Jalan-Jalan Ke Taman Hutan Raya (Tahura) Bandung

March 10, 2016
Berawal dari rencana untuk glamping alias glamour camping sampai akhirnya jadi nginap di sebuah villa di Dago Atas dan berwisata alam ke Taman Hutan Raya (Tahura) yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda, Lembang. Tapi gapapa siih, tetep dapet kok wisata alamnya! haha ^^
Rencana wisata ini direalisasikan tanggal 27 Februari 2016. Inisiasi awal tu yang ngerencanain ini gw, Kevin, Mr. Kibo, Devi, Jeihan, dan Andrew. Setelah sebelumnya booking villa kece lewat Agoda.com, jadilah kita menghabiskan weekend bersama. Acara ini juga sebenernya buat sekalian reuni karena uda lama juga ga ketemu. Maklum kami semua uda mencar-mencar. Kevin di Jakarta, Jeihan di Cirebon, gw, Mr. Kibo, dan Devi si masih di Bandung haha...Namun sayangnya pas hari H, Mr. Kibo ga bisa ikut karena harus pulang Jakarta. Alhasil pengganti dia dede gw d! Haha..trus temen-temen lain juga ikutan akhirnya. Yeay! Personilnya jadi nambah. Ada Raymond, Teguh, dan Evan yang menyusul.
Yaaak langsung aja ya bahas jalan-jalan pas di Tahuranya! hehe...
Sebenernya dulu gw pernah sekali ke Tahura pas gw jaman-jaman matrikulasi TPB. Pas 17 Agustusan, diadain lomba 17-an gitu di Tahura bareng anak-anak FTI 2011. Jadi gw uda pernah tau kalo di sini itu ada Goa Jepang, Goa Belanda, dan emang pemandangannya asri!
Sesampainya di Tahura, wiiih parkiran penuh boooo! Maklum lah hari itu hari Sabtu, jadi banyak juga pengunjung yang ke sana. Kalo weekdays si biasanya ga serame ini. Tapi puji Tuhan dapet parkir.
Oia, pas masuk, kita dikenain biaya Rp 11.000,-/orang. Nah tiket ini juga bisa dipakai buat wisata ke Tebing Keraton. Jadi jangan dibuang ya guys tiketnya!! Hehe...
Pas masuk, lokasi wisata yang kita melewati jembatan yang jadi tempat foto-foto pertama!
Foto Pertama di Tahura

Nah terus lokasi yang kita tuju pertama itu goa Jepang! Soalnya di papan itu tulisannya 500m lagi bisa liat goa Jepang, Karena paling deket, jadi kita ke sana dulu d.
Goa Jepang
Nah sebelum masuk goa Jepang, banyak yang menawarkan jasa sewa senter soalnya di dalem goa gelap bangeet! haha.. kita si milih pake senter dari HP biar hemat! hahaa.. Nah suasana di dalem goa lembab-lembab gitu dee.. dan ada banyak kelelawarnya looh! Kelelawarnya ada di bagian yang buntu dari Goa ini. Jangan kaget ya pas ngeliat. Haha.. Oia, kalo kalian mau tau sejarah goa ini, ada juga jasa tour guide gitu. Yang gw tau sih, ada bagian-bagian dari goa ini yang difungsikan sebagai kamar para tentara. Wah ga kebayang gw tidur di atas batu. Badannya pasti sakit-sakit pas bangun.
Destination selanjutnya goa Belanda. Dari papan penunjuk si 500 m lagi dari goa Jepang. Yauda kita jalan-jalan santai sajaa sambil menikmati pemandangan hijau. Haha.. Oia, untuk jalan kaki, jalanannya uda oke kok! Ga bebatuan gitu..jadi masih enak lah buat jalan.
Nah di tengah perjalanan ke goa Belanda, kalian akan nemuin spot foto bagus!! Di sini kalian bisa ngeliat lembah yang hijaaau semuaaa... wuaah keren d emang ciptaan Tuhan itu! Sekalian istirahat sejenak, sekalian abadikan momen ini. hehee...Ga lama dari sini, sampai kok di goa Belanda.
Goa Belanda
Sama kaya di goa Jepang, di sini kita juga butuh senter buat menjelajahi goa. Nah ga jauh dari goa, diceritain sejarah tentang goa Belanda ini. Jadi tuh ini digunain sebagai gudang mesiu dan kamar tahanan gitu. Bentuk goa persegi panjang dan lebih kecil gitu jalanannya dibanding goa Jepang. Oia, ada satu lorong yang terdapat rel gitu di jalanannya dan di kiri kanannya ada saluran gitu. Konon rel itu buat bantuin orang-orang yang bawa gerobak di dalem goa. Mitosnya sih gerobak itu dipake buat bawa mayat-mayat buat dibuang di dalem goa dan darahnya ngalir lewat saluran yang ada di pinggir rel. hiiiii...
Keluar dari goa Belanda, ada papan penunjuk arah ke tempat penangkaran rusa. Dikatakan kalo masih 1.2km lagi..woaaah.. tapi karena kita-kita masih strong. Jalan lah kita ke sana. Buat ke sana emang jauh banget guys!!! Harus melewati tanjakan dan turunan gituuu. Apalagi saat itu jalanan becek, jadi bikin sulit jalan, harus lewat pinggir-pinggir gitu untuk menghindari becek.
Nah di perjalanan ga jauh dari penangkaran rusa, kalian akan ngeliat pintu air gitu dan melewati jembatan. Wah pemandangan airnya ga bagus. Banyak banget sampah guys. Sedih gw liatnya :(
Dan ini laah si rusa-rusa unyu ituuu
@ Penangkaran Rusa
Nah pas kita sampai di sana, ada bapak pemberi makan rusa bawa makanannya gitu. Yeay! Jadi bisa ngasi makan si rusa-rusa unyuuu.^^
Oia rusa ini salah satu hewan yang dilindungi looh. Soalnya dulu banyak banget yang berburu rusa. Maklum rusa itu merupakan hewan yang bisa dibuat macam-macam, mulai dari dagingnya yang merupakan sumber protein tinggi, kulitnya yang bisa dijadiin sepatu berkualitas tinggi, dan tanduknya yang harganya selangit.
Begitulah perjalanan kita menjelajahi Tahura. Kita ga lanjut ke Tebing Keraton soalnya untuk ke sana, harus melalui jalan yang berbeda dan menggunakan mobil. Selain itu, gw juga udah pernah ke sana buat ngeliat sun rise. hahaha...


No comments:

Powered by Blogger.