFG adalah tes darah untuk memperkirakan seberapa baik fungsi ginjal dalam menyaring darah. Fungsi tersebut berupa laju kecepatan penyaringan setiap mililiter darah dalam waktu satu menit per luas permukaan tubuh, yaitu 1.73 meter persegi (m2). Jadi angka eLFG ini dapat menunjukkan seberapa baik ginjal berfungsi. Nah dari hasil gw yang pertama (April 2024) angka eLFG gw adalah 83. Sedangkan normalnya itu harus di atas 90. Kok bisa ya?


Dari situ gw pun coba untuk tes darah lagi. Kali ini tesnya include HbA1C karena kalau cuma dari gula darah puasa sih hasilnya bagus-bagus saja dan gula darah puasa itu mengukur kadar gula dari apa yang gw makan semalam. Sedangkan HbA1c itu adalah pemeriksaan dengan mengukur kadar atau prosentase glukosa yang terikat dengan hemoglobin. Jadi lebih terlihat kadar gula gw dari pola hidup gw selama ini (3 bulan terakhir). Terus benar saja, fungsi ginjal gw malah makin jelek nilainya dong!!! HbA1C-nya pun 5.8, yang berarti masuk golongan pre-diabetes!!! Heleuh-heleuh... Kok bisa ya??? 🤔

Memang sih selama gw menyusui which is 2 tahun lamanya, olahraga tuh jaraaaaaanggg banget! Malah sakit-sakitan yang sering. Lebih sering sakit pula dibanding sebelum gw hamil. Gw pikir karena busui memang imun lemah ye kan.. Jadi gw pikir ini hal yang wajar. Terus pola makan gw ya gitu deh. Amburadul. Snacking tiap jam 4 atau 5 sore. Habis gitu masih makan malam dengan porsi kuli di jam 7 atau 8 malam. Tak lupa ditutup dengan dessert es krim atau buah manis. Ulala, gulanya banyak betul kan yang masuk! Sedangkan aktivitas sehari-hari duduk depan laptop 8 jam lebih. Ga heran dah gw bisa kena pre-diabetes. Weleh-weleh. Belum lagi nenek gw pun tutup usia karena diabetes. Sudah punya bakat kena diabetes kan nih ya. Haiiiissh. 😣

Sejak tau hasil tes darah dan urin yang kedua (uda mana hasilnya makin jelek), gw memutuskan untuk melakukan puasa renal dan konsumsi suplemen untuk meningkatkan fungsi ginjal dan menjaga gula darah supaya bisa bagus. Sehari gw bisa minum 11 macam suplemen kalik! Putus makan karbohidrat (pantang makan gulen, dairy, grain, susu dan turunannya, kopi, coklat, buah kecuali alpukat, telur, night shade, sayuran hijau, dan kacang-kacangan) dan rajin olahraga.. salah satunya ya mulai lari lagi!

Gongnya pas kemaren di taman komplek lagi ada promo tes darah nihhh. Gw ikutanlah tes darah, mumpung promo. Lagian gw juga sudah rencana untuk tes darah kembali sebulan setelah gw menjalani puasa renal dan konsumsi suplemen-suplemen itu. Awalnya sih mau tes lagi di Budika Klinik. Eh tapi kok aneh ya, dia menghilang dari Google Maps! Akun WA yang sebelumnya gw kontak untuk book tes darah pun tidak merespon. Akhirnya disamperin ke lokasi sama papa mertua dan ternyata tutup permanen dong. Weleehhh. Kenapa ya? Jadi gw coba tanya deh ke klinik Bio Medika dekat rumah, tapi biayanya mahal betul untuk tes darah yang gw mau. Bisa Rp 600.000 lebih bok! Nah seperti Tuhan kasih jalan, tau-tau dekat rumah ada Pathlab yang promosi tes darah. Langsunglah gw cus daftar. Apalagi tinggal ngesot ke taman komplek. Biayanya pun ga jauh beda dengan biaya tes darah di Budika Klinik bulan Agustus lalu, hanya Rp 465.500 saja sudah dapat HbA1C, eLFG dan kreatinin, serta koresterol. ❤

Gw tes darah tanggal 19 Oktober 2024 kemarin. Hasil tesnya sudah keluar di siang hari. Gw pikir malam hari karena diinfonya sih akan keluar hasilnya malam hari. Pas baca hasilnya, harap-harap cemas sambil berdoa semoga hasilnya membaik. Puji Tuhan usaha gw selama hampir 3 bulan (gw start puasa 12 Agustus 2024) hingga sekarang ga sia-sia!!! 🥰 Yah walau sebetulnya gw kadangkala ada cheating-nya juga. Tapi lebih mindful sih makan karbonya. Ga kaya dulu yang apa juga ditrabas dahhh dan makan sampai kenyangggg..

Sekarang saat hasil gw sudah normal semuanya, gw tetap maintain untuk ga makan karbo terlalu banyak (yah paling ada sih makan tepung, karena ini sulit betul dihindari) dan tetap rajin olahraga 150  menit seminggu. Nanti tiga bulan mendatang, rencananya mau tes darah lagi supaya memastikan kalau kondisi gw benar sudah stabil. ⭐

Dari kasus gw, memang benar adanya, diabetes tuh ga mengenal usia gengs! Mau masih muda (gw merasa masih muda, ahaayy) dan berbadan ga gemuk pun bisa terkena loh (berat badan gw di 51 kilo saat hasilnya jelek)! Maka dari itu, pola hidup sehat memang penting banget deh dijaga! Yukk kita mulai pola hidup sehat biar masa tuanya tidak sengsara...

No comments:

Powered by Blogger.