Resep Cumi Cabe Hijau

September 19, 2022

Sejujurnya saat membuat cumi cabe hijau ini, ada pengalaman pertama yang baru gw lakukan. Apakah itu? Membersihkan cumi asin. Yup, seumur-umur gw tuh ga pernah tahu cara membersihkan cumi asin. Google to the rescue gw pun akhirnya belajar juga untuk membersihkan cumi asin yang merupakan salah satu bahan (bahan utama bahkan) yang gw gunakan dalam memasak cumi cabe hijau ini. Sebetulnya dari resep cumi cabe hijau yang gw baca disarankan untuk menggunakan cumi baby. Tapi di kulkas adanya cumi asin, yaudah mari gw olah cumi asin tersebut. 

Bahan-Bahan Cumi Cabe Hijau

1 plastik cumi asin (banyaknya sesuai selera saja)
3 batang jagung semi/jagung muda, iris miring
2 siung bawang putih, iris halus
1 batang daun bawang, ambil bagian putihnya, iris miring
50 ml air (sesuaikan dengan cuminya)
1/4 sdt kaldu penyedap
1 sdm saos tiram
minyak secukupnya untuk menumis
cabe hijau secukupnya

Cara Membersihkan Cumi Asin

  1. Rebus air.
  2. Saat sudah mendidih, matikan api.
  3. Masukkan cumi asin ke dalam air mendidih tadi.
  4. Diamkan selama 30 menit. Kalo gw saat itu cuma diamkan 5 menit kira-kira.
  5. Tiriskan cumi asin dan siram pakai air keran untuk membersihkan cuminya. Hal ini juga membantu supaya cumi tidak terlalu asin.
  6. Lalu gw mulai memisahkan kepala dari badannya.
  7. Buang bagian mulut cumi.
  8. Bersihkan tinta cumi.
  9. Bersihkan badan cumi dari kulitnya.
  10. Ambil tulang punggung cumi (seperti plastik bening).
  11. Bersihkan isi perut cumi.

Sensasi bersihin cumi tuh 🤢 geli-geli gimana gitu. Apalagi saat membuang bagian mulut cumi dan membersihkan perut cumi. Iuuuhh.

Cara Membuat Cumi Cabe Hijau

  1. Cuci bersih cumi asin. Boleh dipotong bentuk ring atau utuh kalau kecil-kecil. Keluarkan isi perutnya.
  2. Panaskan wajan, masukan minyak.
  3. Tumis bawang putih dan daun bawang.
  4. Saat sudah harum dan bawang putih menguning, masukkan cabe hijau.
  5. Tambahkan air, masukkan jagung semis. Masak hingga jagung semi empuk.
  6. Masukkan cumi, aduk, dan masak kurang lebih 3 menit. Ga boleh lama-lama karena cumi cepat matang dan kalau kematangan jadi keras teksturnya.
  7. Tambahkan saos tiram dan kaldu penyedap campur rata.
  8. Koreksi rasa dan sajikan.
Untuk rasanya? Gw merasa kurang yahud. DOENK. 😅 Entah mengapa rasanya kurang nendang dan kayanya lebih mantul kalau lebih kering dan bumbunya nempel-nempel di cuminya. Ada yang punya resep cumi cabe hijau yang mantul kah? Spill me please.

8 comments:

  1. Ahahaaha aduh aku ketawa pas bagian terakhir ternyata resepnya doenkkk 😂 Mungkin ada pengaruh cumi yang dipake? Aku nggak pernah masak cumi dan seafood lainnya selain ikan atau udang, soalnya biasa mama mertua yang masak. Mungkin nanti aku bisa tanyain resepnya yak. Kalau nggak salah makmer pake tomat ijo, Friss. Mungkin bisa dicobakk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gtw kak. Ekspektasiku tuh rasanya pedes gurih yahud gituu. Ini mah biasa aja 😅 mungkin efek cabe hijau yg uda ga gitu fresh jg x ya.

      Oh pake tomat ijo? Wah next dicoba deh

      Delete
  2. Waaahhh Enak... Aku pun suka Cumi Asin Cabe Hijau.. Tapi aku nggk pernah nyuci sebersih itu sih 🤣 soalnya nggak mau asinnya hilang 😂.. Paling cuminya tak rebus bentar gtu di air mendidihh.. Terus di masak pke bumbu kurang lebih sama kaya Mba Fris..

    Makann dehh pake Nasi Angett.. Yummm.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jd masih ada isi perut cumi gitu bay? Plus becek-becek kaya cumi masakanku kah?

      Delete
  3. saya paling demen cumi asin yang di kayak giniin, enak makannya pakai nasi anget dan telor ceplok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg suka kak yang begini tapi masak sendiri rasanya ga yahud 🤣🤣🤣

      Delete
  4. Kalo asistenku pake tomat ijo mbaaa. Eh ntr aku DM ke IG Yaa, resep yg biasa aku pake. Aku sih sukaaa bgt mba. Ada versi, yg bumbunya halus, Ama yg bumbunya iris. 2-2 nya aku doyan. Yg bumbu halus malah suka aku stok dlm toples, jadi kapanpun bikin cumi, atau ayam pop, atau daging, apapun lauk, tinggal oseng2. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren uda aku cobain tapi bikin ayam pop gitu. Cuma somehow kurang gurih dan ayamnya masih amis 😞 Efek pake ayam kurang fresh deh kayanya hahaha anyway thank you resepnya kak. Ntr mao coba lagi d hehe

      Delete

Powered by Blogger.