Series Review: Juvenile Justice (2022)

July 11, 2023

Lagi ga ada tontonan, iseng nonton Juvenile Justice. Awalnya sih karena kakak ipar sempet sebut judul series ini yang katanya seru. Membahas soal pengadilan anak-anak, sesuai dengan judulnya. Apalagi sebelumnya aku nonton Extraordinary Attorney Woo yang juga bertema hukum. Ditambah iklan Juvenile Justice yang suka seliweran di Netflix bikin aku makin penasaran untuk coba nonton. And here is my review.

Juvenile Justice - 소년심판

Sutradara

:

Hong Jong Chan

Penulis

:

Kim Min Seok

TV

:

Netflix

Jenis Film

:

Drama, crime

Total Episode

:

10 episode

Tanggal Rilis

:

25 Februari 2022


Cast Juvenile Justice

Sinopsis Juvenile Justice

Ketika kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak menjadi lebih kejam dan keji, pelaku kejahatan yang masih anak-anak malah bisa terbebas dari hukuman yang berat. Hal inilah yang membuat Sim Eun Seok (Kim Hye Soo), seorang hakim, sangat membenci kejahatan yang dilakukan anak-anak.

Suatu waktu, Sim Eun Seok dipindah tugaskan ke divisi pengadilan anak-anak. Di sana ia mengubah adat dan menjalankan caranya sendiri dalam menghukum para kriminal yang masih anak-anak.

Review Juvenile Justice

Total ada 7 kasus yang dibawakan dalam series Juvenile Justice sampai klimaksnya di episode akhir, yaitu kasus yang menyeret masa lalu dari Sim Eun Seok yang membuat dirinya sangat membenci kejahatan anak-anak.

Gw terhibur dengan setiap kasus yang diceritakan dan terpesona dengan cara Sim Eun Seok mempelajari masing-masing kasus supaya para kriminal bisa benar-benar jera dan sadar akan perbuatan salahnya. Habisnya cukup miris gw lihat tingkah para pelaku. Para pelaku anak-anak tuh semacam berlindung dari hukum anak-anak yang membuat ringan masa hukuman padahal kejahatan yang dilakukan benar-benar ga ada akhlak! Makanya ada pelaku kriminal yang istilahnya bilang "gw masih di bawah umur ini, paling hukumannya ringan. Tenang saja." Sebel kan jadinya?! Padahal atas perbuatannya tuh sudah bikin seorang ibu kehilangan putra semata wayangnya. Bayangkan gimana perasaan si ibu saat melihat pembunuh anaknya cuma dapat hukuman ringan, sedangkan dia sudah kehilangan nyawa putranya... Wah keki banget sih!! *Jadi baper karena gw sudah ngerasain susahnya mengandung dan melahirkan

Gw suka banget dah sama acting dari Kim Hye Soo. Juteknya, lirikan matanya, dan momen saat menjadi hakim di ruang sidang. Cara dia menggiring si pelaku sampai mengungkapkan kejadian yang sebenarnya, cara dia menyudutkan pelaku, dan cara dia memberikan hukuman maksimal kepada pelaku. Keren banget lah!! Kalau kalian suka dengan suasana persidangan dan film tentang hukum dan kejahatan, boleh banget nih nonton Juvenile Justice! Menambah wawasan lain soal kejahatan anak-anak.

Twist yang diberikan dan masa lalu dari Sim Eun Seok yang terkuak juga menarik untuk diikuti. Side story soal masa lalu Cha Tae Ju juga seru, yaitu cerita latar belakang dirinya menjadi hakim di pengadilan anak-anak. Lalu dilema integritas dari hakim agung Kang Won Jung, serta pertentangan antara Sim Eun Seok dan Na Geun Hee. Ah semuanya seru untuk diikuti!

Soundtrack dari Juvenile Justice menggunakan Bahasa Inggris. Judulnya Boy yang dinyanyikan oleh Safira.K.

Rating dari IMDb untuk Juvenile Justice hanya 7.9/10. Haduh pelit bener nih netijen IMDb. Buat gw bisa dikasih angka 8.5 dari 10. Apakah kalian juga tertarik untuk nonton Juvenile Justice?

⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐✨(8.5/10)

8 comments:

  1. Juvenile Justice, cocok ditonton sama keluarga engak ya kk?? maksudnya sama anak2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya umur berapa dulu nih kak? Soalnya kejahatannya ada yang pembunuhan, mencuri, prostitusi, pemerkosaan gitu kak. Jadi kalo sama anak-anak SD gitu nontonnya kurang cocok kak menurut saya.

      Delete
  2. Saya sih suka nonton film yang berbau pengadilan atau hukum tapi sayangnya ditayangkannya di Netflix jadi ngga bisa nonton deh, eh coba nanti saya cari di google kali aja ada layanan streaming gratis yang menayangkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kak pake Telegram. Kadangkala dari situ suka ada kak yang share hehe

      Delete
  3. Aku ga masukin ini ke list, Krn takut emosi jiwa mba 🤣. Udh pasti ga kuat lah kalo si penjahat hanya dpt hukuman seadanya. Jadi mending baca spoiler.

    Btw, endingnya happy atau ga? Penasaran oangsung ending aja 🤣. Biar tenang hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sebel ya. Uda bikin mati anak orang, tapi hukumannya ringan 😤

      Endingnya happy kok kak. Diberi hukuman yang setimpal. Hehe

      Delete
  4. sebagai salah satu penggemar drama korea yang gak melulu fokus di romance, drama ini patut ditonton bersama keluarga. Sumpah, ceritanya bagus perepisode, ada aja yang kejadian2 yang menurutku itu bisa terjadi disekitar kita tapi gak pernah diambil serius terutama bullying. Aku juga gak meragukan lagi sih acting dari Kim Hye So yang meranin Si hakim. Dia paham betul bagaimana menangani korban dan tersangkanya supaya gak salah ngasih hasil dan gak berat sebelah, meskipun ke trigger gara2 hal yang menimpa anaknya. Salut deh sama drama ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sependapat dengan opini kakak. Makanya kan di episode akhirnya sempet diragukan kredibilitasnya karena masa lalunya. Overall drama ini seru sih untuk diikuti. Bikin tambah wawasan aja kejahatan anak-anak jangan dianggap sepele

      Delete

Powered by Blogger.